Lifestyle

Menandai Ulang Tahun ke-50, Nike Lelang Produk Bersejarah

Tora Nodisa

Posted on November 29th 2022

Foto: Shoteby

Nike menggandeng rumah lelang Shoteby untuk melelang produk-produk bersejarah. Agenda ini merupakan rangkaian perayaan ulang tahun Nike ke-50. Lelang ini akan dimulai pada 29 November 2022, waktu Amerika Serikat. Selain sepatu, banyak produk unik yang jadi incaran kolektor.  

Sotheby sudah merilis program lelang produk bersejarah Nike yang diberi nama 'fifty'. Semuanya bisa dilihat melalui link berikut ini: https://www.sothebys.com/en/buy/auction/2022/fifty Selain sneakers, pakaian, dan aksesori, obral tersebut bahkan mencakup furnitur yang diproduksi oleh merek tersebut antara 1972 hingga 2022. Ada banyak produk ikonik yang ditawarkan seperti Air Jordan 1 "Chicago" ditandatangani oleh Michael Jordan sendiri. 

Pra-Nike Track Spikes, sepasang sepatu kets yang berasal dari awal 1960-an dan menandai lahirnya Nike. Sepatu tersebut merupakan buatan tangan pertama dari Coach Bowerman. Kita mungkin tidak melihat kondisinya, namun sepatu tersebut adalah bagian yang representatif dari dunia barat modern dan ada dalam hidup kita sebagai penanda waktu yang membawa kita kembali ke masa tanpa beban.

Merupakan ciri khas bahwa obral juga mencakup sepatu mewah yang menjadi simbol prestise dan kekayaan. Misalnya, Louis Vuitton x Nike Air Force 1 dan Pilot Case yang dirilis awal tahun ini. Ada pula sampel promo "Victory Lap" Air Jordan 3 langka yang disiapkan untuk Nipsey Hussle diperkirakan akan mencapai ratusan ribu dolar. 

Sekadar mengingatkan sepatu Jordan dari tahun 1985 terjual seharga $560.000, atau setara dengan 8,8 miliar rupiah pada lelang yang diadakan pada Mei 2020. Pastinya pada lelang kali ini kita akan melihat banyak rekor baru di pasar sneakers. 

Phil Knight dan Bill Bowerman mendirikan Nike pada tahun 1972. Meskipun salah pengucapan, meminjamkan namanya ke merek pakaian olahraga terbesar, dan dalam waktu setengah abad, dia berhasil melintasi perbatasan Oregon dan terdengar di seluruh dunia. (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Iker Leal Custom Sepatu Nike AF1 untuk Oscar De La Rosa dari La Mafia

Lifestyle
Setelah Air Jordan, Billlie Eilish Kolaborasi dengan Nike Air Force

Lifestyle
5 Sneakers Terbaik 2022 Versi FootWearNews