Tech

Menyimpan File di Drive Optik, Emang Masih Zaman?

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on November 29th 2022

Beberapa orang masih mengira jika menggunakan drive optik masih tergolong kuno. Padahal, setiap perangkat memiliki drive optik yang tersimpan di suatu tempat. Karena suatu saat kamu juga akan membutuhkannya.

Drive optik merupakan hardware yang fungsinya menyimpan data pada cakram optik seperti CD, DVD, dan BD (cakram Blu-ray). Semuanya disebut sebagai media portabel yang bisa menyimpan data lebih banyak daripada media portabel sebelumnya seperti flash disk. Nah, drive optik ini juga biasa digunakan untuk meng-install software hingga games.

Lalu, apa sih, pentingnya menggunakan drive optik pada perangkat seperti komputer dan laptop? Langsung saja, simak jawabannya berikut ini!

Secara teknis, laptop atau komputer memang tidak terlalu membutuhan cakram optik yang dapat di-boot untuk menginstal sistem operasi. Kamu bisa memakai flash drive atau perangkat penyimpanan USB apa pun untuk melakukannya. Namun, cara itu akan jauh lebih rumit daripada menggunakan drive optik. 

Jika dibandingkan dengan drive lainnya, drive optik memiliki umur panjang yang bisa digunakan sampai kapanpun. Bahkan, tetap bisa digunakan dengan baik untuk menyimpan data. Pedomannya sesuai dengan pabrikan, sehingga cenderung lebih awet saat kamu gunakan. CD dan DVD juga sangat murah sehingga kamu pun dapat membakar banyak salinan dari data yang sama dan menyimpannya di tempat yang berbeda.

Saat ini kebanyakan orang menonton film atau acara TV di layanan streaming, tetapi ada konten tertentu yang tidak bisa kamu temukan lewat platform tersebut. Hal ini yang membuatmu jadi membutuhkan CD dan DVD. Dengan drive optik, kamu mendapatkan akses ke semua media tersebut, termasuk beberapa konten yang mungkin tidak akan pernah dirilis lagi.

Dulunya, game PC dijual dalam barang-barang yang disebut "kotak" di rak-rak toko. Sedangkan untuk saat ini, Game PC hadir secara digital meskipun masih banyak game PC klasik di luar sana yang ada dalam bentuk disk. Jika kamu membutuhkan game klasik, maka perlu mencadangkannya ke drive optik karena dapat menampung file dengan ukuran yang besar. 

Itulah alasan mengapa menggunakan drive optik masih relevan hingga sekarang. Sebab, cara ini cukup efektif dan efisien untuk menyimpan file dalam ukuran besar.

Gambar: Lucky Alamanda/unsplash

Artikel Terkait
Tech
Laptop Panas Bikin Lemot dan Bahaya, Ini 5 Cara Mendinginkannya

Tech
IBM: Kekurangan Chip Komputer Secara Global Bisa Bertahan Dua Tahun

Tech
Catat! Microsoft Rilis Windows 11 Resmi Sebagai Free Upgrade 5 Oktober Nanti