Sport

Senegal Dua Kali Lolos Babak Grup Piala Dunia Berkat Aliou Cisse

Louise Dewangga

Posted on November 30th 2022

Salah satu kontestan Piala Dunia Qatar 2022 asal wilayah Afrika, Senegal berhasil menahbiskan diri lolos dari fase grup setelah menang atas Ekuador pada laga terakhir dengan skor 2-1. Prestasi mereka berhasil menembus 16 besar bukanlah hal mengejutkan. Timnas Senegal adalah juara Piala Afrika 2021. Mereka berhasil menjadi jawara setelah memenangi drama adu penalti atas Mesir pada partai puncak.

Menyandang predikat sebagai jawara, tentu timnas Senegal mantap untuk menatap Piala Dunia Qatar 2022. Persis sebelum menatap Piala Dunia Qatar, salah satu pemain kunci mereka, Sadio Mane harus absen karena cedera yang dialami. Kejadian ini membuat Senegal diragukan untuk tampil apik dalam Piala Dunia Qatar 2022.

Laga pertama melawan Belanda permainan mereka seperti seorang pembalap yang kehilangan kunci mobil Ferrari. Sosok Sadio Mane begitu penting dalam inti permainan Senegal.

Mereka bangkit pada laga kedua dan ketiga. Kepastian ini membuat skuad asuhan Aliou Cisse berhasil lolos dari fase grup. Kepastian ini sekaligus membuat untuk kedua kalinya Aliou Cisse membawa Senegal melaju hingga babak 16 besar. Sebelumnya, Aliou Cisse pernah membawa timnas Senegal menembus 16 besar pada edisi Piala Dunia 2002. Ketika itu Senegal ada di grup A bersama Denmark, Uruguay, dan juara bertahan, Prancis.

Saat itu Aliou Cisse adalah seorang gelandang flamboyan sekaligus kapten dari Senegal. Pemain yang pernah berseragam Paris Saint-Germain, Birmingham City dan Portsmouth gantung sepatu pada tahun 2009. Dirinya memulai karir kepelatihannya pada 2012 tepat setelah tiga tahun berhenti memainkan si kulit bundar.

Berhasil membawa Senegal tembus hingga fase 16 besar Piala Dunia 2002, Aliou Cisse kini menjelma menjadi peramu strategi. Dari tangan dinginnya pemain Sadio Mane, Kalidou Koulibaly, Ismaila Sarr disulap menjadi pemain komplit dan rapi.

Aliou Cisse seolah mematahkan stigma Senegal tanpa Sadio Mane hanyalah negara yang akan menjadi lumbung gol pada Piala Dunia. Sekaligus menjadi pembuktian bahwa anak bangsa bisa membawa Singa Teranga bisa berbicara banyak pada ajang Piala Dunia Qatar 2022.(*)

Artikel Terkait
Sport
Memaknai Lagu Dreamers Jungkook ala Penggawa Timnas Korsel

Sport
Rekam Jejak Pertemuan Inggris vs Prancis di Piala Dunia

Sport
Mengapresiasi Timnas Iran di Piala Dunia Qatar 2022