Entertainment

10 Aktor yang Hampir Memerankan Superhero DC dan Marvel

Marvin Ciputra

Posted on November 27th 2022

Dengan karakteristik perannya yang sangat fun dan tentunya bayaran yang sangat menggiurkan, gak heran jika banyak aktor dan aktris Hollywood yang sangat tergiur melakukan audisi untuk peran superhero DC dan Marvel.

Hal ini ditambah lagi dengan keinginan mereka yang ingin mewujudkan fantasi masa kecilnya. Ya tentunya sama seperti kita, mereka-mereka juga pastinya ketika cilik kerap berkhayal untuk bisa memerankan Batman, Superman, atau Thor bukan?

Namun terkadang apa yang kita impikan sayangnya tidak bisa kita dapatkan. Dan hal inilah 10 aktor yang impiannya menjadi sosok pahlawan super gagal terealisasikan.

1. Pierce Brosnan (Batman)

Ya siapa sangka kalau si James Bond 90an ini, pernah hampir memerankan The Cape Crussader? Namun itulah fakta yang terungkap ketika Brosnan tampil dalam episode talkshow hit, The Tonight Show Starring Jimmy Fallon satu bulan yang lalu.

Spesifiknya, Brosnan di akhir 80an sempat audisi untuk peran film Batman (1989) yang disutradarai oleh Tim Burton (Edward Scissorhands). Namun seperti yang kita dengar sendiri melalui wawancaranya tersebut, pada akhirnya ia gagal untuk memerankan sosok Bruce Wayne-nya.

Alasannya adalah ia kala itu mengeluarkan pernyataan konyol yang seharusnya gak perlu ia katakan. Jadi Brosnan kala itu mengatakan,

“Entahlah Tim, aku gak paham kenapa seorang pria mengenakan celana dalamnya di luar celana panjanganya.” Wah coba kalau kala itu aktor kelahiran Irlandia ini gak mengeluarkan perkataan tersebut. Pastinya ia akan berhasil untuk mendapatkan perannya. Tapi ya pada akhirnya toh semuanya memang harus berjalan seperti demikian. Karena kalau tidak kita gak akan pernah mendapatkan Batman versi Michael Keaton (Beetlejuice) yang sangar itu.

Juga toh pada akhirnya Brosnan sukses juga memenuhi fantasi masa kecilnya untuk memerankan superhero. Hal ini terbukti dengan dirinya yang sukses terpilih dan memerankan Doctor Fate di Black Adam (2022).

2. Jason Momoa (Drax the Destroyer)

Sekarang ia bisa tertawa karena sudah menjadi superhero Atlantis DC. Namun jauh sebelum menjadi Arthur Curry aka Aquaman, ternyata Momoa sempat melakukan audisi untuk anggota Guardians of the Galaxy MCU, Drax the Destroyer.

Namun pada akhirnya, Momoa merasa gak sreg. Karena menurutnya ketika melakukan wawancara pada tahun 2014 silam. Karakter Drax dirasa terlalu mirip dengan karakter yang ia mainkan dulu. Spesifiknya, karakter alien bernama Ronon Dex yang ia perankan selama 4 tahun di seri Stargate Atlantis (2005-2009).

3. Sandra Bullock (Wonder Woman)

Nama sekaligus resume Sandra Bullock (Bird Box, The Unforgivable) rasanya gak usah kita ragukan lagi. Hampir semua peran dan genre film, ia mainkan dengan sangat baik.

Namun sayangnya dari dulu sampai sekarang, aktris yang kini sudah berusia 58 tahun ini belum pernah tampil dan memerankan karakter superhero DC atau Marvel. Akan tetapi walau belum pernah memainkannya, bukan berarti ia belum pernah dipertimbangkan.

Jadi seperti yang terlansir dari Collider. Pada tahun 1999, produser film Joel Silver (Die Hard, The Matrix) dan Warner Bros. hampir men-cast dirinya untuk memerankan Wonder Woman. Namun entah bagaimana, semuanya gagal. Tapi untungnya Bullock sendiri tidak terlalu memusingkannya.

4. Alexander Skarsgard (Thor)

Dari sisi wajah dan tampilannya, semestinya sosok pemeran Tarzan di The Legend of Tarzan (2016) ini, bisa mendapatkan peran si dewa petir asal Asgard ini.

Skarsgard kabarnya bahkan telah bertemu Presiden Marvel Studios, Kevin Feige dan mengenakan kostum lengkap Thor-nya. Namun ya pada akhirnya Feige dan tim merasa kalau Chris Hemsworth (The Cabin in the Woods) jauh lebih pas.

Nah ironisnya, malah sang ayahanda tercinta, Stellan Skarsgard (Andor) yang berhasil mendapatkan peran di keempat film Thor-nya sejauh ini. Ia seperti kita tahu adalah yang memerankan Dr. Erik Selvig.

5. Joe Manganiello (Superman)

Dengan reputasi legendaris baik komik maupun adaptasi-adaptasi film layar lebarnya. Maka gak heran jika banyak aktor yang berebutan untuk mengincar peran sebagai Superman.

Nah aktor berdarah Kroasia dan Armenia yang ngetop di dua film Magic Mike (2012, 2015), Joe Manganiello, juga menjadi salah satu yang mengincarnya. Ia bahkan mengaku pada tahun 2017, mengaku pernah melakukan pertemuan dan diskusi selama 90-menit dengan Zack Snyder (300). Dalam diskusinya, keduanya membicarakan banyak hal termasuk visi dari versi Superman terbaru yang akan diperankan oleh Manganiello di film Superman DC Universe, Man of Steel (2013).

Sayang sungguh disayang, suami dari aktris Sofia Vergara (Modern Family) ini kala itu masih terikat komitmen dengan peran Alcide Herveaux-nya di seri True Blood (2010-2014). Alhasil bentrok jadwal pun gak bisa ia hindari sama sekali. Namun untunglah pada tahun 2017 ia akhirnya melakukan debut DC Universe-nya di adegan post-credit film tim superhero DC, Justice League sebagai Slade Wilson alias Deathstroke.

6. John Krasinski (Captain America)

Saat ini rasanya sangat sulit jika tidak membayangkan sosok Captain America jika tidak mengasosiasikannya dengan sosok Chris Evans (Fantastic Four). Evans secara mengejutkan, sukses memerankan sosok pahlawan Amerika Serikat ini dengan sangat pas.

Akan tetapi faktanya, kita hampir saja tidak bisa membayangkan hal tersebut. Karena awalnya, adalah aktor/komedian John Krasinski (A Quiet Place) yang hampir memerankan Captain America-nya. Namun sayangnya Evans berhasil mengunggulinya.

Namun pada akhirnya ia bisa mewujudkan impiannnya setelah berhasil di-cast dan tampil sebagai Dr. Reed Richards alias Mr. Fantastic di film MCU yang rilis awal tahun 2022 ini, Doctor Strange and the Multiverse of Madness.

7. John Cena (Shazam)

Ternyata pegulat part-time WWE dan juga aktor berbakat John Cena, hampir saja memerankan Billy Batson alias Shazam.

Cena tentunya memerankan sosok Shazam-nya yang merupakan sosok superhero dewa yang memiliki kekuatan seperti Superman itu. Namun karena satu dan lain hal, akhirnya adalah aktor/komedian, Zachary Levi (Chuck, Thor: The Dark World) yang ditunjuk untuk memerankan sang superhero.

Tapi Cena untungnya masih dipertimbangkan oleh Warner Bros dan DC Universe. Alhasil, iapun kembali ke rana DC dengan memerankan Christopher Smith alias Peacemaker di film The Suicide Squad (2021). Nah karena perannya yang pas dan asyik banget, iapun lantas kembali memerankan Smith dalam seri spin-off karakternya, Peacemaker (2022).

8. Emily Blunt (Black Widow)

Seperti halnya dengan Krasinski, sang istri, Emily Blunt (Wind Chill), juga hampir memerankan sosok superhero MCU. Spesifiknya adalah Natasha Romanoff aka Black Widow. Bahkan, Blunt adalah pilihan pertama Feige cs untuk menjadi Black Widow-nya. Alias ia hampir saja tampil di debut film MCU Black Widow, Iron Man 2 (2010).

Namun pada tahun 2021, Blunt menjelaskan, bahwa kegagalannya untuk mendapatkan peran mata-mata super wanita tersebut gara-gara ia kala itu terikat kontrak yang sangat mengikat untuk memerankan Princess Mary di film komedi Gulliver’s Travels (2010). Pada akhirnya seperti kita ketahui peran Natasha dimainkan oleh Scarlett Johansson (Lucy, Ghost in the Shell).

9. Gugu Mbatha-Raw (Black Canary)

Salah satu aspek yang di-push banget oleh DC Universe dan Warner Bros untuk proyek film Birds of Prey (2020) adalah digantinya sosok karakter Dinah Lance alias Black Canary menjadi sosok non kulit-putih.

Sebagai pengingat saja di komik dan berbagai adaptasi seri live-action dan animasinya, sosok Lance adalah sosok kulit putih. Nah akibat agendanya tersebut, maka Warner Bros dan DC kala itu mulai mengaudisi banyak aktris non-kulit putihnya.

Nah salah satunya adalah Gugu Mbatha-Raw (A Wrinkle in Time). Namun pada akhirnya ia kalah saing dengan pemeran Dinah di filmnya, Jurnee Smollett (Gridiron Gang, True Blood). Walau demikian, toh Mbatha-Raw sukses di-cast untuk proyek seri MCU, Loki (2021-sekarang). Dalam serinya, ia memerankan Ravonna Lexus Renslayer.

10. Tom Cruise (Iron Man)

Ya sebelum akhirnya Robert Downey Jr. (Zodiac) yang melekat dengan sosok Tony Stark aka Iron Man, Adalah si aktor legendaris badass, Tom Cruise (Top Gun: Maverick) yang pertama kali dipertimbangkan.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh pemeran Ethan Hunt di franchise film action Mission: Impossible (1996-sekarang) ini di tahun 2018 lalu. Marvel Studios sendiri yang bahkan mendekatinya untuk memerankan Bruce Wayne-nya Marvel ini (dari sisi kekayaan dan yatim piatunya).

Namun sayang, Cruise menolaknya karena merasa kalau ia gak akan cocok jika memerankan sosok jenius, miliyader, playboy, dan dermawan Marvel ini. Dan keputusannya ini bisa dikatakan merupakan keputusan terbaik yang diambilnya.

Karena sebagai gantinya kita mendapatkan aktor yang 100% sukses menjelma menjadi karakternya. Nah tapi kalau masih ingat ketika hype Doctor Strange in the Multiverse of Madness sedang tinggi-tingginya awal bulan lalu, terdengar rumor kalau Cruise akan tampil sebagai Iron Man di dalam filmnya.

Ia kabarnya akan memerankan Iron Man versi Earth-838. Earth-838 bagi kamu yang lupa adalah bumi alternatif dimana Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) dan America Chavez (Xochitl Gomez) bertemu dengan tim superhero Illuminati.

Ada yang mengatakan kalau kabar tersebut rumor, tapi ada juga yang bilang memang sungguhan tapi sayangnya adegan yang menampilkan Cruise sebagai Iron-Man nya dipotong (deleted scene).

Ya mau versi mana yang kita yakini, namun toj kenyataannya kita tidak melihat sosoknya bukan? Tapi pada saat yang sama, dengan MCU yang kini sudah mengedepankan rana multiverse-nya, peluang kita untuk akhirnya melihat Cruise sebagai Iron Man, masihlah terbuka lebar. Hmm, mungkinkah ia nantinya akan tampil dalam Avengers: Secret Wars (2026)? Kita tunggu saja.(*)

Gambar: Berbagai sumber

Artikel Terkait
Entertainment
Pierce Brosnan Ikut Main ‘Black Adam’ Sebagai Superhero DC Dr. Fate

Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Entertainment
Todd Phillips Minta Fans Sabar Menunggu Teaser Lady Gaga Sebagai Harley Quinn