Sport

Keren! Lima Rekor Baru Tercipta di Penyisihan National Championship

Gunawan Sutanto

Posted on January 13th 2023

Persaingan Energen Champion SAC National Championship memang luar biasa ketat. Sebab para wakil dari sembilan regional qualifiers, berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam babak penyisihan yang digelar Kamis, 12 Januari 2023. Sekaligus berebut tiket lolos ke final yang diadakan, Jumat 13 Januari 2023.

Upaya maksimal dari masing-masing peserta itu, tercermin dari hasil yang mereka peroleh di babak penyisihan di Stadion Madya, Jakarta. Ada lima rekor yang tercipta dari empat nomor yang dilombakan dalam event atletik pelajar terbesar di Tanai Air tersebut.

Seperti di nomor tolak peluru putra. Wakil West Java Qualifiers, Bayanillah tampil bagus dalam babak penyisihan. Siswa SMAN 7 Cirebon itu berhasil mencatat jarak sejauh 14,08 meter. Ini menjadi rekor baru di SAC. Melampaui rekor sebelumnya yang juga tercatat atas nama Bayanillah dengan 14,03 meter.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Hadir di Final National Championship

Rekor baru juga lahir di nomor lompat jauh putri. Aurelia Ramadhani tampil menonjol dalam babak penyisihan. Dia berhasil mencatat lompatan sejauh 4,9 meter. Siswi SMAN 2 Malang itu sekaligus mencatat rekor baru. Melebihi rekor sebelumnya milik Winney Maharati Ruung asal SMAN 1 Tanjung dengan 4,7 Meter.

Pada Jumat petang, dua rekor tercipta dari nomor estafet di babak penyisihan Energen Champion SAC National Championship. Skuad MAN 2 Gresik mencatat waktu terbaik di kategori putra dengan 45,23 detik. Hasil ini sekaligus mematahkan rekor sebelumnya yang dimiliki SMAN 1 Glagah Banyuwangi dengan 45,91 detik.

Wakil Jawa Timur (Jatim) lainnya, yakni SMAN 9 Surabaya juga tampil menonjol di estafet putri. Mereka sukses mencatat waktu tercepat di babak penyisihan dengan 54,64 detik. Catatan waktu ini sekaligus menjadi rekor baru di SAC. Melampaui rekor sebelumnya milik SMKN 1 Bawang Banjarnegara dengan 54,84 detik.

Rekor kelima yang lahir di babak penyisihan, tercipta dari nomor sprint 100 meter putra. Yogi, siswa SMAN 1 Surade Sukabumi, mencatat waktu tercepat dengan 11,06 detik. Yogi berhasil mematahkan rekor sebelumnya yang dicatat Fahril Wardanang dari SMAN 1 Woja dengan 11,15 detik.

Baca Juga: Final National Championship Disiarkan di DBL Play dan TV One

Kompetisi utama Energen Champion SAC National Championship berlangsung pada 12-13 Januari 2023. Nantinya, para juara dari Energen Champion SAC National Championship tak hanya mendapatkan gelar Champion SAC. Melainkan punya kesempatan untuk training camp ke Australia. 

Energen Champion SAC Indonesia menjaring pelajar bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (Banjarmasin), East Java (Surabaya), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta Banten (Jakarta), West Java (Bandung) dan Central Java (Semarang). (*)

Artikel Terkait
Sport
Kepala SMAN 4 Medan Berharap Penerus Mardi Lestari Lahir dari SAC

Sport
Cara Kerja dan Berbagai Nomor Lomba dalam Lari Estafet

Sport
Ini Jadwal Final National Championship, Kamu Jagoin Siapa?