Interest

Penting! Cara Menemukan Passion Untuk Para Pelajar

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on December 6th 2022

Menemukan passion sebelum tumbuh dewasa akan memudahkan kamu untuk menata masa depan. Hal ini juga berkaitan dengan karir dan nasibmu. Passion didasari oleh perasaan. Semakin suka dan tinggi semangat kita akan mengerjakan suatu hal, itulah passion. Yup! Ini memang tidak jauh beda dengan hobi.

Namun, tak jarang pelajar masih kesulitan menemukan passionnya. Sebab, mereka belum mengerti bagaimana kehidupan saat dewasa. Melihat beberapa pengalaman orang dewasa, menentukan passion sejak remaja itu penting.

Karena sangat berkaitan dengan apa yang akan kamu tuju. Mengutip situs Tun, ada beberapa cara menemukan passion untuk pelajar yang bisa kamu coba:

1. Kenali diri sendiri

Daripada kamu mengidentifikasi hal yang kurang penting, lebih baik digunakan untuk evaluasi diri dan eksplorasi diri sendiri. Meskipun SMA adalah masa yang indah bagi semua pelajar dan perlu memperbanyak kenangan, ada baiknya untuk tetap memiliki pemahaman mendasar tentang apa yang kamu lakukan. 

Untuk mengenal dirimu lebih dekat, hal pertama adalah love yourself. Ikuti kata hatimu saat akan mengerjakan sesuatu. Jika kamu merasa sangat senang dan termotivasi, itu tanda kamu sudah mengenal apa yang disukai.

2. Eksplorasi minat saat ini

Meskipun minat orang berubah, tidak ada salahnya jika kamu terus eksplorasi apa yang diminati. Karena kemungkinan besar akan sama sampai dewasa. Sangat sulit meyakinkan diri sendiri untuk menikmati sesuatu yang tidak kamu sukai. Misalnya, mengejar jurusan kuliah karena kamu suka dan memiliki prospek kerja bagus, maka berakhir dengan baik. 

Setelah hanya beberapa tahun, kamu mungkin merasa lelah dan berjuang untuk sesuatu yang baru. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memulai perjalanan karir dengan menunjukkan secara tepat apa yang sukai dan mencari tahu dari sana.

3. Coba komunitas di sekolah

Seringkali, kita tertarik untuk menyukai apa yang kita kuasai. Untuk mengetahui apa yang kamu kuasai, maka perlu mencoba berbagai aktivitas. Mudahnnya, saat SMA menjadi waktu yang tepat untuk eksplorasi komunitas atau ekstra-kulikuler yang ada.

Kemungkinan besar, SMA-mu menawarkan olahraga, band jazz, orkestra, klub berorientasi karier, dan banyak kesempatan lain untuk membantumu untuk mengidentifikasi minat dan bakat. Saran terbaik adalah mencoba segala sesuatu yang memicu minatmu.

Itu akan tetap menjadi pengalaman yang berharga, bahkan jika kamu pun merasa tidak puas. Dalam hal mengidentifikasi keinginanmu, ada juga banyak manfaat dalam menemukan apa yang tidak kamu sukai.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menemukan passion bagi pelajar. Yuk, susun rencana masa depan yang gemilang dari sekarang! (*)

Foto: unsplash

Artikel Terkait
Lifestyle
Tips Agar Tugas Cepat Selesai dan Tidak Jadi Deadliner

Hobi
5 Serial Netflix Berlatar Kehidupan Sekolah, Mulai Genre Romance Sampai Thriller

Current Issues
Lagi Ujian? Yuk Simak Tips Menghafal Berikut!