Interest

Teknik Belajar Feynman, Teknik Belajar Apa Itu?

Marvin Ciputra

Posted on December 8th 2022

Tidak hanya dalam hal-hal yang sifatnya belajar praktikal, namun faktanya dalam belajar yang sifatnya eksak, hafalan, atau non-praktikal, juga ada teknik-tekniknya tersendiri.

Tentunya teknik-teknik dalam belajar ini diciptakan agar kita bisa lebih asyik dan tentunya lebih cepat dalam menyerap seluruh pelajar atau ilmu pengetahuan yang sedang diajarkan. Dan sekali lagi, faktanya teknik dalam belajar seperti ini juga sangat banyak dan bervariasi.

Teknik Belajar Feynman

Nah salah satu dari sekian banyak teknik belajar yang ada adalah Teknik Belajar Feynman. Mungkin banyak dari kita yang baru banget mendengar istilah teknik belajar ini. Lalu apa gerangan teknik belajar Feynman ini?

Untuk lebih jelasnya silahkan kamu simak unggaahan foto penjelasan yang diunggah oleh akun Instagram @ditjen.dikti berikut ini.

Ya, seperti yang kamu baca. Teknik atau metode belajar Feynman adalah metode belajar yang cukup unik. Hal ini karena ketika kita melakukan metode Feynman ini, kita nantinya akan mendapatkan beberapa keuntungannya.

Keuntungan-keuntungan tersebut adalah: Kian meningkatkan ketrampilan komunikasi, mendorong penyederhanaan gagasan dalam pikiran, dan bisa membuat pengungkapan ide serta penjelasannya dalam bahasa yang lebih jelas dan ringkas (baca: mudah dipahami).

Asal Usul Teknik Belajar Feynman

Richard Feynman

Lalu dari manakah teknik belajar Feynaman ini? Melansir binus.ac.id, Teknik ini diperkenalkan dan diturunkan oleh fisikawan, Richard Feynman. Lebih jauhnya, Feynman adalah penerima nobel di cabang fisika, Elekrodinamika Kuantum di tahun 1965.

Dengan menerapkan teorinya ini, Feynman juga dikenal sebagai seorang guru. Bahkan ia dianggap sebagai guru yang hebat. Mengapa dikatakan demikian? Karena dalam menjelaskan setiap materi fisikanya, ia bisa menjelaskannya dengan bahasa yang sangat sederhana.

Sehingga, orang awam yang gak ngerti atau katakanlah gak suka dengan Fisika pun, bisa memahaminya dengan sangat mudah. Nah dengan kemumpuniannya ini, gak heran jika iapun dijuluki atau dikenal sebagai “The Great Explainer.”

Dan kerennya lagi, teknik belajarnya ini juga bisa diterapkan di berbagai ilmu pengetahuan. Alias, gak hanya terbatas pada ilmu fisika saja. Nah teknik belajar Feynman ini sendiri saat ini sudah banyak diterapkan oleh murid atau mahasiswa. Terbukti, teknik ini memang sangat efektif.

Penerapan Teknik Belajar Feynman

Lalu bagaimana untuk menerapkan/melakukan teknik belajar Feynaman ini? Nih guys, langsung simak ya cara-caranya.

1. Memahami & Mencatat Materi

Ketika sedang belajar, cobalah untuk memahami materinya dengan sebaik mungkin. Setelahnya, buat catatan dari materi-materi yang telah dipelajari tersebut. Kenapa musti kita catat? Hal ini dimaksudkan agar kita nantinya bisa mensortir dan memutuskan lagi akan materi-materi mana saja yang sedianya, perlu kita pelajari lebih dalam lagi.

2. Cermati Banget Seluruh Materinya

Sebenarnya langkah ini mungkin bisa ditempatkan di poin pertama atau ya bisa saling beriringan. Jadi setelah kamu mencatat ulang seluruh materi pembelajarannya, coba kita cermati lagi seluruh materi yang kamu catat balik tersebut.

Cari dan cermatilah kira-kira materi-materi mana sajakah yang bagi kita masih sulit banget untuk kita pahami. Atau materi-materi mana sajakah yang sekiranya guru kita belum menyampaikannya sama sekali. Apabila belum, cobalah untuk mempelajarinya.

3. Berbicaralah Dengan Penjelasan Yang Mudah Dipahami

Nah setelah mengamati dan mempelajari materinya, mulailah untuk mengajarkan materinya ke diri sendiri dengan penjelasan yang jauh lebih sederhana dan mudah dipahami. Anggap saja seperti kita sedang mengajarkan apa itu istilah converter di dalam dunia komputer/teknologi ke teman, saudara, atau orang tua kita yang gaptek.

Dengan menerapkan metode ini, dijamin materi yang sedang dipelajari akan lebih cepat dan mudah menyerap ke otak kita. Oke deh guys, semoga penjelasannya bermanfaat dan selamat mempraktekkan teknik belajaranya ini ya! (*)

Gambar: Blog DigiExpert & Wonders of Physics

Artikel Terkait
Lifestyle
Feynman Technique, Teknik Belajar biar Bisa Paham Materi dengan Simpel

Interest
Gundam “Real Size” di Jepang Gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Interest
Ultah Ke-20, Microsoft Gandeng adidas Bikin Sneaker Xbox