Lifestyle

Lebih Baik Belajar di Pagi Atau di Malam Hari Ya?

Marvin Ciputra

Posted on December 9th 2022

Seperti halnya tidur, bermain, olahraga, dan makan, kegiatan belajar juga memiliki kriteria waktu untuk melakukannya. Dan sedari kecil kita sudah diajarkan atau diberikan mind-set oleh orang tua bahwa waktu belajar yang baik adalah pada pagi hari.

Namun gak sedikit juga orang tua yang mengajarkan ke anaknya kalau waktu belajar yang baik adalah di malam hari. Dan dari film-film atau sinetron pun, kita lumayan sering melihat adegan seseorang yang justru belajarnya di malam hari.

Nah ketika melihat hal tersebut, tak ayal pikiran kita yang selalu kritis inipun menjadi penasaran sendiri. “Apakah belajar di malam hari itu memang baik juga untuk dilakukan? Bukankah lebih baik kita melakukannya pada pagi atau menjelang siang? Jadi mana yang benar nih?”

Perbedaan Belajar Pagi dan Malam Hari

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan kamu lihat gambar penjelasan di atas. Ya dari gambar yang diambil dari Oxford Learning tersebut, terlihat jelas perbedaan dari belajar pada pagi atau menjelang siang dan yang dilakukan pada malam hari.

Berdasarkan diagram tersebut maka inilah kesimpulannya.

Keuntungan Belajar Pagi/Siang:

1. Otak masih segar sehingga, bisa lebih siap dan cepat dalam menerima berbagai informasi yang ada

2. Cahaya matahari yang menerangi jendela rumah, membuat kita tetap terjaga

3. Tidak akan mengganggu jadwal tidur rutin

4. Bisa belajar bareng dengan teman sekelas

Keuntungan Belajar Malam:

1. Suasana belajar jauh lebih tenang

2. Sedikit interupsi/gangguan

3. Pikiran yang jauh lebih cemerlang, sehingga baik digunakan untuk proses berpikir kreatif

4. Ingatan terhadap seluruh materi dan informasi akan tersimpan jauh lebih kuat dan lama

Jadi Waktu Manakah Yang Lebih Baik Untuk Belajar?

Nah setelah melihat perbandingan keuntungan masing-masingnya tersebut, kitapun kini bertanya lagi, “jadi mendingan belajar pas pagi atau malam nih?”

Seperti yang juga dijelaskan di situs sumbernya tersebut, pada dasarnya TIDAK ADA waktu yang benar-benar valid. Alias, waktu belajar yang ideal pada akhirnya bergantung pada kemampuan dan juga “enaknya” kita saja.

Kalau enaknya atau nyamannya di pagi hari, maka belajarlah di pagi hari. Apabila siang, ya siang, apabila malam pun, kalau merasa lebih enak dan lebih lancar dalam menerima seluruh informasi atau materinya, maka silahkan saja untuk belajar di malam hari.

Namun MainMain cuma mau ngingetin aja nih. Apabila kalian termasuk yang belajar malam, ingatlah untuk tidak memprosir habis-habisan. Walaupun besoknya ada ujian pun, tetaplah jangan diporsir banget.

Ingat guys kita pada dasarnya membutuhkan waktu tidur 6-9 jam. Jadi jangan sampai durasi ini menjadi terpotong. Lagipula logikanya, semakin malam atau semakin larut harinya, daya otak kita untuk berpikir keras sudah tidak memungkinkan lagi.

Karena seperti halnya fisik tubuh kita, malam hari merupakan jam istirahat bagi otak kita. Jadi pertimbangkan semuanya dengan sebaik-baiknya ya guys.(*)

Gambar: kuliahdimana.id & Oxford Learning

Artikel Terkait
Lifestyle
Suka Nge-Snooze Alarm Pas Bunyi? Ada Kabar Buruk Nih

Lifestyle
Basboi dan Atta Mewakili Converse Indonesia di Paris TTC Talk

Lifestyle
3 Gerakan Workout Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah