Lifestyle

5 Hal Yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Nonton Konser Atau Festival Musik

Marvin Ciputra

Posted on November 26th 2022

Terlepas secara pandemi Covid-19 belum 100 persen usai, namun seperti yang kita lihat saat ini, konser-konser atau festival-festival musik sudahlah dimulai kembali. Termasuk di Indonesia. We The Fest 2022 mungkin adalah salah satu contoh konkret di Indonesia. Sedangkan di luar negeri adalah When We Were Young Festival 2022.

Nah dikarenakan sudah 2 tahum lamanya tidak menonton konser atau festival musiknya, maka gak heran jika lantas event-event ini, sukses dipenuhi oleh banyak audiens.

Nah mungkin di sini ada atau memang banyak pembaca MainMain yang kemarin juga menjadi salah satu audiens konser atau festivalnya tersebut. Dan pastinya kalian masih akan lanjut untuk nonton konser-konser atau festival-festival musik selanjutnya.

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka ada baiknya dari sekarang kalian sudah mulai membiasakan diri lagi melakukan persiapan ini dan itunya dengan benar-benar matang (fully prepared). Sehingga kalian akan jauh lebih nyaman ketika sedang menyaksikan konser atau festivalnya.

Nah berikut adalah 5 hal  yang wajib kalian persiapkan sebelum nonton konser atau festival musiknya tersebut.

1. Pastikan Sudah Vaksin

Sebelum mempersiapkan hal-hal yang berbentuk materi atau pakaian, justru hal inilah yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu.

Karena seperti yang telah dijelaskan di awal paragraf, walau saat ini situasi pandemi COVID-19 sudah jauh lebih baik, namun sekali lagi tingkat kepulihannya belumlah 100 persen. Terlebih seperti kita ketahui, saat ini ada strain baru lagi yang muncul dari virusnya ini.

Sehingga gak heran jika pihak-pihak penyelenggara konser atau festivalnya sejauh ini masih memberikan syarat/mandat agar yang mau nonton, sudah divaksin terlebih dahulu. Jadi pastikan kalian sebelum membeli tiket atau sebelum hari H event-nya sudah divaksin dengan jenis vaksin terbarunya.

2. Pastikan Tiket Tidak Ketinggalan

Mungkin untuk poin ini terlihat sudah tidak kekinian. Pasalnya kebanyakan pembelian tiket saat ini, sudah dilakukan secara online. Dan tiketnya baru kita mabil di hari H dengan mendatangi lokasi penukaran tiketnya.

Tapi kalau kita perhatikan masih ada loh konser atau festival musik yang tiketnya kita ambil duluan sebelum hari H-nya. Biasanya kita mengambilnya setelah membelinya. Atau bisa juga nih, tiketnya sudah dibelikan oleh pasangan atau sahabat atau orang tua kita.

Ya mau siapapun itu, yang jelas apabila kita sudah mendapatkan tiketnya lebih duluan, maka pastikan untuk tidak ketinggalan apalagi HILANG. Pastikan tiket kalian langsung masukkan ke tempat penympanan yang biasa kalian letakkan.

3. Jadwal

Jadwal atau schedule disini maksudnya adalah persiapan terhadap seluruh waktu yang melibatkan keberangkatan dan juga kepulangan kita baik ke maupun dari konsernya.

CATAT semua jadwal kendaraan termasuk nomor-nomor jurusannya. Sehingga kita bisa tepat waktu untuk bangun dan melakukan beres-beresnya. Begitu juga untuk waktu pulangnya. Tentnya tips ini tidak berlaku bagi kalian yang membawa mobil sendiri.

Namun walau kalian membawa kendaraan sendiri. Tetap saja kalian harus tahu dan mencatat seluruh jadwalnya. Termasuk juga jadwal-jadwal manggung band/musisinya jika kalian nonton festival. Percaya deh guys. Kalau kalian melakukan proses scheduling ini, kalian akan enak banget dari sebelum hingga setelah selesai nonton konser atau festivalnya.

4. Uang dan Kuota

Wah kalau ini sih sepertinya gak usah kita omongin lagi ya. Tentunya kita harus membawa uang dan kuota/pulsa untuk berpergiannya. Mungkin yang disini MainMain ingin tekankan lebih ke jumlahnya. Jadi pastikan kalian gak pas-pasan atau bahkan kurang. Karena ya nantinya kalian akan kerepotan banget disana. Bawalah uang yang berlebih tapi SUDAH DIPERHITUNGKAN semuanya.

Sedangkan untuk kuota atau pulsa berlebih, hal ini tentunya lebih ke alasan komunikasi yang bersifat emergency. Boleh memang dipergunakan kuotanya untuk upload-upload real-time foto-foto selfie ketika konsernya. Tapi ya sebisa mungkin kuotanya digunakan untuk emergency atau untuk menghubungi transportasi yang ingin kita naiki ketika pulang dari konsernya nanti.

5. Minuman, Snack, Baju Ganti

Ya ketiga hak tersebutlah yang gak boleh kita lupakan banget. Memang, kita bisa sih membeli langsung minuman dan snack di salah satu stand makanan dan minuman di konser atau festivalnya.

Malahan bukan snack lagi guys. Kita bisa bisa beli langsug yang sifatnya makanan padat pengisi perut. Tapi kalian musti ingat nih. Kalau kalian melakukan itu, sebenarnya agak buang-buang uang gak sih walau katakanlah uangnya memang sudah direncanakan untuk kepentingan tersebut?

Pasalnya yang namanya harga makanan, snack, bahkan minuman di stand atau konsesi sebuah konser (apalagi festival) sangatlah “dahsyat” harganya. Ya ingat saja deh tragedi festival Woodstock ’99 itu. Nah oleh karenanya, ada baiknya kalian membawa bekal saja dari rumah atau kalau mau membeli, beli saja diferai restoran mall atau mini market. Lalu setelahnya ya pintar-pintar kalian untuk menyembunyikannya.

Karena seperti hal-nya bioskop, biasanya kita gak boleh bawa makanan dari luar di sebuah konser atau festival. Dan untuk baju ganti, bawalah yang seperlunya saja. 3 kaos ganti dan 1 pasang celana (jeans atau pendek) sudah lebih dari cukup. Oh ya, tapi jangan lupa bawa parfum/deodorant-nya ya! (*)

Gambar: The Times

Artikel Terkait
Entertainment
Industri Musik Kian Terpuruk, Musisi Inggris Minta Bantuan Pemerintah

Current Issues
Inggris Uji Coba Konser Musik Live dengan 5.000 Penonton Tanpa Masker

Entertainment
Gud Fest Umumkan Line Up Pertama, Lauv Akan Hadir di Indonesia