Interest

Inilah 10 Perguruan Tinggi Tebaik di Indonesia Versi Quacquarelli Symonds

Marvin Ciputra

Posted on November 23rd 2022

Seperti kita ketahui, saat ini sudah bejibun jumlahnya perguruan-perguruan tinggi di Indonesia (PTN maupun PTS). Dengan fakta tersebut, maka kian banyak pilihan bagi kamu-kamu, yang pada pertengahan tahun 2023 mendatang, akan menyelesaikan SMA-nya.

Mulai dari yang berstatus negeri, swasta, atau bahkan internasional, tinggal dipilih-pilih guys. Lebih jauhnya 1 jurusan yang kamu inginkan, sudah tersedia banyak alternatif institusinya.

Contoh, apabila kita ingin kuliah jurusan Komunikasi, maka kamu bisa ke Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran, Universitas Gajah Mada, UIN Jakarta, Telkom University, STIKOM The London School of Public Relations (LSPR), dan sebagainya.

Manakah Yang Harus Saya Pilih?

Nah tapi dibalik sisi positif yang telah disebutkan, faktanya juga ada sisi gak enaknya. Spesifiknya, justru dengan banyaknya pilihan/altenatif ini, kitapun menjadi puyeng sendiri. Analoginya bagaikan di toko game dengan banyak pilihan game yang ingin kita beli.

“Perguruan tinggi manakah yang cocok dan harus saya pilih?” Dan sekali lagi, dilema seperti ini memang gak enak banget tapi pada saat yang sama, masih sangat wajar. Atau sifatnya masih fun.

Nah untuk mengurangi dilemanya tersebut. Untunglah baru-baru ini, Ditjen Diktiristek melalui akun Instagram resminya, @ditjen.dikti, mengunggah foto daftar 10 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik versi Quacquarelli Symonds Asia University Rankings 2023  (QS AUR 2023).

Universitas Indonesia Masih Yang Teratas

Ya seperti yang kamu lihat melalui unggahan fotonya tersebut, Universitas Indonesia masih menempati posisi tertinggi. Sedangkan pas posisi kedua dan ketiga, masing-masing ditempati oleh Universitas Gajah Mada dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sedangkan posisi terakhir adalah Bina Nusantara (BINUS). Dan ketika melihat detail ini, maka jelaslah kalau UI masih menjadi yang terbaik di Indonesia. Bahkan lebih jauhnya seperti yang kita lihat di foto tersebut, universitas negeri yang super legend ini adalah yang paling terbaik di Asia.

Sehingga dengan kata lainnya juga. Masih banyak siswa dan siswi di Indonesia ini yang lebih tertarik atau ingin banget kuliah di UI. Dan dengan reputasinya yang sudah melegenda, rasanya memang wajar jika UI selalu menjadi gol pendidikan tertinggi siswa dan siswi di Indonesia.

Cara Ranking Peringkatnya

Nah ketika melihat detail foto peringkatnya ini, kitapun menjadi penasaran bagaimana sih cara QS AUR 2023 melakukan perankingannya?

Jadi seperti yang juga dijelaskan di dalam fotonya. Dalam melakukan pe-rankingannya, QS AUR 2023 menggunakan beberapa indikator kinerja yang terdiri dari:

Reputasi Akademik, Reputasi Employer, Jejaring Riset Internasional, Rasio Fakultas atau Mahasiswa, Sitasi per Karya Ilmiah, Staf dengan Gelar Ph.D, Proprsi Mahasiswa Internasional, Proporsi Fakultas Internasional, dan Pertukaran Mahasiswa yang Dikirm dan Diterima.

Dengan seluruh indicator tersebut, QS AUR 2023 pun lantas menilai dan akhirnya menentukan peringkat dari ke-10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia tersebut.

Pilihlah Yang Sesuai Impian

Tak memungkiri sekali lagi kalau daftar 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi QS AUR 2023 ini memang bisa banget membantu kita untuk nantinya memutuskan semuanya.

Walau demikian, layakanya seperti sebuah daftar (list) apapun, hal ini sifatnya untuk rekomendasi saja. Alias hanya menjadi acuan tapi jangan jadi patokan banget. Karena pada akhirnya yang memilih universitas mana yang ingin kita masuki, adalah kita sendiri.

Jadi kalau memang impian kita mau kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang tidak masuk dalam daftarnya, ya masuk saja guys. Toh bagis di ranking sebuah daftar, belum tentu bagus di mata kita bukan? Oke deh guys. Semoga pembahasan ini bisa memberikan inspirasi ke kalian semua. Semangat dan sukses terus ke depannya! (*)

Gambar: Universitas Indonesia

Artikel Terkait
Interest
Ini Loh Daftar 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Interest
Intip Rahasia Siswa MAN IC Serpong Diterima di 5 Universitas Ternama Dunia

Interest
Gunakan Teknologi SPAH, Sekolah Ilmu Lingkungan UI Ubah Air Hujan Jadi Air Minum