Interest

Hati-Hati! Predator Seksual Gunakan Aplikasi Kencan untuk Cari Korban

Dwiwa

Posted on December 1st 2022

Buat kalian yang sering menggunakan aplikasi kencan untuk berkenalan dengan teman baru, tampaknya harus lebih waspada. Pasalnya, sebuah studi baru mengungkap fakta mengerikan bahwa banyak predator seksual yang menemukan korbannya lewat aplikasi kencan.

Dilansir New York Post, peneliti dari Brigham Young University (BYU) di Utah menganalisis catatan dari hampir 2.000 korban kekerasan seksual antara 2017 dan 2020. Hasilnya, 14 persen serangan terjadi setelah mereka bertemu dan berkenalan di aplikasi kencan.

Dr Julie Valentine dari BYU mengatakan, hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Interpersonal Violence ini sangat memprihatinkan. Temuan menunjukkan jika ada peningkatan jumlah korban yang melaporkan kekerasan seksual terjadi setelah bertemu seseorang di aplikasi kencan.

Hal lain yang juga sangat memprihatinkan adalah bahwa korban yang ditargetkan sering kali memiliki penyakit mental dan serangan yang dialami jauh lebih kejam.

“Mereka yang memiliki penyakit mental seperti depresi mungkin lebih rentan terhadap predator yang mungkin, misalnya, memuji mereka dan membujuk untuk bertemu langsung,” jelas Valentine dalam siaran pers. Dalam aplikasi kencan, orang bisa menciptakan karakter diri sesuka hati untuk bisa menarik korban yang rentan.”

Mahasiswa merupakan kelompok usia yang paling mungkin menjadi sasaran. Para ahli yang terlibat dalam penelitian ini pun menyebut jika langkah-langkah keamanan yang ada di aplikasi kencat saat ini tidak memadai.

Menurut Valentine, aplikas kencan telah menghilangkan proses skrining yang terjadi ketika kita bertemu seseorang di kehidupan nyata. Hal ini membuatnya menjadi tempat yang potensial bagi para predator untuk menebar umpan.

“Dulu orang berkenalan melalui teman yang sama atau di tempat kerja atau sekolah, dan ada beberapa hal yang kita periksa sebelum memutuskan untuk berkencan,” jelasnya. “Aplikasi kencan benar-benar menghilangkan proses itu.

Penulis penelitian merekomendasikan agar perusahaan aplikasi kencan meningkatkan standar keamanan mereka. Valentine merekomendasikan agar aplikasi kencan juga meningkatkan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi pelaku potensial di aplikasi serta mencari catatan kriminal dan berkomunikasi dengan aplikasi kencan lain untuk menyingkirkan pelaku predator berantai.

Jadi guys, selalu waspada ketika berkenalan dengan orang baru yah! (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Korea
Drama Korea Somebody Ungkap Sisi Gelap Aplikasi Kencan Online

Lifestyle
3 Kelemahan Cari Pacar via Online dan Cara biar Tetap Bisa Cari Sosok yang Klik

Lifestyle
Aplikasi Dating Khusus Muslim "Muzmatch" Sediakan Fitur Baru Video Call