Tech

Platform Media Sosial Apa Sih yang Paling Baik untuk Digunakan di 2023?

Dwiwa

Posted on January 17th 2023

Perkembangan teknologi telah membuat banyak media sosial baru bermunculan. Beberapa platform berhasil menarik perhatian dan menjadi fenomena baru, tetapi tidak sedikit pula yang akhirnya tumbang dan kalah oleh media sosial lain yang sudah lebih dulu hadir.

Meski begitu, sulit untuk menentukan mana platform media sosial yang terbaik untuk digunakan di tahun 2023. Hal ini dikarenakan hasilnya bisa bervariasi, tergantung dari preferensi dan kebutuhan individu.

Apalagi, saat ini platform media sosial telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sebuah dunia baru yang memberi kita cara untuk terhubung dengan orang lain, berbagi pemikiran dan pengalaman, dan tetap mendapatkan informasi tentang dunia di sekitar kita.

Namun dengan banyaknya platform untuk dipilih, mungkin sulit bagi kita menentukan mana yang paling tepat untuk kita gunakan. Dilansir Gizchina, berikut perbandingan beberapa platform media sosial populer untuk membantumu menentukan mana yang terbaik untukmu.

1. Facebook

Meskipun merupakan salah satu platform media sosial paling tua, tetapi Facebook juga menjadi yang paling stabil. Platform ini memiliki lebih dari 2,8 miliar pengguna bulanan dan menjadi penghubung dengan teman dan keluarga, hingga terlibat komunitas.

Ada beragam fitur yang dibawakan, mulai dari membuat grup, halaman,, acara, serta sistem perpesanan yang kuat. Ini juga menawarkan berbagai pengaturan prvasi sehingga kamu lebih bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat informasi dan postingan yang kamu unggah.

2. Instagram

Platform yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan ini lebih menonjolkan visual, dengan fokus berbagi foto dan video. Instagram  memungkinkan pengguna untuk mengedit dan meningkatkan foto dan video mereka dengan sejumlah filter dan alat. Pengguna juga bisa melakukan pengaturan privasi.

Selain itu, Instagram juga memiliki fitur yang memungkinkanmu membuat akun bisnis dan mempromosikan produk atau layanan di platform tersebut. Ini menjadi cara yang lebih bagus untuk menjangkau konsumen yang lebih muda.

3. Twitter

Platform micro-blogging ini memiliki lebih dari 330 juta pengguna aktif bulanan. Twitter merupakan platform yang bagus untuk mendapatkan informasi sekaligus terhubung dengan orang lain. Fitur pengaturan privasi juga dihadirkan dalam platform ini.

Twitter juga menawarkan fitur yang disebut “Twitter Moments” yang memungkinkan pengguna membuat kumpulan tweet tentang topik tertentu. Hal ini bisa menjadi cara yang bagus untuk berbagi informasi dan berita dengan orang lain.

4. TikTok

Meskipun termasuk baru, tetapi TikTok dengan cepat mendapatkan popularitas, terutama di kalangan generasi muda. Ini merupakan platform yang memungkinkan pengguna dapat berbagi dan membuat video pendek. Tiktok telah menjadi platform untuk ekspresi kreatif, dengan pengguna berbagi segalanya mulai dari video lucu hingga menari dan video lip-sync. Tiktok menawarkan berbagai fitur, termasuk alat pengeditan, efek, dan filter, serta berbagai pengaturan privasi.

5. YouTube

Platform berbagi video sekaligus jejaring sosial ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah, berbagi, dan melihat video. Itu dibuat pada tahun 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal dan kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2006.

Sejak itu, YouTube telah berkembang menjadi platform berbagi video terbesar di dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. YouTube memungkinkan pengguna untuk membuat kanal mereka sendiri dan mengunggah video dengan berbagai topik, termasuk musik, komedi, permainan, pendidikan, dan banyak lagi. Pengguna juga dapat berinteraksi satu sama lain dengan mengomentari video, berlangganan kanal, dan membuat daftar putar.

YouTube juga berevolusi menjadi platform bagi konten kreator untuk mencari nafkah melalui opsi monetisasi seperti iklan, sponsor, dan penjualan barang dagangan. Ini juga memiliki fitur streaming langsung untuk berinteraksi dengan audiens mereka secara real time.

 

Jadi mana yang terbaik untukmu?

Setiap platform memiliki fitur unik dan audiens tersendiri. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan tujuan dan target audiens yang kamu tuju saat memutuskan platform mana yang akan digunakan.

Misalnya, jika tujuanmu adalah mencapai audiens yang lebih muda dan menciptakan konten kreatif dengan menonjolkan visual, TikTok bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika tujuanmu adalah untuk terhubung dengan teman dan keluarga dan berbagi pembaruan, Facebook mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Selain itu, perlu dipertimbangkan bahwa, seiring perkembangan teknologi, platform media sosial baru mungkin muncul atau yang sudah ada mungkin mati. Jadi bersikap fleksibel dan selalu update dengan informasi terbaru agar tetap eksis di media sosial di tahun 2023. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Studi: Facebook Ditinggalkan Anak Muda, Cowok Banyak di YouTube, Cewek di TikTok

Tech
TikTok Luncurkan Creator Next, Bisa Jadi Ladang Cuan Bagi Kreator

Current Issues
Ini Media Sosial yang Berjaya dan Tumbang dalam Satu Dekade