Interest

Wajib Tahu! Benda-benda Ini Harus Ada di Tas Siaga Bencana

Dwiwa

Posted on December 7th 2022

Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan mengalami bencana alam, baik itu banjir, gunung meletus, gempa bumi, dan lain-lain. Mengingat kondisi ini sudah menjadi rahasia umum, ada baiknya jika kita selalu waspada dan mempersiapkan diri untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu bencana datang.

Salah satu hal penting yang harus disiapkan sebagai antisipasi bencana adalah tas siaga bencana. Dilansir laman BPBD Kabupaten Bogor, tas siaga bencana bertujuan agar saat bencana datang tiba-tiba, kita telah siap untuk segera evakuasi ke titik kumpul dengan cepat. Dengan menyiapkan tas siaga bencana, kita juga bisa berpikir lebih tenang karena semua hal penting sudah disiapkan dalam tas tersebut.

Di dalam tas siaga bencana biasanya berisi sejumlah barang penting yang perlu dibawa ketika bencana terjadi. Penjelasan mudahnya, tas siaga bencana berisi bekal bertahan hidup selama beberapa hari sampai bantuan atau tempat aman ditemukan.

Lantas, apa saja isi dari tas siaga bencana ini?

1. Pakaian dan peralatan mandi

Siapkan pakaian yang bisa dikenakan untuk dua sampai tiga hari, mulai dari pakaian dalam hingga jaket. Usahakan untuk memasukkan pakaian dengan bahan nyaman serta bisa melindungi diri. Tidak hanya pakaian, siapkan juga jas hujan serta peralatan mandi seperti handuk, sikat dan pasta gigi, sabun, dan lainnya.

2. Obat-obatan dan P3K

Obat-obatan pribadi yang rutin diminum dan kotak P3K juga menjadi barang wajib yang masuk ke dalam tas siaga bencana. Hal ini sebagai antisipasi jika tiba-tiba kondisi mengalami penurunan dan bantuan belum datang.

3. Air minum

Air minum wajib masuk ke dalam tas siaga bencana. Sebab, manusia hanya bisa bertahan hidup tanpa air selama 3 hari. Jadi siapkanlah air minum secukupnya di dalam tas siaga bencana.

4. Makanan kemasan tahan lama

Selain minuman, membawa bekal makanan juga menjadi hal wajib agar bisa bertahan hidup saat situasi bencana. Pilihlah makanan dalam kemasan yang tahan lama seperti cokelat, biskuit, mi instan, dan lain sebagainya.

5. Radio/ponsel

Alat komunikasi seperti radio atau ponsel juga menjadi hal wajib untuk dibawa. Lengkapi juga peralatan tersebut dengan baterai, pengisi daya atau powerbank. Peralatan ini penting agar kita tetap bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi terbaru saat bencana terjadi.

6. Peluit

Meski mungkin terdengar seperti barang sepele, peluit menjadi alat yang sangat bermanfaat ketika terjebak dalam situasi sulit. Suara yang dikeluarkan oleh peluit ketika ditiup bisa menjadi sinyal bagi tim penyelamat untuk datang menolong.

7. Senter dan baterai

Terkadang aliran listrik terputus ketika sebuah bencana terjadi. Karena itu, menyiapkan senter lengkap dengan baterai cadangan di dalam tas siaga bencana sangat penting. Selain senter, bisa juga membawa lilin, korek, lampu kepala, atau alat penerangan lain.

8. Masker

Masker bermanfaat untuk membantu menjaga saluran pernapasan kita terkena udara yang kotor dan tercemar, misalnya saat bencana gunung meletus.

9. Surat-surat penting

Bawalah surat-surat penting dan berharga ke dalam tas siaga bencana. Misalnya saja seperti akta kelahiran, ijazah, surat tanah, surat kendaraan, dan lain-lain.

10. Uang

Siapkanlah uang tunai secukupnya untuk bekal kurang lebih tiga hari.

 

Setelah semua barang-barang tersebut masuk ke dalam tas siaga bencana, jangan lupa untuk meletakkannya di tempat yang mudah terjangkau. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Waspada! BMKG: Tren Gempa Bumi Tahun Ini Meningkat

Current Issues
Indonesia Dirundung Duka, 136 Bencana Alam Datang di Awal 2021

Interest
Indonesia Dilanda 3.503 Bencana Alam Sepanjang 2022