Lifestyle

Awas Terjebak Hubungan Manipulatif, Waspadai 7 Tanda Love Bombing Ini

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on November 30th 2022

Baru-baru ini, warga Twitter digegerkan dengan istilah love bombing. Tak sedikit netizen yang bertanya-tanya apa arti istilah tersebut. 

Banjiran kata-kata cinta ala buaya darat, tindakan, dan perilaku yang penuh kasih merupakan teknik manipulasi yang sering disebut sebagai love bombing. Mengutip laman Choosing Therapy, love bombing adalah bom cinta yang mengacu pada emosi yang lebih intens.

Mungkin semua perhatian ini tampak menyanjung, tapi bisa juga menjadi manipulatif yang berbahaya. Beberapa orang menggunakan taktik ini untuk mendapatkan kepercayaan dan membangun keintiman dengan cepat. Lantas, apa saja, sih, tanda-tanda love bombing itu? Berikut penjelasan yang dilansir situs Health Line:

Selalu Beri Pujian

Tak dapat dipungkiri, jika beberapa orang memang mendambakan sebuah pujian. Apalagi bagi kamu yang punya love language word of affirmation alias kata-kata validasi. Tetapi, apa nggak pusing kalau mendengar pujian setiap hari?

Jika seseorang mengungkapkan cinta mereka setelah waktu yang singkat, itu adalah tanda bahaya potensial bahwa perasaan mereka tidak tulus. Biasanya, mereka akan menggunakan frasa umum dan berlebihan, seperti:

"Aku mencintai semua tentangmu."
"Aku belum pernah ketemu sama orang sesempurna dirimu."
"Kamu cuma satu-satunya orang yang aku cinta."

Memberi Hadiah Secara Berlebihan

Bom cinta sering melibatkan tindakan yang berlebihan, seperti mengirimi hadiah yang tidak pantas untuk pekerjaan. Misalnya, kamu dibelikan lusinan karangan bunga atau membeli tiket pesawat mahal untuk liburan, dan tidak boleh menolaknya.

Semua ini tampaknya cukup tidak berbahaya. Padahal, kamu mesti berhati-hati karena ini salah satu bentuk memanipulasimu untuk berpikir bahwa kamu berutang sesuatu kepada mereka. 

Spam Chat dan Panggilan

Tanda bom cinta selanjutanya adalah seseorang akan menelepon, mengirim chat melalui media sosial 24/7. Meskipun komunikasi terus-menerus adalah normal saat pertama kali berkencan, namun ini  adalah tanda bahaya jika komunikasi terasa sepihak dan menjadi semakin berlebihan. Ingat guys, setiap orang juga memiliki aktivitas dan kesibukan masing-masing!

Selalu Ingin Diperhatikan Setiap Saat

Saat fokus kamu bukan kepadanya, mereka akan menjadi kesal. Kamu bisa memperhatikannya dari cara chat, mimik muka, atau nada bicara saat berbicara lewat telepon. Masih berkaitan dengan poin di atas, bentuk bom cinta ini menginginkan perhatian kita setiap saat.

Tidak Menyukai Batasan

Ketika kamu mencoba memberi tahunya tentang batasan, mereka akan terus mencoba memanipulasimu untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Misalnya, kamu ingin privasi media sosial tetap terjaga, sedangkan pasanganmu tidak. Padahal, setiap orang memiliki hak untuk menjaga privasi mereka. Tidakan ini akan semakin membuat rumit hubungan kalian, guys!

Kamu Merasa Tidak Seimbang

Mendapatkan bom cinta memang terasa memabukkan di awal hubungan, tetapi kamu mungkin juga merasa tidak nyaman karena dinilai cukup berlebiha, bukan? Perhatikan perasaan cemas ini. Seperti yang dikatakan Westbrook. “Sangat penting untuk menyesuaikan diri dengan intuisi Anda, sehingga Anda dapat mengetahuinya alih-alih terbawa oleh taktik pengeboman cinta.”

Overwhelmed dengan Tidakan yang Diberikan

Dari semua tanda-tanda bom cinta di atas, kamu akan merasa kewalahan dengan semua tindakannya yang melebihi batas wajar. Mungkin bagi beberapa orang itu adalah hal normal. Layaknya sepasang yang memang menunjukkan rasa cintanya. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Pasangan yang sehat tetap menjaga privasi satu sama lain, memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasangannya. 

Jadi, gimana? Kamu perlu berhati-hati dengan love bombing, ya! Kini, banyak kasus relationship berlandaskan perasaan dan tindakan yang manipulatif. Tentunya, cara ini membuat kita merasa tidak nyaman menjalaninya. (*)

Foto: Mayur Gala/unsplash

 

Artikel Terkait
Lifestyle
Love Bombing, Memanfaatkan Cinta buat Memanipulasi Seseorang

Lifestyle
Apology Language, Cari Tahu Gaya Minta Maaf yang Lebih Dihargai

Lifestyle
4 Tanda Hubungan yang Gak Akan Langgeng, Sering Gak Disadari dan Dianggap Wajar