Sport

Sejarah Baru Tercipta, Laga Piala Dunia Qatar 2022 Dipimpin Wasit Perempuan

Louise Dewanggaa

Posted on December 2nd 2022

Piala Dunia 2022 Qatar menuai beragam kritik dan kontroversi saat menjelang bergulir. Ketika bergulir sejak pertengahan bulan November lalu beragam intrik dan laga seru tersaji di rumput hijau.

Tim-tim non unggulan tampil jauh lebih gahar. Maroko misalnya. Hakim Ziyech dan kolega justru berhasil lolos dari fase grup dengan status sebagai juara grup. Beberapa tim unggulan memang sukses memastikan tiket di fase 16 besar. Meskipun harus terseok-seok di laga awal.

Laga yang mengundang senam jantung bagi penggemar sepak bola juga tersaji. Perebutan tiket 16 besar di grup E berlangsung ketat antara Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika. Keempatnya memiliki peluang lolos yang besar. Laga menang atau pulang pun disuguhkan. Jepang yang berhadapan dengan Spanyol dan Kosta Rika harus menjamu Jerman.

Spanyol bisa saja tidak lolos jika kalah dari Jepang dan Kosta Rika menang atas Jerman. Jerman bisa saja pulang jika Jepang menang atas Spanyol. Benar saja, laga memulangkan atau dipulangkan berlangsung ketat. Jepang secara mengejutkan berhasil ungguli Spanyol dengan skor 2-1 ketika memasuki babak kedua. Kosta Rika pun demikian, berhasil membalikkan keadaan.

Keunggulan Jepang atas Spanyol berlangsung hingga peluit akhir berbunyi. Sedangkan Kosta Rika harus rela dihancurkan Jerman dengan skor 4-2. Kemenangan Jerman terasa hambar karena mereka gagal lolos.

Laga antara Kosta Rika dan Jerman juga menuai catatan sejarah. Untuk pertama kalinya laga Piala Dunia dipimpin oleh Stephanie Frappart selaku wasit wanita. Sejatinya pencapaian ini bukan pertama kali bagi Stephanie Frappart.

Sebelumnya ia sudah pernah memimpin laga pada ajang Liga Champions, kualifikasi Piala Dunia 2022 dan juga Ligue 1 (liga tertinggi negara Prancis). Sekarang, wasit perempuan asal Prancis kembali mencatatkan sejarah menjadi pengadil lapangan laga putra Piala Dunia 2022 Qatar.

Wanita berusia 38 tahun tersebut sejatinya sudah membukukan sejarah pada Piala Dunia 2022 Qatar. Ketika laga antara Meksiko dan Polandia pada Selasa 22 November lalu dirinya menjadi ofisial wasit wanita pertama yang ada di Piala Dunia 2022 Qatar.

Ketika memimpin laga Kostarika dan Jerman. Stephanie Frappart ditemani dua asisten wasit yang juga perempuan. Mereka berdua adalah Neuza Back dan Karen Diaz. Untuk kesekian kalinya menjadi bukti bahwa sepak bola milik semua kalangan dan tidak ada batasan gender.(*)

Foto: Goal.com, qcnews

Artikel Terkait
Sport
Memaknai Lagu Dreamers Jungkook ala Penggawa Timnas Korsel

Sport
Senegal Dua Kali Lolos Babak Grup Piala Dunia Berkat Aliou Cisse

Sport
Olivier Giroud Jadi Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa di Prancis