Lifestyle

Berapa Banyak Sih, Air Minum yang Harus Kita Konsumsi Setiap Hari?

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on December 1st 2022

Air minum merupakan salah satu kebutuhan penting bagi tubuh kita. Pasalnya, 60% dalam tubuh manusia adalah air. Jadi, penting bagi kalian untuk minum air putih setiap hari. Nah, sebenarnya berapa banyak, sih, air minum yang dibutuhkan dalam satu harinya?

Saat beraktivitas, tubuh kita akan terus kehilangan air. Saat berkeringat dan kencing. Ternyata, tak sekadar itu. Air dalam tubuh juga bisa keluar lewat penguapan dari kulit serta saat bernafas. Pentingnya minum air putih agar kita tidak dehidrasi. Dari situ, asupan cairan bisa terpenuhi dengan baik. 

Beberapa pakar kesehatan punya pendapat yang berbeda. Tapi pada umumnya, pakar kesehatan merekomendasikan delapan gelas, yang setara dengan sekitar 2 liter, atau setengah galon sehari. Mereka menyebutnya aturan 8×8 agar mudah diingat.

Mengutip laman Health Linerekomendasi umum dari The U.S. National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine tentang jumlah air minum adalah sebagai berikut:

11,5 cangkir (2,7 liter) sehari untuk wanita.

15,5 gelas (3,7 liter) sehari untuk pria.

Rekomendasi di atas sudah termasuk minuman seperti teh, jus, dan makanan. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan rata-rata 20% air. Namun, setiap orang memiliki kadar kebutuhan air yang berbeda. Tergantung beberapa kondisi di bawah ini: 

Tempat tinggal: Bagi kalian yang berada di tempat panas dan kering, maka tubuh akan bereaksi untuk membutuhkan lebih banyak air.

Diet: Jika kalian minum banyak kopi dan minuman berkafein lainnya, kalian mungkin kehilangan lebih banyak air melalui buang air kecil. Jadi, kalian juga perlu mengonsumsi minuman dan makanan tinggi air seperti buah dan sayuran segar atau matang.

Suhu atau musim: Musim kemarau dan cuaca  akan membuat tubuh kita sering dehidrasi. Kita akan merasa cepat haus. Jadi, pastikan untuk memmenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berkeringat lebih banyak.

Kesehatan: Saat kalian demam, tandanya sedang kehilangan cairan. Biasanya, orang sakit juga akan kehilangan cairan melalui muntah atau diare. Jika begitu, maka perlu minum lebih banyak air.

Hamil atau menyusui: Penting bagi mama muda, jika sedang hamil atau menyusui bayi, kebutuhan cairan wajib banyak agar tidak dehidrasi. 

Ada banyak manfaat saat kebutuhan minum air terpenuhi. Menurut sebuah penelitian, minum lebih banyak air dari biasanya berkorelasi dengan penurunan berat badan. Peneliatan lain juga memperkirakan bahwa minum 2 liter dalam satu hari meningkatkan pengeluaran energi sekitar 23 kalori per hari.

Bahkan, dibuktikan dari satu penelitian bahwa orang yang minum 500 mL air sebelum makan kehilangan 44% lebih banyak berat badan selama 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Minum air putih sebelum makan, dapat meningkatkan nafsu makan dan menjaga berat badan yang sehat. Apalagi jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat. Terlebih lagi, minum banyak air memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Nah, masih mager minum air putih? Yuk, mulai ubah kebiasaan dari sekarang! (*)

Foto: Nigel Msipa/unsplash

 

Artikel Terkait
Lifestyle
6 Penyebab Tubuh Selalu Terasa Capek Meski Nggak Banyak Aktivitas

Lifestyle
Suka Makan Keripik Kentang? Yuk Ketahui Dampak Buruknya Bagi Tubuh

Lifestyle
Tahu Nggak Sih, Ternyata Gelap Itu Baik untuk Tubuh Loh