Sport

Gemilang di Bawah Mistar, Szczesny Bukukan Rekor

Louise Dewanggaa

Posted on December 1st 2022

 

Jika mendegar nama negara Polandia, beberapa penggemar sepak bola langsung saja melontarkan nama Robert Lewandowski. Benar, Lewandowski adalah salah satu penyerang mematikan yang dipunya oleh Polandia selama satu dekade ke belakang.

Bersama Borussia Dortmund, Lewandowski dan kolega berhasil memutus hegemoni Bayern Munchen pada Bundesliga 2011-2012. Saat pindah ke Bayern Munchen Lewandowski juga tetap tampil ganas di seperempat area pertahanan musuh. Tak heran jika Polandia selalu identik dengan namanya.

Kini Timnas Polandia sedang menjalani tugas negara dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar. Dengan 3 penampilan pada fase grup Lewandowski dan kolega berhasil mengantongi 1 hasil menang, 1 imbang, dan 1 kalah. Kejadian ini membuat mereka melaju ke fase 16 besar dengan perolehan 4 poin. Perolehan tersebut sejatinya sama dengan Meksiko yang duduk pada peringkat 3. Namun, Polandia unggul dalam selisih gol.

Pahlawan Polandia bukan hanya Lewandowski. Nama selain penyerang gaek itu adalah Wojciech Szczesny. Yap, penjaga gawang yang pernah berseragam Arsenal dan AS Roma tersebut begitu sensasional dalam gelaran Piala Dunia Qatar 2022. Tanpanya, mungkin Polandia sudah babak belur ketika bertemu Argentina pada laga terakhir.

9 penyelamatan berhasil ia lakukan ketika berhadapan dengan Argentina, tim yang digadang-gadang menjadi juara pada edisi kali ini. Penyelamatan  krusial Szczesny salah satunya adalah ketika menepis tendangan penalti Lionel Messi. Sebelumnya, saat berhadapan dengan Arab Saudi Szczesny juga menunjukkan magisnya dalam urusan menahan tendangan penalti.

9 kali penyelamatan saat melawan Argentina menjadikan Szczesny menyandang predikat  kiper dengan penyelamatan terbanyak pada Piala Dunia 2022 Qatar. Selain itu, dirinya menjadi penjaga gawang utama dalam gelaran Piala Dunia yang sukses menepis dua tendangan penalti (bukan dalam babak adu penalti) dalam satu ajang Piala Dunia setelah Brad Friedel pada Piala Dunia 2002.

Szczesny bukanlah sembarang kiper. Ketika masih berseragam AS Roma, ia menjadi pilihan utama ketimbang Alisson Becker. Pindah ke Juventus, lagi-lagi Szczesny menjadi pilihan utama daripada Gianluigi Buffon. Menjadi bukti bahwa kapabilitasnya dalam menjaga gawang jangan diragukan.

Sensasinya dalam Piala Dunia Qatar 2022 akan berlanjut mengingat Polandia berhasil lolos ke fase 16 besar. Juara bertahan Prancis akan menjadi lawan selanjutnya. Nama Szczesny bisa saja terselip dalam setiap doa warga Polandia. Kini setelah kiper sensasional Guillermo Ochoa tersingkir, sensasi selanjutnya ada dalam diri Szczesny.(*)

Foto: FourFourTwo, Mirror

Artikel Terkait
Sport
Brasil dan Momok Fase Delapan Besar Piala Dunia

Sport
Tuah Kroasia Dalam Urusan Adu Penalti

Sport
Senegal Dua Kali Lolos Babak Grup Piala Dunia Berkat Aliou Cisse