Tech

RealityScan, Aplikasi yang Bisa Buat Model 3D Cukup dengan Foto Smartphone

Alda Alviani

Posted on December 2nd 2022

Apa kamu seorang kreator? Atau punya ketertarikan dengan fotogrametri 3D? Ada kabar gembira nih! Epic Games baru saja meluncurkan sebuah aplikasi yang memudahkan pekerjaan atau kegemaranmu yang berhubungan dengan visualisasi 3D. Aplikasi ini bernama RealityScan.

RealityScan adalah aplikasi scanner 3D yang dapat mengubah foto yang ada di smartphonemu menjadi gambar 3D dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Pada iOS, aplikasi ini menggunakan processing cloud yang kemudian diubah menjadi model 3D. 

Selain itu, aplikasi ini juga dirancang untuk dapat diakses cukup dengan perangkat seluler seperti smartphone. Dengan begini, tentu kamu bisa mendesain dimana pun cukup dengan membawa ponsel yang ada di sakumu. Selain itu, untuk kamu yang seorang kreator, dengan adanya aplikasi ini tentu kamu dapat membuat model 3D dengan cepat, mudah dan akurat. 

Kalau kamu bukan seorang kreator, tapi tertarik untuk mencoba aplikasi ini juga bisa kok! Sesuai kata sang developer, Epic Games, untuk membuat model 3D di RealityScan, kamu juga tidak perlu keahlian atau pengalaman khusus untuk coba mendesain dengan aplikasi yang satu ini. Ajib banget kan?

Cara penggunaan aplikasi ini juga terbilang mudah. Kamu cukup memotret semua sisi objek yang akan kamu desain, setelah itu RealityScan akan men-scan objek tersebut ke dalam bentuk 3D. Untuk saat ini, RealityScan memiliki limit 200 scan gambar dalam sekali pembuatan desain. Jika sudah selesai, kamu bisa mengekspor hasil modelmu ke Sketchfab, sebuah platform khusus untuk mengunggah, membagikan, atau menjual konten 3D, VR, dan AR. 

Menariknya, akun pengguna RealityScan akan secara otomatis mendapatkan upgrade selama setahun setelah mengunggah desain pertama mereka ke Sketchfab.

Khusus untuk pengguna iOS, aplikasi RealityScan sudah bisa kamu download secara gratis lho di App Store per 1 Desember kemarin. Dan untuk pengguna Android jangan iri, karena Epic Games selaku developer sedang merealisasikan aplikasi ini juga bisa digunakan di Android pada 2023 nanti. Gimana? Apa kamu tertarik untuk mencoba aplikasi scanner 3D yang satu ini? (*)

Foto: Unreal Engine

Artikel Terkait
Tech
10 Hal Ini Bisa Bikin iPad atau iPhone Lawas Kamu Jadi Lebih Bermanfaat

Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Tech
4 Tips Booster iPhone Agar Bebas Lemot