Tech

Merk Laptop Ini Udah Nyerah Jualan di Indonesia, Kamu Pernah Beli Nggak?

Nadia Fitriany

Posted on November 28th 2022

Persaingan merk laptop yang bisa menjawab kemauan pasar Indonesia memakan banyak korban. Mereka yang tidak bisa menjawab ekspektasi pembeli memilih hengkang dan menyerah berjualan di Indonesia.

Standar masyarakat Indonesia terkait perangkat elektronik ialah spek dewa dengan harga kaki lima. Maka tidak heran jika beberapa merk ini memilih mundur dalam memproduksi laptop untuk Indonesia ketimbang harus menelan sedikit keuntungan.

Toshiba

Pertama ada Toshiba, laptop tahan banting yang pernah diagungkan anak-anak sekolah dan mahasiswa  ini sempat menjajal popularitas pada era 90an hingga pertengahan tahun 2000. Sayangnya, Toshiba tidak bisa bersaing dengan merk lain seperti Lenovo, Apple dan HP yang berhasil mengusai pasar atas inovasi mereka.

Baca Juga: 4 Websites yang Bisa Mendeteksi Bahasa Asing 

Samsung

Tampilan laptop Samsung cenderung lebih tipis sehingga kurang diminati oleh masyarakat Indonesia saat itu. Namun, menurut informasi yang beredar, laptop Samsung masih bisa dibeli via online store. Beruntungnya, merk ini masih menguasai pasar Indonesia dengan produk smartphone mereka yang kian melejit dari tahun ke tahun.

LG

Kabarnya, laptop LG menjadi salah satu laptop yang terkenal di pasar Korea. Sayangnya, mereka tidak bisa menorehkan prestasi yang sama di Indonesia. Namun, LG masih dipercaya masyarakat Indonesia atas produk kebutuhan rumah tangga seperti kulkas, TV dan lain-lain.

Sony

Laptop Sony dinilai lebih mahal dibandingkan merk laptop lain dengan prospek sama, maka dari itu pasar Indonesia tidak tertarik menyerbu laptop Sony. Beruntungnya, merk ini masih diminati di sektor kamera yang berhasil unggul dan menjadi dambaan para content creator.

Baca Juga: Elon Musk Akan Rilis Ulang Twitter Premium, Centang Biru Ada Beberapa Warna

Beberapa merk laptop lain yang sudah jarang terdengar kabarnya seperti Fujitsu, Razer Blade, Gigabyte, Alienware terkadang dirindukan oleh generasi 90-an. Kamu pernah beli? (*)

Photo: rawpixel

Artikel Terkait
Tech
Samsung Rilis Jajaran Galaxy Book 2 Pro, Didukung Webcam 1080p

Tech
Kalah Bersaing dengan Brand Lain, LG Tutup Produksi Smartphone

Tech
Setelah 35 Tahun Bertahan, Toshiba Resmi Tinggalkan Pasar Laptop