Sport

Duo Jepang di Bundesliga Bungkam Jerman di Piala Dunia Qatar 2022

Louise Dewanggaa

Posted on November 23rd 2022

Piala Dunia 2022 Qatar membawa beragam kejutan. Terlepas dari kejutan-kejutan sebelum laga minggu pertama dimulai. Beberapa sejarah dan rekor pun tersaji di Piala Dunia 2022. Mulai dari Qatar menjadi tuan rumah pertama yang gagal menang pada gim perdana, Arab Saudi yang secara mengejutkan berhasil menang atas Argentina. Hingga Olivier Giroud menyamai pencapaian Thiery Henry dalam urusan mencetak gol untuk skuad Les Blues.

Terbaru adalah Jerman, pemilik empat gelar Piala Dunia harus takluk ditangan Samurai Biru, Jepang. Pertemuan keduanya adalah untuk pertama kalinya dalam ajang Piala Dunia. Di atas kertas Jerman memang unggul segalanya dari Jepang. Mulai dari urusan materi pemain, total nilai skuad pemain, hingga capaian prestasi di ajang Piala Dunia. Sayang, sepak bola tidak hanya diukur melalui kertas laporan data saja. Semangat dan faktor keberuntungan terkadang menjadi bumbu menarik dalam sepak bola.

Jepang sebenarnya sudah unggul sejak menit awal. Namun,sontekan Daizen Maeda dianulir karena offside. Jerman sejatinya berhasil menutup paruh waktu lewat tendangan titik putih Ilkay Gundogan. Keunggulan itu berselang cukup lama selepas turun minum.

Hingga pada menit ke 75, bola muntah tepisan Manuel Neuer menghampiri kaki Ritsu Doan pemain yang berangkat dari bangku cadangan. Sontekannya berhasil membuat Manuel Neuer memungut bola dari sarangnya.

Tidak berselang lama, 8 menit setelah gol penyama kedudukan. Skuad Jepang melalui umpan lambung K. Itakura yang langsung mengarah ke sepertiga area pertahanan Jerman berhasil dimanfaatkan dengan apik oleh Takuma Asano. Untuk kedua kalinya Manuel Neuer memungut bola dari jala gawangnya sendiri. Hasil negatif Jerman ini sejatinya tidak begitu mengejutkan. Pada Piala Dunia 2018 mereka juga takluk dari wakil Asia, Korea Selatan.

Dua aktor protagonis dalam skuad Jepang ternyata memulai laga lewat bangku cadangan. Keduanya bahkan musim ini berseragam tim Bundesliga (Liga tertinggi di Jerman). Ritsu Doan saat ini berseragam SC Freiburg. Sedangkan Takuma Asano ada di tim VFL Bochum. Nama Takumi Asano mungkin tidak asing bagi telinga penggemar klub asal London, Arsenal. Arsene Wenger sempat terpikat olehnya.

Pada 2016 Arsenal membeli Takuma Asano dari Sanfrecce Hiroshima. Kepastian tersebut menjadi rekrutan kedua Arsenal kala itu setelah Granit Xhaka. Sayang cita-citanya untuk berseragam Arsenal tidak bisa terwujud. Dia kerap kali dipinjamkan ke beberapa klub. Di balik cerita peminjamannya ternyata ada masalah mengenai izin kerja di Inggris yang mengharuskan dirinya meninggalkan kota London.

Enam tahun berselang, Takuma Asano membuktikan kelayakan dirinya untuk tampil di Piala Dunia. Bersama Jepang dirinya sukses tidak hanya urun dalam masalah gol tetapi juga membawa timnas Jepang meraih kemenangan perdana Piala Dunia 2022.

Takuma Asano bukan hanya membuat pendukung timnas Jepang full senyum selepas laga, Arsene Wenger pun dirasa demikian. Untuk kesekian kalinya Piala Dunia Qatar 2022 beri kejutan!(*)

Foto: The New York Times

Artikel Terkait
Sport
Tradisi Bersih-Bersih Ruang Ganti ala Timnas Jepang

Sport
Kritik Manga Jepang Terhadap Krisis Penyerang di Timnas Jepang

Sport
Piala Dunia dan Kutukan Juara Bertahan