Interest

5 Hal Yang Harus Kita Persiapkan di “Musim” Gempa Bumi Saat Ini

Marvin Ciputra

Posted on December 8th 2022

Dalam beberapa minggu belakangan, Indonesia (terutama Pulau Jawa) sedang terus dilanda gempa bumi. Bahkan yang teranyar adalah beberapa jam sebelum tulisan ini dibuat.

Spesifiknya seperti yang terlansir dari Kompas.com, pada hari ini tanggal 8 Desember 2022, telah terjadi gempa berkekuatan 5,8 SR. Pusat gempanya adalah Sukabumi, Jawa Barat. Dan gempa ini cukup terasa bagi kita-kita yang tinggal di DKI Jakarta dan juga Bekasi.

Nah gempa teranyar ini tak ayal, lagi-lagi membuat kita menjadi kian resah. Keresahan dan kengerian kian terasa ketika mengingat bahwa bencana ini kemungkinan besar masih akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan (namun semoga saja sudah tidak akan lagi).

Berdasarkan pernyataan tersebut, oleh karenanya MainMain ingin memberikan tips 5 hal yang harus kita persiapakan di “musim” gempa bumi saat ini sehingga, ketika gempa buminya nanti terjadi lagi, kita sudah siap sedia semuanya. Dan berikut adalah ke-5 tips yang bisa kalian terapkan tersebut. Tetap aman-aman aja ya guys!

1. Memeriksa Seluruh Kondisi Fisik Rumah

Ya inilah seharusnya langkah pertama yang harus kita persiapkan. Mengapa? Hal ini agar ketika gempa terjadi, kita gak terlalu panik. Karena menurut MainMain, biasanya kepanikan yang terjadi saat gempa bumi dikarenakan rasa skeptis atau takut dengan kondisi bangunan rumah sendiri.

Contoh ketika gempa terjadi kita langsung ketakutan kalau-kalau nantinya gempanya, akan membuat lampu gantung jatuh menimpa kita. Atau kita takut tembok-tembok rumah akan retak berat, atau sebagainya.

Nah oleh karenanya, untuk menghindari kepanikan tersebut, mulailah dari sekarang kita memeriksa setiap bagian sisi rumah. Apabila ada yang dirasa sudah reyot, lapuk, atau dikira-kira akan berpotensi merusak yang amat sangat, mulailah kamu betulkan semuanya.

Namun apabila semuanya dirasa kuat dan aman-aman saja, ya tentunya kita harus merasa lebih tenang ketika gempa buminya terjadi lagi.

2. Cek Tempat Atau Titik Aman

Langkah persiapan yang kedua adalah dengan mencek tempat-tempat atau titik-titik aman. Yang mana tempat atau titik ini bisa dijadikan tujuan evakuasi diri utama ketika gempa terjadi.

Karena pada dasarnya kepanikan amat sangat juga sering terjadi gara-gara kita tidak memiliki ide mau lari atau sembunyi dimana ketika gempa terjadi. Jadi pastikan dari sekarang nih, kamu persiapkan lokasi atau titik aman yang bisa langsung diakses ketika gempa terjadi.

Oh ya satu lagi, sebisa mungkin akses ke luar rumahnya juga tidak terlalu jauh atau ribet (baca: pagar dirantai dan gembok besi terus-terusan).

3. Cek dan Tata Ulang Perabotan Rumah

Seperti kita ketahui, ketika gempa bumi terjadi, seringkali hal ini akan membuat perabotan atau alat-alat penting di rumah menjadi jatuh berantakan. Dan ketika ini terjadi, tak jarang membuat celaka ke diri kita.

Nah oleh karenanya untuk menghindari hal ini, pastikan kita memeriksa dan menata ulang kembali seluruh perabotan yang ada. Pastikan kamu menempatkan ulang perabotannya di lokasi yang jauh dari lokasi rutin di dalam rumah.

Maksudnya, apabila kita sering menghabiskan waktu di ruang tamu, maka jangan tempatkan perabotan seperti vas, pot, atau lemari besar di dekat lokasi rutin kita tersebut.

4. Alas Kaki, Makanan, Obat-Obatan

Mungkin beberapa dari kita yang dari kemarin kebetulan, tidak mengalami gempa yang parah (sampai menghancurkan rumah) tidak pernah memikirkan poin ini. Atau bahkan kita yang ironisnya mengalami gempa yang sangat merusak, juga gak pernah kepikiran dengan poin ini.

Padahal poin inilah yang justru harus dipikirkan banget. Sehingga ketika kita memang harus keluar dan mengungsi, kta sudah memiliki persiapan untuk bisa bertahan hidupnya.

Jadi cobalah mulai sekarang kamu menyiapakan tas ransel besar yang sudah diisi oleh berbagai snack atau makanan-makanan siap saji dan tentunya juga obat-obatan. Lalu untuk alas kakinya, sebisa mungkin kamu menggunakan sandal atau sandal sepatu saja.

Mengapa? Tentunya hal ini agar kamu bisa lebih cepat proses evakuasi dirinya. Atau kalau memang lebih nyaman pakai sepatu, pastikan kamu ikat dahulu kedua sepatunya DARI SEKARANG. Sehingga ketika nantinya mau evakuasi, kamu tinggal memasukkan kedua kaki saja.

5. Keberanian dan Keimanan

Nah inilah yang juga menjadi langkah persiapan yang gak kalah penting. Apabila kita dari awal sudah jauh lebih berani, pastinya mau gempa sebesar apapun kita gak akan panik yang parah banget.

Juga satu lagi, apabila kita lebih menyerahkan semuanya kepada Sang Pencipta, kita akan jauh lebih tenang lagi. Lebih spesifiknya, reaksi kita nantinya ketika ada gempa lagi hanyalah seperti berikut: “oh gempa nih ya? Ya udah deh keluar aja dulu!”

Gambar: Bandung News Photo

Artikel Terkait
Interest
Indonesia Dilanda 3.503 Bencana Alam Sepanjang 2022

Interest
Waspada! BMKG: Tren Gempa Bumi Tahun Ini Meningkat

Interest
Jangan Panik! Begini Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Berbagai Kondisi