Sport

Pensiun di Usia 33 Tahun, Ini Momen Epic Gareth Bale

Louise Dewanggaa

Posted on January 10th 2023

Salah satu pemain terbaik Wales sepanjang masa, pemilik lima gelar Liga Champions, Gareth Bale memutuskan pensiun pada usia 33 tahun. Dirinya mengunggah postingan dengan narasi akan menyudahi perjalanannya menggiring bola baik di level klub maupun level negara.

Seperti yang kita ketahui, Gareth Bale adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Wales. Bersama Real Madrid ia berhasil menggondol lima kali gelar juara Liga Champions. Gareth Bale adalah satu dari banyak pemain tanah Britania yang berprestasi dan fenomenal. Bersama timnas Wales, Gareth Bale bahkan berhasil membawa negaranya masuk di Piala Dunia 2022 Qatar. Prestasi yang tidak boleh dianggap sebelah mata. Mengingat terakhir kalinya Wales berkiprah di Piala Dunia adalah 64 tahun yang lalu.

Bagi seseorang yang tumbuh bersama kisah-kisah keagungan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, nama Gareth Bale adalah salah satu rujukan dari jenuhnya perdebatan kedua pemain. Sama sensasionalnya, gemar mencetak gol, punya kecepatan. Masih teringat jelas momen dimana Gareth Bale mencetak gol ke gawang Barcelona pada final Copa Del Rey tahun 2014.

Ketika itu Gareth Bale berlari dengan bola di kakinya. Lalu melesatkan bola sejauh mungkin dan ia beradu kecepatan dengan bek Barcelona Marc Bartra. Hasilnya? Meskipun kalah langkah, Gareth Bale menang berlari dan kembali mendapatkan bola. Kemudian aksinya ditutup dengan gol. Gol tersebut sekaligus mengakhiri karir Marc Bartra.

Ada lagi aksi indahnya ketika mencetak gol salto pada laga final Liga Champions pada 2018. Saat itu Real Madrid yang bertemu Liverpool di partai final begitu mematikan. Gareth Bale urun dua gol dan salah satunya adalah gol salto. Perlu diingat, tidak semua pemain bisa melakukan gol salto di laga-laga penting. Apalagi final.

Momen terindahnya di laga internasional adalah ketika membawa Wales menembus Euro 2020 dan Piala Dunia 2022. Pada Euro 2020 bahkan Gareth Bale berselebrasi dengan sebuah bendera yang bertuliskan “Wales. Golf. Madrid. In that Order”.  Gareth Bale adalah satu dari sedikit pemain fenomenal. Tidak heran jika ketika itu Real Madrid berani membayar 100,8  juta euro ke Tottenham Hotspurs. Menjadi nilai transfer pemain sepak bola tertinggi pada tahun 2013.

Pensiunnya Gareth Bale tentu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya ia masih berusia 33 tahun. Terbilang masih muda bagi pesepakbola. Mengingat di Indonesia sendiri, pemain yang lebih tua dari Gareth Bale saja masih menjadi tumpuan timnya.

Sebagai seseorang yang tumbuh dan besar beriringan dengan karir cemerlang Gareth Bale, keputusannya untuk gantung sepatu di usia yang terbilang masih bisa berlari cepat dan mencetak gol indah adalah sebuah kenyataan pahit. Berpisahnya Gareth Bale dengan sepak bola adalah sebuah kabar yang sulit diterima. Tapi, bukankah manusia selalu sulit menerima kabar perpisahan?(*)

Foto: Dailystar, Guardian

Artikel Terkait
Sport
Klasemen Liga Champions Pekan Ini: Kemenangan Barcelona dan Rekor Messi

Sport
Di Balik Foto Messi dan Ronaldo Milik Louis Vuitton

Sport
Kylian Mbappe Hidup Bersama Mimpinya