Entertainment

Quentin Trantino: Tren Marvel Turunkan Kualitas Seorang Aktor

Marvin Ciputra

Posted on November 23rd 2022

Tiga hari yang lalu MainMain mengunggah artikel mengenai pernyataan kontroversial Quentin Tarantino. Yang mana sutradara Pulp Fiction (1994) dan Once Upon a Time in Hollywood (2019) ini mengatakan kalau film-film era sekarang kualitasnya gak bagus atau buruk.

Pernyataan tersebut tak ayal membuat banyak orang menjadi kesal. Nah baru saja lewat 3 hari, kini mulut sutradara 59 tahun ini kembali berulah. Wah apalagi nih yang kini om Tarantino katakan?

Marvel Menurunkan Kualitas Aktornya

Jadi melalui penampilannya baru-baru ini di siaran podcast milik Tom Segura yang bernama 2 Bears, 1 Cave, Tarantino mengatakan kalau tren sekaligus kepopuleran film-film Marvel (MCU), “sukses” menurunkan kualiats dan nilai jual dari aktor-aktornya.

“Salah satu dampak dari Marvelisasi di Hollywood adalah dengan munculnya aktor-aktor top yang memerankan karakter-karakter Marvel-nya. Tapi ironisnya, yang justru menjadi bintangnya adalah (contohnya) Captain America atau Thor.”

Ia lalu menambahkan, “Rasanya saya bukanlah orang pertama yang mengatakan hal tersebut. Setahu saya sudah banyak juga yang mengatakan hal yang serupa.

Tarantino Benci Marvel?

Nah ketika melihat pernyataan kontroversialnya ini. Wajarlah jika kemudian banyak dari kita yang menjadi bertanya. “Apakah seorang Quentin Tarantino adalah haters Marvel?” Masih melansir dari sumber yang sama, Tarantino tetap bersikukuh mengatakan kalau ia gak benci dengan film-film superhero seperti yang Marvel (MCU) produksi. 

“Saya gak benci film-film superhero yang ada saat ini. Namun yang menjadi masalah bagi saya adalah Hollywood yang seakan terus-terusan memproduksi genre ini. Alhasil kini, sudah mulai sedikit jumlah film dari genre atau tema lainnya” ucap Tarantino.

Bukan kali ini saja Tarantino menyatakan kemalasannya dengan MCU. Kalau kamu masih ingat, awal bulan November ini, ia memberikan pernyataan kalau ia gak mau sama sekali untuk menyutradarai film superhero manapun termasuk, MCU.

Pernyataan Yang 50-50

Nah melihat pernyataan Tarantino tersebut. Lantas kitapun mendadak kritis. Maksudnya, kalau kita perhatikan dan cermati lagi. Pernyataan kontroversial Tarantino ini sebenarnya gak salah juga tapi gak bener juga.

Jadi begini maksudnya guys. Benar banget kalau aktor-aktor yang memerankan karakter superhero MCU-nya, jauh lebih minim pamornya daripada karakter pahlawan super yang ia perankan.

Maksud dan contoh kasusnya seperti ini. Contoh Chris Hemsworth yang memerankan Thor. Nah semenjak terpilih dan memerankan Thor, rata-rata dari kita yang menontonnya akan lebih mengomentari karakter Thor-nya.

Atau ketika melihat Hemsworth di film lain, rata-rata dari kita memang akan lebih menyerukan, “eh yang main si Thor ya?” Dan bukannya, “eh yang main Chris Hemsworth ya?” Ya emang banyak juga yang menyerukan seruan yang kedua. Tapi kalau kita perhatikan lagi, adalah seruan yang pertama yang sering banget kita dengar.

Dan hal ini gak salah juga. Karena kalau kita perhatikan dari dulu aktor yang memerankan karakter superhero ikonik akan selalu seperti demikian kasusnya. TERKECUALI beberapa seperti contohnya, Robert Downey Jr (Chaplin) sebagai Tony Stark alias Iron Man.

Menaikkan Pamor dan Nilai Aktornya

Tapi pada saat yang sama, disinilah Tarantino keliru. Justru kalau menurut MainMain, dengan aktor-aktor besar dan topnya ini memerankan atau tampil dalam film superhero seperti MCU, pamor dan nilai mereka malah jadi naik lagi.

Contoh gampangnya adalah pemeran Dr. Hank Pym dan istrinya Janet Van Dyne di trilogi film Ant-Man, Michael Douglas dan Michelle Pfeiffer.

Jauh sebelum ditunjuk untuk gabung ke MCU, popularitas keduanya di akhir dekade 2000an dan awal 2010an sudah biasa-biasa banget. Hanya fans, pekerja media film, dan beberapa yang lain saja yang menganggap keduanya masih populer.

Sedangkan untuk mereka yang awam (general), mereka sudah gak begitu kenal atau menganggap popularitas mereka sudah tidak setinggi seperti dulu. Nah kini dengan keduanya gabung dengan MCU, otomatis sosok mereka pun kembali populer. Alhasil dengan kepopulerannya, maka nilai (stok) mereka pun menjadi tinggi lagi. Nah, bagaimana nih tanggapan kalian akan hal ini? (*)

Gambar:JoBlo

Artikel Terkait
Hobi
Marvel Kenalkan Karakter Somnus, Penjahat atau Pahlawan?

Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Entertainment
Spider-Man 3 akan Munculkan Aktor-aktor dari Film Sebelumnya