Sport

Pevi Permana Resmi Gantung Papan Skate

Louise Dewanggaa

Posted on November 24th 2022

Salah satu skateboarder kondang asal Indonesia, Pevi Permana memutuskan untuk pensiun dari dunia skateboard. Menggeluti dunia papan seluncur sejak tahun 1999 hingga 2022 beragam prestasi baik level lokal maupun internasional berhasil ia raih. Beberapa merek ternama pun tak sungkan untuk memintanya menjadi riders. Salah satunya adalah Vans Indonesia.

Kepastian pensiun didapat setelah dirinya mengunggah salah satu last round-nya dalam ajang Porprov Jabar 2022 (Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat) cabang olahraga skateboard. 

Pevi Permana biasanya berlaga pada sektor park. Prestasi terbaiknya adalah mempersembahkan medali Perunggu dalam kategori park pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Sumbangsihnya untuk mengharumkan negara begitu besar melalui papan seluncur. Pada 2007 dirinya juga berhasil menyabet juara 3 dalam Asian Indoor Games di Macau.

Suka dan duka dirinya di atas papan seluncur sudah jangan ditanyakan lagi. Pada 2009 ia pernah bermain di USA The Dew Tour bersama beberapa pro skater seperti Paul Rodriguez, Eric Koston, dan Tony Hawks. Pevi Permana juga ikut andil dalam perjuangan dunia skateboard Indonesia. Mengingat olahraga tersebut tidak begitu dilirik oleh masyarakat dan pemerintah.

Lewat prestasi-prestasinya adalah sebuah teguran untuk pemerintah Indonesia. Kini legasi yang ia tinggalkan begitu kentara. Selepas menyabet Perunggu dalam Asian Games 2018, dunia skateboard di Indonesia jauh lebih diperhatikan. Beberapa kota bahkan memberi wadah bagi para skaternya.

 Melalui unggahan pribadinya di Instagram, Pevi Permana menegaskan tetap bermain skate meskipun sudah pensiun. Kepastian ini secara tidak langsung membuat ia tetap membantu sekaligus berbagi ilmu kepada penerus-penerusnya demi kemajuan dunia skateboard di Indonesia. Happy Retirement Pev! Thanks Skateboarding.

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait
Sport
Raimu Sasaki Susul Sanggoe Join Tim Flip Skateboards

Sport
Leticia Bufoni Orang Pertama yang Melakukan Trik Feeble di Udara

Lifestyle
Warna Hits 90-an di Sneakers Kolaborasi Pop Trading Company x Converse