Lifestyle

4 Efek Negatif Apabila Keseringan Makan Fried Chicken

Marvin Ciputra

Posted on November 27th 2022

Siapa sih yang tidak suka makan fried chicken, alias ayam goreng lezat yang ada di restoran-restoran cepat saji itu?

Ya rasanya hampir sebagian dari kita suka banget. Hal ini tentunya karena ayamnya yang sangat lembut dan tentunya terasa sangat lezat di lidah. Waduh jadi mendadak jadi kepingin gak sih setelah membaca artikel ini?

Remaja dan Efek Negatifnya
Nah, kalau yang MainMain perhatikan dalam beberapa tahun belakangan, rata-rata konsumen terbesar dari makanan enak ini adalah anak-anak dan rerkan remaja sesuia kalian. Bahkan sekali lagi, mungkin banyak dari kalian yang hobi banget makan fried chicken cepat saji ini.

Dan memang gak masalah sama sekali guys. Namun tahu gak sih? Bahwa dibalik kelezatan ayamnya itu, faktanya terdapat dampak negatif yang mengerikan dari kebiasaan makan fried chicken cepat saji ini. Apa saja efek negatifnya? Nih, langsung simak ya guys!

1. Kolesterol Akan Naik Drastis
Melansir Eat This, Not That! Ternyata apabila kita makan fried chicken cepat saji dalam jumlah berlebihan, hal ini akan membuat kolesterol tubuh akan naik drastis.

Ashley Kitchens, MPH, RD, LDN, menjelaskan bahwa umumnya, setiap makanan apapun yang digoreng (fried), kalorinya akan benar-benar padat. Hal ini karena air di sisi luar makanannya menjadi menipis. Alhasil, lemak atau minyaknya akan jauh lebih banyak terserap ke dalam makanannya.

Nah seluruh kandungan minyak yang terserap ke dalam makanan yang digoreng ini mengandung lemak trans (trans fat). Trans fat adalah jenis lemak yang bisa menaikkan kolesterol LDL atau kolesterol “jahat” di dalam tubuh kita. Dan tentunya seperti kita ketahui, apabila tubuh kita memiliki tingkat LDL yang sangat tinggi, maka kitapun berpotensi besar untuk terkena penyakit jantung.

2. Membuat Berat Badan Naik Terus
Kalau kamu yang hobi nonton film. Pastinya sering melihat adegan dimana karakter yang suka makan fried chicken lama-lama tubuhnya menjadi super tambun.

Atau kita juga sering mendengar dimana fried chicken menjadi salah satu menu WAJIB yang harus dimakan oleh aktornya ketika ia dituntut untuk memerankan sosok yang bertubuh tambun.

Dan kenyataannya, hubungan kuat antara fried chicken dengan penambahan berat badan yang cepat ini bukanlah sekedar mitos. Hal ini karena makanan yang digoreng (fried) mau itu ayam atau ikan, mengandung lebih banyak kalori. Seperti yang diungkapkan oleh Kitchens, makanan yang digoreng pada umumnya akan memberikan ekstra kalori hingga 200 kalori. 200 guys! Bahkan bisa lebih dari itu loh.

Nih sebagai contoh, Chicken Sandwich milik franchise restoran Popeyes yang mana, ayamnya termasuk fried chicken, memiliki kandungan kalori hingga 700 kalori. Sedangkan Chicken Sandwich milik franchise restoran Wendy’s yang mana metodenya dipanggang (grilled) jumlah kalorinya adalah sekitar 360 kalori. Hampir setengah loh perbandingannya!

3. Potensi Terkena Diabetes Tipe 2
Apabila mungkin kita sering melihat teman atau saudara yang masih sangat muda, sudah terkena diabetes apalagi yang tingkatt 2, maka coba kamu tanya ke dia: “Apakah kamu hobi atau sering makan fried chicken?”

Kalau jawabannya YA, maka jangan heran lagi guys. Diabetes tipe 2 yang diderita umumnya gara-gara gabungan berat badan berlebih gara-gara sering makan fried chicken. Nah berat badan berlebih ini otomatis meningkatkan kolesterol LDL dalam tubuhnya.

Kolesterol LDL yang tinggi inilah yang akhirnya menumbuhkan kans untuk terkena diabetes tipe 2-nya. Fakta ini juga terdukung oleh sebuah studi yang dilakukan di tahun 2014. Jadi berdasarkan studinya, terungkap kalau kita terlalu sering makan makanan yang digoreng seperti fried chicken, maka secara perlahan tapi pasti, kita sedang “mengembangkan” potensi diabetes tipe 2-nya.

4. Kematian
Ya terserah kamu mau percaya atau tidak. Namun seperti yang terlansir dari jurnal medis, BMJ, pada tahun 2019, dilakukan sebuah studi.

Dan dari hasil studinya tersebut, terungkap bahwa wanita yang setiap harinya, minimal makan 1 potong fried chicken, memiliki peluang 13% lebih tinggi untuk kehilangan nyawanya. Sedangkan peluang ini tidaklah terlihat bagi wanita yang gak pernah atau jarang banget makan fried chicken-nya. Walau studi ini meneliti wanita, namun kita-kita yang pria pun bisa terkena potensi yang serupa.

Jadi berdasarkan seluruh pembahaan ini, MainMain hanya mengingatkan saja. Boleh kok kalau kamu mau makan fried chicken yang enak banget itu. Tapi, ya jangan berlebihan banget. Paling tidak 1 bulan 2-3 kali saja. Itu saja sudah terlampau banyak. Apalagi kalau kamu modelnya adalah yang memesan 2 fried chicken sekaligus sekali makannya.

Ingat guys. Enaknya cuma sebentar di lidah, tapi dampak buruk jangka panjang yang ditinggalkan sangatlah mengerikan. (*)

Gambar: Eat This, Not That

Artikel Terkait
Lifestyle
Suka Nge-Snooze Alarm Pas Bunyi? Ada Kabar Buruk Nih

Lifestyle
Basboi dan Atta Mewakili Converse Indonesia di Paris TTC Talk

Lifestyle
3 Gerakan Workout Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah