Lifestyle

5 Cara Atur Prioritas dalam Hidup

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on December 7th 2022

Pernahkah kalian merasa stuck dalam menjalani kehidupan sehari-hari? Bangun pagi sampai kembali tidur dan begitu seterusnya. Apalagi kalau kalian tidak punya kegiatan lain seperti melakukan hobi sebagai kegiatan aktivitas untuk refreshing.

Justru kebosanan ini yang membuat kalian merasa lelah menjalani hidup. Kalau dibiarkan terus-menerus dan tidak ada perubahan, dampaknya akan semakin buruk. Bahkan bisa menimbulkan kekacauan mood setiap hari.

Mengutip situs Minimalism Made Simple, ada tips mengatur prioritas agar kalian tahu mana yang perlu diutamakan. Dengan begitu, hidup kalian akan lebih enjoy dan tertata. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Bikin to do list

Langkah awal untuk yang bisa membantu kalian untuk mencapai goals hidup adalah dengan membuat berbagai kegiatan dalam bentuk list agar lebih mudah untuk melihatnya. Dari situ, kalian tahu mana saja yang harus didahulukan. Tulis di sticker note atau buku harian kalian.

2.  Pahami goals kalian

Meskipun ini mungkin tampak seperti strategi manajemen waktu yang cepat, prioritas adalah kunci dalam mencapai tujuan jangka panjang. Memahami apa yang sebenarnya sedang kalian upayakan bisa membantu mengidentifikasi goals yang paling berkaitan dengan hasil di masa depan tersebut. 

3. Utamakan yang paling penting

Daftar goals harus memberikan visibilitas penuh tentang tenggat waktu yang bisa membantu mengidentifikasi goals mana yang harus segera diselesaikan dan merencanakan ke depan sesuai dengan tenggat waktu mendatang.

Membuat tenggat waktu meskipun tidak diperlukan secara formal juga penting. Strategi ini juga dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas dan mengurangi procrastination.

4. Segera capai berdasarkan urgensi

Ini adalah salah satu strategi yang bisa kalian lakukan untuk memastikan bahwa goals yang akan dicapai harus diproritaskan. Taktik untuk tetap fokus pada satu goal penting pada satu waktu. Sebab, kalian bisa mengidentifikasi kemungkinan gangguan dan secara aktif menghindarinya sepanjang hari. 

5. Pertimbangkan effort

Saat menatap daftar goals yang panjang, kalian akan mudah overwhelmed dengan perasaan yang mengurangi produktivitas dan menyebabkan penundaan. Strategi untuk mengatasinya melibatkan evaluasi pencapaian sesuai dengan upaya yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Jika daftar harapan kalian menjadi terlalu memberatkan, prioritaskan yang membutuhkan waktu dan tenaga minimal. Jadinya, kalian bisa menyelesaikan dengan cepat. Penyelesaian tugas ini akan memberi kalian ruang bernapas dan menghasilkan rasa pencapaian untuk mendorong kalian untuk bersemangat sepanjang hari.

Itulah beberapa cara atur ulang prioritas dalam hidup agar cita-cita kalian bisa tercapai satu-persatu. Selamat mencoba! (*) 

Foto: unsplash

 

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Menyimpan Parfum Agar Tetap Wangi, Jangan Simpan di...

Lifestyle
5 Tips Membantu Seseorang yang Depresi, Salah Satunya Tetap Keep in Touch!

Lifestyle
8 Cara Agar Baterai HP Androidmu Tahan Lama Selama Karantina