Korea

Jalani Wamil 13 Desember, Jin BTS Ingin ARMY Tak Datang ke Pusat Wajib Militer

Alda Alviani

Posted on November 24th 2022

Kim Seok Jin atau yang lebih dikenal Jin BTS sempat membuat gempar di kalangan para penggemarnya lantaran ia diberitakan akan mulai menjalani wajib militer pada 13 Desember mendatang.

Meski telah ramai diberitakan oleh berbagai media, Big Hit Music selaku agensi yang menaunginya memberikan respons yang cukup ambigu dengan mengatakan sulit untuk mengkonfirmasi berita terkait wajib militer Jin BTS.

Tidak mau berita terkait wajib militernya menjadi semakin keruh, Jin akhirnya turun tangan dengan memberikan klarifikasinya di platform Weverse.

Melansir dari Allkpop, Jin BTS menyiratkan bahwa kabar tersebut tadinya tidak ingin ia sebarluaskan. Ia pun berpesan kepada ARMY (sebutan penggemar BTS) untuk tidak datang ke pusat pelatihan karena takut suasana menjadi ramai dan membahayakan.

“Kabar yang tidak berniat untuk aku publikasikan telah tersebar, tapi ARMYku, kalian tidak harus datang ke pusat pelatihan. Akan ada banyak orang lain yang datang untuk mendaftar atau menemani orang yang mereka cintai saat mereka mendaftar, sehingga (itu) akan menjadi ramai (sekali) dan dapat menyebabkan situasi yang berpotensi berbahaya,” tutur Jin.

Sebelumnya, salah satu media Korea melaporkan bahwa Jin BTS dikabarkan akan mendaftar sebagai tentara aktif pada 13 Desember di pusat pelatihan rekrutmen yang berlokasi di Yeoncheon. 

Dalam waktu singkat, kabar ini pun bertengger dalam jajaran trending topics di Twitter pada Kamis, 24 November 2022. Kabar juga menandai Jin sebagai anggota BTS pertama yang melakukan wajib militer.

Sebelumnya, Jin pernah mengutarakan niatnya untuk mendaftar wajib militer setelah konser BTS di Busan pada pertengahan Oktober lalu. Namun, Jin akhirnya mengajukan permohonan pembatalan daftar wajib militer karena padatnya jadwal dan aktivitas solo yang ia lakukan saat itu.

Seperti yang diketahui, Jin baru merilis single solonya yang berjudul 'The Astronaut' dan berkesempatan untuk membawakan lagu tersebut bersama Coldplay di Buenos Aires pada akhir Oktober kemarin. 

Sama seperti anggota BTS yang lainnya, Jin juga mendapatkan rekomendasi dari Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata untuk menunda pendaftarannya sesuai dengan Undang-Undang Dinas Militer yang direvisi tahun 2020.

Oleh karena itu, meski Jin BTS sudah melewati batas usia syarat wajib militer di Korea Selatan, ia masih bisa menunda pendaftaran wajib militernya hingga akhir tahun ini. (*)

Sumber Foto: Instagram Jin BTS (@jin)

Artikel Terkait
Korea
Sudah Masuk Batas Akhir Usia Wamil, Masa Tugas Jin BTS Ditunda Tahun Depan

Korea
Suga, Jimin, V, dan Jungkook Siap Rilis Karya Solo pada 2023 Sebelum Wamil

Korea
BTS Umumkan Rencana Wajib Militer, Jin Bakal Jadi yang Pertama