Lifestyle

5 Cara Menghemat Biaya Ketika Nonton di Bioskop

Marvin Ciputra

Posted on November 27th 2022

Nonton film adalah salah satu aktivitas penghiburan diri yang kerap kita lakukan hingga detik ini. Dan gak heran sama sekali. Soalnya, nonton film itu memang kegiatan yang menghilangkan stres banget. Kita memang bisa melakukan kegiatan ini dari rumah. Dengan nonton di home video player atau berbagai layanan streaming seperti Netflix dan Disney Plus. Namun tetap saja adalah bioskop yang menjadi wadah untuk memberikan experience maksimal dalam nonton filmnya.

Baru, Besar, dan Menggelegar
Dikatakan demikian karena bisokop merupakan fasilitas untuk nonton film yang memiliki layar yang jauh lebih lebar dan juga sound system yang jauh lebih menggelegar. Hal ini belum lagi ditambah dengan dimatikannya seluruh lampu studio ketika filmnya dimulai. Ketika ini terjadi, kitapun seakan berpindah ke dunia lain yang memberikan experience yang sangat magis.

Nah selain kedua aspek tersebut, aspek lain yang membuat kita selalu ingin atau rajin nonton di bioskop adalah rilisan film-film barunya setiap minggunya. Dan rata-rata inilah alasan utama banyak orang untuk nonton di bioskop.

Biaya Nonton yang Kian Meninggi
Terlepas semangat kita untuk selalu nonton di bioskopnya tersebut. Tapi tetap saja kita sebelum pergi untuk nonton di bioskopnya, kita harus melakukan berbagai perhitungan terlebih dahulu.

Terlebih kondisi harga bioskop saat ini kian meninggi. Apalagi jika kita adalah tipikal yang harus membeli popcorn atau berbagai cemilan dan minuman lainnya. Sudah pasti ujung-ujungnya, pengeluaran satu hari nonton, bisa setara seperti pengeluaran ketika kita pergi ke kantor setiap harinya.

Dan kalau kita pikir, hal ini agak sedikit ironis bukan? Terlebih sekali lagi di tahun 2022 ini, semuanya serba mahal. Nah apabila kamu ingin menghindari hal ini, langsung saja nih kamu simak tips 5 cara menghemat biaya ketika ingin atau sedang nonton di bioskopnya berikut ini.

1. Lakukan Preview Film yang Akan Kita Tonton

Terkecuali kamu anak sultan yang setiap minggunya bisa nonton maraton 2-4 film dalam sekali keberangkatan, maka ada baiknya kamu melakukan langkah ini terlebih dahulu.

Jadi katakanlah kamu berencan untuk nonton film Avatar: Way of the Water pada bulan Desember 2022 mendatang. Dan memang sekuel Avatar (2009) ini diantisipasi oleh banyak orang di dunia ini.

Walau demikian, tetap saja kamu pastikan dulu kamu memang niat banget untuk nonton film ini. Mau kamu sudah atau belum nonton film pertamanya, pokoknya pastikan kamu memiliki prinsipa kalau “saya memang mau banget untuk nonton filmnya.”

Atau dengan kata lain, JANGAN ADA KERAGUAN SEDIKITPUN. Apabila memang masih merasa ragu-ragu, ada baiknya kamu melakukan preview terhadap filmnya terlebih dahulu.

Preview-nya bisa dilakukan dengan melihat resepsi kritikus dan audiens yang telah nonton filmnya, membaca kembali plot filmnya, melihat kembali trailer-nya, dan sebagainya. Yang penting sampai kamu benar-benar merasa yakin untuk ke bioskop untuk nonton filmnya.

Jangan sampai nih kamu sudah membeli tiket dan keluar ongkos, eh ketika nonton kamu merasa kesal sendiri karena filmnya tidak sesuai ekspektasi.

2. Perilisan Streaming pada Hari yang Sama

Kalau kita perhatikan, semenjak pandemi COVID-19 dimulai 2 tahun yang lalu. Banyak banget studio yang mulai menerapkan langkah bisnis yang gak biasa ini. Jadi mereka akan merilis film terbarunya secara bersamaan yaitu di bioskop dan streaming.

Tentunya perilisan streaming-nya dilakukan di layanan streaming LEGAL seperti Netflix, Disney Plus, Hulu, Amazon, Paramount+, dan sebagainya. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi mereka-mereka yang mungkin sedang gak memungkinkan untuk nonton di bioskopnya (apapun itu alasannya).

Nah apabila kamu kebetulan dalam posisi serupa, maka kamu bisa memanfaatkan tips ini. Apalagi jika kamu dari awal masih merasa sangat argu apakah filmnya memang pantas untuk disaksikan di bioskop atau tidak. Selain sangat menghenat biaya, juga kita bakalan jauh lebih bebas dan nyaman ketika nonton filmnya.

3, Manfaatkan Event Nonton Bareng
Padahal kalau kita pehatikan, sering dan banyak banget grup atau organisasi yang mengadakan event nonton bareng. Gak usah sampai segitu deh. Bahkan kantor tempat kerja kita saja kerap melakukannya bukan?

Tapi sayangngnya entah karena malu-malu atau merasa gengsi, kita merasa malas untuk ikut event seperti ini. Padahal, justru kalau ikut event seperti ini, kita malah untung banget. Karena umumnya, untuk event seperti ini, kita akan mengeluarkan sedikit biaya.

Misalkan nih kamu kalau nonton sendiri mengeluarkan uang tiket sebesar Rp. 50.000. Nah harga ini belum ditambah lagi kalau kamu beli popcorn dan sebagainya. Katakanlah ujung-ujungnya kamu menghabiskan Rp. 150.000 termasuk ongkos PP.

Nah apabila nonton bareng nih, bisa saja kamu disuruh mengeluarkan jumlah yang sama atau katakanlah Rp. 75,000 tapi, kamu sudah mendapatkan “paket komplit.” Yaitu, tiket, snack, minuman, atau bahkan merchedise. Jadinya kamu tinggal menambah biaya untuk ongkos transport saja. Bisa-bisa kamu cuma keluar Rp. 100.000 – Rp. 125.000 saja. Hemat banget bukan?

4. Nonton di Non-Weekend
Mungkin poin ini sudah kamu ketahui dan bahkan sudah menerapkannya. Tapi tetap saja, masih banyak juga yang lebih memilih untuk nonton di akhir pekan (Jum’at – Minggu) atau bahkan tanggal merah.

Ya sebenarnya itu juga hak kalian ya. Tapi disini MainMain hanya memberikan saran saja. Apabila kamu memang ingin nonton yang hemat (NOMAT), maka satu-satunya cara adalah nonton pada hari kerja (Senin-Kamis). Hal ini karena pada 4 hari ini, Biaya tiketnya jauh lebih murah.

“Loh saya kan sekolah, kuliah, atau kerja kak!” Well, kamu bisa melakukannya setelah sepulang dari aktivitasnya itu bukan? Lagipula bukankah jam pulang sekolah atau kantornya adalah pada sore atau bahkan siang hari?

5. Gak Usah Beli Makanan dari Bioskop
Sekali lagi pembahasan ini diperuntukkan bagi kita yang ingin melakukan minimalisasi pengeluaran untuk nonton film di bioskopnya. Dan apabila kamu ingin melakukan ini, maka inilah poin paling utama yang harus kamu lakukan.

Tentunya kamu sudah tahu bukan kenapa poin ini yang MainMan tekankan? Ya, rata-rata makanan dan minuman (bahkan air mineral kemasan) yang dijual di bioskop, harganya bisa berkali-kali lipat lebih mahal.

Jadi apabila kamu mau membawa snack dan minuman ke dalam studio, sebaiknya beli saja di supermarket atau kalau perlu bawa saja dari rumah. Nah nantinya tinggal pintar-pintar kamu saja bagaimana menyembunyikannya dari pandangan satpam bioskopnya.

Atau kalau mau lebih enak lagi nih. Seperti kita tahu hampir semua bioskop saat ini menjadi satu dengan mall atau plaza-mya. Nah di dalam mall pastinya banyak restoran bukan? Jadi sebelum nonton, makan saja dulu di salah satu restorannya.

Langkah ini juga sama asyiknya jika kita lakukan setelah nonton filmnya. Jadi selama nonton film ya kita “berkorban” dulu untuk gak makan dan minumnya. Ya mau mengambil tips yang manapun, pokoknya sebisa mungkin hindari deh untuk beli makanan dan minuman di konsesi bioskop. (*)

Gambar: Lifepal

Artikel Terkait
Interest
Tengah Bulan Kantong Tipis, tapi Pengen Nongkrong? Coba 6 Trik Hemat Berikut Ini

Lifestyle
Basboi dan Atta Mewakili Converse Indonesia di Paris TTC Talk

Lifestyle
3 Gerakan Workout Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah