Sport

Kosta Rika Babak Belur Ketemu Spanyol, Dihajar 7-0 di Piala Dunia 2022

Louise Dewanggaa

Posted on November 24th 2022

Salah satu wakil dari Amerika yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar harus keok dengan skor telak ketika bertemu raksasa Eropa. Tim tersebut adalah Kosta Rika yang dhajar habis oleh Spanyol dengan skor akhir 7-0.

Kosta Rika yang sudah merasakan tampil di ajang bergengsi empat tahunan sebanyak enam kali ini sejatinya masih menjadi tim semenjana di perhelatan tersebut. Namun sepak bola tidak diukur dari prestasi dan sejarah keikutsertaannya. Pada Piala Dunia 2014 Kosta Rika yang tergabung di grup D bersama Uruguay, Italia, dan Inggris justru secara mengejutkan berhasil duduk di puncak klasmen grup.

Grup ini pada edisi 2014 digadang-gadang menjadi grup neraka. Justru Kosta Rika yang berhasil keluar sebagai pemuncak klasmen. Keluarnya Kosta Rika sekaligus mengusir pulang dua raksasa Eropa, Italia dan Inggris.

Petualangan Kosta Rika dalam Piala Dunia 2022 Qatar sejatinya hampir pupus andai kata Keylor Navas dan kolega sudah menyerah di tengah jalan. Los Ticos (sebutan Kosta Rika) yang kalah dari Kanada pada November 2021 itu sudah menutup sebagian besar peluang mereka menjaga tradisi untuk lolos ke ajang bergengsi selama satu dekade terakhir.

Jalan mereka masih ada ketika harus melakoni laga hidup dan mati melawan selandia Baru. Hasilnya mereka tetap menjaga tradisi lolos ke Piala Dunia.

Tergabung pada grup neraka dengan Spanyol, Jerman, dan Jepang. Langkah Kosta Rika untuk mengulang prestasi 2014 pun begitu kecil. Benar saja, pada laga perdana menghadapi Spanyol, mereka babak belur oleh skuad asuhan Luis Enrique. Meskipun sudah unggul jauh, permainan Spanyol sangat enak untuk dinikmati.

Beberapa menyebutnya bahwa gaya bermain  khas Tiki-taka Spanyol hidup kembali pada skuad mereka sekarang. 537 umpan sukses adalah bukti nyata dominasi pasukan El Matador (sebutan Spanyol). Angka tersebut juga menjadikan Spanyol memecahkan rekor umpan tersukses pada babak pertama sejak Piala Dunia 1966.

Selanjutnya mereka akan menghadapi Jerman pada Senin 28 November mendatang. Dengan skuad yang terbilang baru, Spanyol semakin mantap untuk menatap Piala Dunia 2022 Qatar.(*)

Foto: Reuters

Artikel Terkait
Sport
Catatkan Sejarah, Cristiano Ronaldo Cetak Gol di 5 Piala Dunia yang Berbeda

Sport
Lika Liku Enner Valencia Penyerang Ulung Timnas Ekuador

Sport
Breel Embolo, Pemuda Swiss Berdarah Kamerun, Jadi Mimpi Buruk Timnas Kamerun