Sport

Serba Serbi Kemenangan Arab Saudi atas Argentina

Louise Dewanggaa

Posted on November 23rd 2022

Laga Argentina kontra Arab Saudi pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar menjadi laga yang menggemparkan dunia sepak bola. Pasalnya, Argentina yang digadang-gadang sebagai calon juara edisi kali ini harus mengakui keunggulan Arab Saudi dengan skor akhir 2-1.

Gol semata wayang Argentina dicetak oleh bintang mereka, Lionel Messi melalui titik putih. Sejatinya Argentina memiliki banyak peluang yang bisa dikonversikan menjadi gol. Sayang, skuad asuhan Lionel Scaloni kerap kali terjebak posisi offside.

Keunggulan Argentina hanya berlangsung pada babak pertama saja. Setelah turun minum, Arab Saudi mampu menyamakan kedudukan melalui kaki Saleh Al-Shehri. Tak berselang lama melalui sontekan Salem Al-Dawsari ke sisi kiri gawang Argentina. Gol itu membuat Emiliano Martinez harus memungut bola untuk kedua kalinya.

Strategi bertahan yang diterapkan oleh Herve Renard begitu moncer. Melalui tangan dinginnya ia sukses membuat Messi menjadi pendeta yang kehilangan Jemaat-Nya, Prestasi H. Renard sejatinya bukan kaleng-kaleng, Doi berhasil membawa Zambia menjadi kampiun Piala Afrika pada 2012 setelah berhasil mengalahkan Pantai Gading yang diisi pemain-pemain kelas atas liga Eropa seperti Adebayor dan Yaya Toure.

Tidak selesai sampai situ, H. Renard juga berhasil mengantarkan Maroko menjadi kampiun Piala Afrika tahun 2018 sekaligus mengantarkan Maroko ke Piala Dunia 2018 di Russia. Kali ini H. Renard harus memperbarui portofolionya, pasalnya kemenangan Arab Saudi atas Argentina tentu tak terlepas dari campur tangan pelatih asal Prancis tersebut.

Berkat kemenangannya, Raja Salman mendeklaraasikan satu hari setelah laga berlangsung (Rabu 23 November) sebagai hari libur nasional untuk memperingati kemenangan Arab Saudi atas tim tangguh, Argentina. Bukan tanpa sebab, Arab Saudi adalah salah dua kontestan yang memiliki ranking FIFA rendah setelah Ghana. Selanjutnya langkah Arab Saudi masih terbilang berat.

Arab Saudi akan bertemu dengan Polandia pada Sabtu 26 November, dan pada laga terakhir fase grup The Falcons akan menghadapi Meksiko dengan Ochoa mode Piala Dunia pada Kamis 1 Desember mendatang.

Menarik untuk ditunggu kejutan seperti apa yang akan dibawa skuad asuhan H. Renard dan langkah tak terduga apalagi yang dilakukan kerajaan Arab Saudi dalam menyikapi timnasnya yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar.(*)

Artikel Terkait
Sport
Pemain Arab Saudi Bantah Dapat Hadiah Mobil Rolls Royce dari Raja Salman

Sport
Tuah Kroasia Dalam Urusan Adu Penalti

Sport
Ada Aura Indonesia Dalam Perayaan Timnas Maroko