Entertainment

Kisah Cincin Batu Safir Putri Diana yang Kini Dipakai Kate Middleton

Tora Nodisa

Posted on December 5th 2022

Foto: Vanity Fair

Kisah tentang cincin batu safir pertunangan Putri Diana dengan Pangeran Charles tiba-tiba muncul lagi. Sebab, pada minggu lalu, Kate Middleton, istri Pangeran William memakainya ketika berkunjung ke Amerika Serikat. Bahkan juga dipakai saat menyaksikan pertandingan NBA di Boston. Menariknya adalah bagaimana cincin tersebut bisa ada di tangan Kate Middleton. 

Pada 16 November 2010, pasangan di seluruh dunia baper setelah Pangeran William melamar pacar lamanya bernama Kate Middleton. Salah satu yang menarik perhatian adalah cincin pertunangan yang disematkan di jari Middleton. Cincin tersebut sebelumnya dikenakan oleh ibu Pangeran William, Putri Diana. 

"Ini cincin pertunangan ibuku," kata Pangeran William, dalam wawancara setelah pertunangan. "Tidak ada hal lain yang membuat saya senang, karena saya berharap sosok seorang ibu ada pada calon istri saya. Saya juga yakin kalau semua orang yang mengenal keluarga kerajaan, tahu cincin ini. Saya hanya berharap bisa menjaganya."

Memang ada perdebatan yang muncul setelahnya. Cincin batu safir dan berlian yaang sangat besar tersebut, pada awalnya diberikan kepada Pangeran Harry setelah ibu mereka meninggal. Lantas bagaimana tiba-tiba ada di tangan Pangeran William, dan sekarang di jari Kate Middelton. 

Misteri tersebut akhirnya diungkap oleh Maxwell Stone, seorang pemilik toko perhiasan ternama di Inggris "Steven Stone". Pangeran Harry memberikan cincin bersejarah tersebut kepada saudaranya, Pangeran William, sehingga dia bisa melawan Middleton. 

Sejarah cincin batu safir ini dimulai pada tahun 1981. Di mana pada tanggal 24 Februari 1981, seorang wanita bernama Lady Diana Spencer dilamar oleh Pangeran Charles. Putri Diana dengan bangga mengatakan," Ya, ini cincin safir dan berlian yang luar biasa."

Perdebatan saat itu justru ada pada desainnya. Hal tersebut dikatakan Maxwell Stone dalam wawancara dengan BBC. Cincin tersebut memiliki batu safir 12 karat dengan 14 berlian di sekelilingnya. Pembuatnya sama dengan desainer Mahkota Garrard yang terkenal. Namun sampai hari ini, cincin pertunangan Putri Diana disebut sebagai "cincin orang biasa". Karena desainnya sangat biasa saja. 

Faktanya, Putri Diana sendiri yang memilih desain cincin tersebut, ketika pembuatnya datang ke istana. Alasannya Putri Diana tidak ingin terlihat mencolok dengan cincin tersebut. Namun kini "cincin orang biasa" ini berstatus sama seperti bros Ratu Victoria yang diwariskan kepada Ratu Elizabeth. Sehingga tidak mengherankan jika generasi kerajaan Inggris di masa depan akan terus memakainya. (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Sneakers Favorit Putri Kate Middleton Diobral 

Entertainment
Gelar Lama Ratu Elizabeth II Dikabarkan Turun ke Putri Charlotte

Entertainment
Harga Seluruh Baju Kate Middleton Mencapai Rp 3,3 Miliar dalam Setahun