Lifestyle

5 Tips Agar Lebih Produktif Saat WFH, Masih Bisa Workout Juga Lho!

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on January 6th 2023

Belakangan ribuan orang menandatangani petisi 'kembalikan' WFH, usai mengaku stres jika harus kembali WFO. Petisi itu muncul dibarengi dengan aturan PPKM yang sudah tidak berlaku. Sehingga, tidak ada aturan kapasitas mengenai WFO di kantor.

Artinya, aturan WFH juga lagi tidak berlaku karena kerumunan sudah tidak dibatasi. Namun, banyak karyawan yang menyebutkan WFO tidak lantas membuat seseorang lebih produktif. Mereka lebih menikmati WFH lantaran bisa melakukan aktivitas lain yang bermanfaat.

Pasalnya, melakukan kegiatan kecil selain bekerja dari rumah, bisa menurunkan stres lho. Lantas, bagaimana caranya agar WFH bisa lebih produktif? Simak beberapa tips berikut ini yuk!

1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Tips pertama adalah menggunakan pakaian yang nyaman dan ideal untuk menyelesaikan pekerjaan. Hindari pakaian yang membuatmu tidak nyaman saat bekerja. Sebenarnya, karyawan WFH dibebaskan untuk menggunakan pakaian apa saja saat di rumah. Namun, gunakan pakaian yang membuatmu semangat untuk bekerja.

2. Hindari Ruang Kerja yang Bikin Malas

Apa hal ternyaman jika kamu melakukan WFH? Kemungkinan besar, tingkat kenyamanan yang bisa didapatkan dengan cara bekerja dari mana saja, seperti ruang tamu atau kamar tidur.

Tapi, kenyamanan itu terkadang bisa membuat kita malas. Seperti mengerjakan di kasur yang membuatmu lebih nyaman rebahan. Gunakan meja seperti di kantor sehingga kamu bisa lebih produktif bekerja.

3. Instal Teknologi yang Berkualitas

Item yang penting digunakan saat WFH adalah internet dan perangkat yang mendukung. Sebab, pekerjaan WFH cenderung membutuhkan kedua item tersebut agar pekerjaan lebih cepat selesai.

Kebayang enggak kamu menggunakan laptop dan internet yang lemot? Tentu saja bikin frustasi dan pekerjaan jadi terhambat. Ini juga bisa menjadi situasi yang memalukan karena menunjukkan profesionalisme yang buruk.

Baca Juga: Kanban Board, Trik Manajemen Waktu dan To Do List biar Tugas Cepat Selesai

4. Pertahankan Jam Kerja yang Konsisten

Jam kerja WFH cenderung lebih fleksibel. Tak jarang, banyak karyawan yang sulit mengatur waktu mereka antara jam kerja dengan waktu aktivitas yang lainnya. Pasalnya, kehidupan pribadi sama pentingnya dengan kehidupan profesional seperti pekerjaann.

Tipsnya, kamu harus selalu membuat rutinitas hari kerja dan jam kerja, dan kamu harus mempersiapkannya lebih matang supaya bisa mengikutinya dengan mudah.

5. Siapkan To Do List atau Planner

Supaya kamu lebih produktif dan bisa merealisasikan work life balance, tulis semua aktivitas pribadi dan pekerjaan kamu. Tugas rumah apa saja yang harus kamu kerjakan, seperti workout, memasak, dan sebagainya.

Sertakan juga tugas dari kantor yang perlu kamu selesaikan pada hari itu. Saat kamu sudah menyelesaikan satu demi satu aktivitas dan tugas, centang daftar tersebut. Dengan begitu, to do list menunjukkan bahwa kamu telah membuat kemajuan.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba agar pekerjaan dari rumah bisa terselesaikan dengan baik. Namun, kamu juga masih bisa menikmati aktivitas rumahan. Semoga membantu!(*)

Foto: unsplash

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Kesalahan dalam Meningkatkan Produktivitas, Simak Cara Produktif Setiap Hari

Lifestyle
Cara Super Simpel Biar Lebih Produktif agar Tugas Selesai Lebih Cepat!

Lifestyle
Feynman Technique, Teknik Belajar biar Bisa Paham Materi dengan Simpel