Sport

Timnas Wales dan Tradisi Foto Tim yang Nyeleneh

Louise Dewanggaa

Posted on November 22nd 2022

Bukan timnas Wales kalau sesi foto sebelum gim mereka tidak nyeleneh. Bagi sebagian penggemar sepak bola, momen sesi foto Wales pastinya ditunggu karena formasi seperti apa yang hendak mereka gunakan untuk foto sebelum laga. Setiap pertandingan, gayanya pasti beda-beda. 

Dalam penampilan perdananya di Piala Dunia 2022 Qatar, Wales yang bertemu Amerika Serikat ternyata melanjutkan tradisi foto unik ini. Sejatinya tradisi foto bersama mereka sudah ada sejak turun temurun dan dari kapten lama ke kapten yang baru.

Alih-alih membenarkan rekan-rekannya untuk berfoto rapi layaknya timnas lain, kapten Wales pun membiarkan hal tersebut.Usut punya usut kebiasaan unik tersebut makin kesini bukanlah sebuah kesalahan.

Awal dari kebiasaan ini adalah ketika pada 2002, timnas Wales yang hendak berhadapan dengan Italia harus berfoto bersama. Namun kapten Wales saat itu, yakni  mendiang Gary Speed gagal mengatur rekan-rekannya untuk berfoto dengan baik dan rapi seperti kebanyakan tim. Hasilnya sesi foto tersebut berakhir dengan formasi yang aneh. Formasi 'normal' adalah tujuh pemain di barisan depan dan hanya tiga di belakang.

Momen tersebut mencatat sejarah baru bagi sepak bola Wales. Yakni tradisi foto yang nyeleneh serta kebangkitan sepak bola Wales. Sebab, saat itu mereka berhasil mengalahkan Italia yang dipenuhi pemain-pemain top seperti Andrea Pirlo dan Gianluigi Buffon. Wales menang dengan skor akhir 2-1.

Kapten timnas Wales sekarang, Gareth Bale, menyangkal kebiasaan formasi nyeleneh saat berfoto. Namun dia mengatakannya sembari tersenyum penuh misteri. 

Gelandang Wales Joe Ledley pernah mengungkapkan bahwa ada pertemuan khusus hanya untuk membahas mengenai foto tim nanti menjelang laga. 

Tradisi foto yang unik menjadi titik balik persepakbolaan Wales seolah ingin terus dijaga oleh para pemain Wales hingga sekarang. Menarik untuk ditunggu formasi foto tim seperti apalagi yang akan dilakukan timnas Wales di pertandingan selanjutnya. 

 

Masih ada tiga laga lagi di fase grup Piala Dunia 2022 Qatar yang harus dilakoni Wales. Ini adalah Piala Dunia kedua mereka setelah yang pertama terjadi pada edisi Piala Dunia 1958 di Swedia.(*)

Foto: theguardian, walesonline

Artikel Terkait
Sport
Ada Aura Indonesia Dalam Perayaan Timnas Maroko

Sport
Tuah Kroasia Dalam Urusan Adu Penalti

Sport
Serba Serbi Kemenangan Arab Saudi atas Argentina