Entertainment

10 Lagu Jadul Yang Ngetop Lagi Setelah Menjadi Soundtrack Film/TV

Marvin Ciputra

Posted on December 8th 2022

Yang namanya soundtrack atau musik pengirin, memiliki peran yang besar dalam sebuah filn.  Hal ini dikarenakan soundtrack bisa meningkatkan hype dan juga ketertarikan kita untuk menyaksikan film atau serial televisinya.

Nah saat ini kalau kita perhatikan, hampir kebanyakan film dan seri TV saat ini menggunakan lagu jadul sebagai soundtrack-nya. Mau itu dari dekade 80-an, 90-an bahkan hingga dekade lebih jebot dari itu.

Mengapa Lagu Jadul?

Kalau menurut MainMain, hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian audiensnya dari berbagai kalangan. 

Karena menurut MainMain, lagu jadul memang lebih cepat dalam memancing ketertarikan/interest kita daripada lagu baru yang dikhususkan sebagai soundtrack-nya. Selain itu seringkali juga lagu-lagu lama yang dipilih, kerap terdengar dan terlihat pas dengan adegan atau feel seluruh filmnya.

Dan satu lagi, toh langkah ini secara gak langsung bisa mentenarkan lagunya lagi bukan? Nah berdasarkan pernyataan tersebut dan juga hingga detik ini sudah kian banyak contohnya.

Oke deh guys. Berikut adalah 10 lagu jadul yang ngetop lagi setelah menjadi soundtrack film atau serial televisi tersebut. Soundtrack disini termasuk yang juga ditampilkan di trailer-nya.

1. Blue Swede – Hooked on a Feeling (Guardians of the Galaxy)

Sudahlah jangan malu-malu untuk mengakuinya. Pasti banyak dari kita yang baru mendengar lagu ini melalui trailer Guardians of the Galaxy pada 2014 silam. Dan hal ini wajar banget. Pasalnya, lagu ‘Hooked on a Feeling’ bagi kita-kita yang di Indonesia kurang begitu bergaung. Apalagi versi orisinilnya yang dibawakan oleh B.J. Thomas pada 1968.

Tapi sekali berterima kasihlah pada produser dan juga sutradara filmnya, James Gunn (Super) yang sukses memperkenalkan dan juga memperkenalkan lagi versi cover tahun 1974 ini melalui film MCU yang juga keren ini.

2. Journey – Don’t Stop Believin’ (Glee)

Sebenarnya lagu hit Journey yang dirilis pada 1981 ini, masih ngetop banget hingga detik ini atau bahkan kapanpun. Karena lagu ini memang merupakan salah satu lagu sing-along yang sangat catchy dan ngetop banget.

Namun memang, tingkat keabadiannya menjadi turun-naik dengan terusnya berjalannya waktu dan juga evolusi musik yang ada. Tapi pada 2009, ‘Don’t Stop Believin’ mendadak menjadi top lagi setelah menjadi soundtrack drama musikal, Glee.

Dan untunglah hal ini terjadi. Karena apabila Glee kala itu tidak mempertimbangkan lagu ini, pastinya generasi saat ini gak akan pernah tahu dengan salah satu lagu pop terbaik sepanjang masa ini.

3. Jefferson Airplane – White Rabbit (The Matrix Resurrections)

Penulis adalah fans lagu-lagu jadul terlebih dekade 1950-an hingga 1960-an. Alhasil, gak heran jika rasa terkejut dan girang bukan kepalang langsung terasa ketika  mendengar lagu ini dijadikan soundtrack film keempat The Matrix ini.

Bahkan kalau kita mau menarik ke belakang lagi yaitu film The Matrix pertama yang dirilis pada 1999, ‘White Rabbit’ juga pernah tampil di filmnya. Namun bukan sebagai soundtrack melainkan, nama dari salah satu karakter filmnya. Spesifiknya lagi adalah karakter wanita bernama Dujour yang diperankan oleh Ada Nicodemou (Almost, Breakers). Karakter ini di filmnya memiliki alias White Rabbit Girl.

4. Tiffany – I Think We’re Alone Now (The Umbrella Academy)

Serupa seperti kasus ‘Don’t Stop Believin’ dengan seri Glee. Maka hal yang sama juga terjadi pada seri The Umbrella Academy (2019-sekarang).

Maksudnya begini guys. Jadi ‘Don’t Stop Believin’ populer lagi setelah tampil di episode perdana seri Glee. Nah, ‘I Think We’re Alone Now’ juga kembali populer setelah tampil di episode perdana The Umbrella Academy. Saking populernya, seperti dilansir BuzzFeed, kala itu setelah pemutarannya di episodenya tersebut. Lagu ini kembali nge-tren di berbagai media sosial terutama TikTok.

5. Nirvana – Something in the Way (The Batman)

Selain karena keseluruhan plot dan performa aktor dan aktrisnya yang mumpuni. Faktor lain yang membuat The Batman menjadi hype banget adalah soundtrack-nya ini. Tidak ada yang menyangka kalau lagu penutup di album hit Nirvana, Nevermind (1991) ini dipilih oleh sutradara filmnya, Matt Reeves (Dawn of the Planet of the Apes) sebagai soundtrack filmnya.

Dan yang lebih gak kita sangka-sangka lagi adalah lagunya terdengar dan terasa pas banget dengan kesleuruhan konsep dan juga tone filmnya. Pokoknya gara-gara ini, ‘Something in the Way’ dan juga minat kita terhadap Nirvana menjadii muncul lagi.

6. Shocking Blue –Venus (The Queen’s Gambit)

Dengan serinya yang semenjak perilisannya langsung menjadi buah bibir, maka gak heran jika lagu inipun juga menjadi ngetop lagi.

Ya hit milik grup 60-an, Shocking Blue ini menjadi ngetop lagi setelah tampil di episode ke-6 seri The Queen’s Gambit, “Adjoumment.” Selain itu faktor lain yang membuat lagu rilisan 1969 ini ngetop lagi di episode ini adalah karena penampilan Anya Taylor-Joy (The Menu).

Spesifiknya, dalam episodenya karakter Taylor-Joy, Beth Harmon, berdansa-dansa intens nan asyik dengan menggunakan lagu ini.

7. Petula Clark – Downtown (Last Night in Soho)

Seperti yang dijelaskan di poin The Matrix Resurrections, penulis adalah fans lagu-lagu dan bahkan lifestyle dekade 60-an.

Sehingga lagi-lagi dengan pernyataan tersebut, gak heran jika penulis merasa senang bukan kepalang bagaikan anak kecil yang baru mendapatkan permen ketika menyaksikan film arahan Edgar Wright (Scott Pilgrim vs. the World) ini.

Karena semua elemen dari Last Night in Soho pada dasarnya adalah surat cinta terhadap dekade tersebut. Otomatis seluruh soundtrack-nya pun juga berasal dari dekade tersebut. Dan yap, gara-gara film ini, hampir semua lagu-lagu dekade 60-an yang tampil dalam filmnya ini, menjadi ngetop lagi di tahun 2021.

Termasuk salah satunya adalah yang dijadikan soundtrack resmi filmnya, ‘Downtown’ yang aslinya dinyanyikan oleh Petula Clark. Dan uniknya demi kebutuhan soundtrack film ini, Edgar Wright memutuskan untuk menampilkan 3 versi. Yaitu, versi orisinil Clark dan 2 versi beda tempo dari salah satu pemeran utama filmnya, Anya Taylor-Joy (The New Mutants).

8. Kate Bush – Running Up That Hill (Stranger Things)

Kate Bush pada eranya memang gak memiliki nama yang super duper besar. Terlebih seperti kita ketahui pada akhir 70an dan awal hingga menjelang akhir 80-an, banyak banget band dan musisi yang berseliweran disana dan sini.

Walau demikian, Bush tetaplah memiliki nama serta lagu-lagu yang dikenal. Salah satunya adalah Running Up That Hill (1985) ini. Dan setelah sekian lama meredup, gaung lagunya ini menjadi besar lagi ketika tampil di musim ke-4 Stranger Things tahun ini.

Saking populernya lagi, lagu ini sampai masuk chart Billboard untuk kedua kalinya atau 37 tahun setelah perilisan orisinilnya.

9. Black Sabbath – War Pigs (Metal Lords)

Bagi kita-kita yang sudah nonton fikm drama komedi musikal Netflix, Metal Lords (2022), pastinya tahu banget kalau film ini menampilkan banyak lagu Rock dan Heavy Metal top. Namun dari seluruh lagu-lagu heavy metal legendarisnya, gak memungkiri bahwa lagu hit milik Sabbath inilah yang sangat ditonjolkan. Lagu ini bahkan menjadi salah satu sub-plot dari filmnya.

Spesifiknya, sub-plot ketika karakter utama filmnya, Kevin Schlieb (Jaeden Martell) disuruh mengembangkan skill drum-nya dengan lagu ini.

Nah ketenaran balik ‘War Pigs’ di tahun ini kian menjadi setelah baru-baru ini, dijadikan sebagai tema sekaligus soundtrack dari event program setiap bulan November organisasi gulat hiburan, World Wrestling Entertainment (WWE), Survivor Series alias Survivor Series: WarGames.

10. The Cramps – Goo Goo Muck (Wednesday)

Nah mungkin inilah kasus lagu lama yang ngetop lagi setelah menjadi soundtrack film/TV yang masih segar banget. Ya ‘Goo Goo Muck’ (1981) adalah lagu milik The Cramps yang kembali hit setelah tampil di episode ke-4 seri Wednesday (2022) yang bertajuk ‘Woe What a Night.’

Dan terang saja jika lagu ini menjadi ngetop lagi. Selain karena faktor seri Wednesday yang ketika tulisan ini diturunkan sukses memecahkan rekor. Juga pemakaian lagu ini di adegan episodenya juga pas dan asyik banget. Baik dari penyesuaian lagunya dengan tone episodenya hingga kelihaian Wednesday Addams (Jenna Ortega) dalam melakukan dansanya, pokoknya semua keren banget deh. (*)

 

Gambar: Louder Sound

Artikel Terkait
Entertainment
Addams Family Kembali Bawa Teror Mengerikan dalam Trailer Baru ‘Wednesday’

Entertainment
Emma Myers ‘Wednesday’ Sebut Sifat Aslinya Lebih Mirip Wednesday Daripada Enid

Entertainment
Video Klip ‘Running Up That Hill’ Kate Bush Capai 100 Juta Views di YouTube