Interest

Jenis Konten Seperti Ini yang Jadi Favorit Gen Z di Indonesia, Kamu Juga?

Dwiwa

Posted on December 7th 2022

Instagram baru saja merilis laporan tentang tren yang jadi favorit Generasi Z di platformnya. Dilansir Antara, berdasarkan laporan bertajuk "Yang Dicintai Gen Z Indonesia di Instagram", ada tiga tren yang bersinar pada 2023, yaitu kuliner dan wisata, lagu dan tarian lokal serta web 3.

Dalam laporan yang dibuat berdasarkan data internal Instagram dan Populix itu, platform milik Meta tersebut menemukan Gen Z lebih banyak menggunakan dan membagikan konten lokal, berupa lagu dan tarian, dibandingkan konten asing untuk Reels. Populix mendapati 1 dari 2 Gen Z pernah menggunakan lagu Dunia Tipu-Tipu dari Yura Yunita dan sepertiga dari mereka menyukai lagu Ojo Dibandingke yang dinyanyikan Farel Prayoga.

Tidak hanya itu saja, di Instagram Gen Z juga suka dengan lagu Full Senyum Sayang Evan Loss, Hati-Hati di Jalan oleh Tulus dan I Love Mama Mantu dari Bulan Sutena.

Instagram juga memperkirakan konten soal kuliner dan wisata masih akan berjaya untuk 2023. Mereka menemukan sebagian besar tanda pagar (tagar) terpopuler pada 2022 berkaitan dengan makanan dan wisata, seperti #Bali, #PesonaIndonesia dan #Kuliner. Hasil survei Populix juga menemukan sebanyak 40 persen Gen Z mengatakan aktif menggunakan ketiga tagar itu.

Teknologi web 3 seperti NFT, avatar, augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) juga menarik perhatian Gen Z di Indonesia. Populix menemukan 65 persen Gen Z ingin melihat lebih banyak vitur VR di Instagram. Fitur AR buatan kreator Indonesia yakni "ID Flag" dan "Kasat Mata" juga membuat Gen Z tertarik.

Sepanjang 2022, Instagram mencatat Gen Z menyukai konten video yang ada di Reels dan Instagram Story. Kedua fitur itu menjadi tempat kesukaan mereka untuk menonton konten yang menghibur.

Sementara untuk berinteraksi, fitur komentar dan pesan pribadi DM jadi favorit Gen Z. Mereka juga suka menggunakan fitur Sticker Add Yours di Reels dan Story.

Jika berbicara topik, minat Gen Z Indonesia di Instagram rupanya tidak selalu tentang hiburan. Laporan menemukan mereka juga tertarik dengan aksi sosial seperti lingkungan yang berkelanjutan, otentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas dan kesehatan mental.

Instagram juga menemukan pengguna muda menyukai avatar, seperti Thumb Up, Blowing Kiss dan Winky.

Masih tingginya minat Gen Z terhadap hal-hal yang berbau Indonesia membuat Instagram memprediksi konten lokal akan tetap relevan bagi pengguna platform media sosial itu pada 2023.

"Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer," kata Direktur Kemitraan Kreator Meta Indonesia dan Asia Tenggara Revie Sylviana dalam keterangan pers. (*) 

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Ini Tren Paling Hits di Instagram Sepanjang 2019, Mana yang Sudah Kamu Coba?

Interest
Ssttt, Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Prediksi Tren Instagram di 2020

Interest
GIF Sticker yang Bikin Instagram Story-mu Makin Aesthetic