Sport

10 Jersei Timnas Piala Dunia yang Wajib Dikoleksi, Korea Colorfull Banget

Louise Dewangga

Posted on November 21st 2022

Hajat besar empat tahunan sepak bola yaitu Piala Dunia sudah digulir. Edisi kali ini Qatar menjadi tuan rumah. Laga pembuka yang mempertemukan tuan rumah melawan Ekuador juga sudah terdapat hasil akhirnya.

Ditunjuknya Qatar sebagai tuan rumah memang menuai beragam polemik. Mulai dari rumor pekerja kontruksi yang meninggal, upah yang murah, kesiapan negara itu sendiri, hingga yang paling terbaru memecahkan rekor sebagai tuan rumah yang gagal meraih kemenangan perdana di ajang Piala Dunia.

Terlepas dari beragam masalah yang muncul, ajang Piala Dunia selalu dinanti oleh banyak orang. Mulai dari negara jagoan mereka, pemain andalan, hingga hal-hal lainnya. Beberapa merek ternama pun meluncurkan produk khusus untuk Piala Dunia, seperti yang diketahui pada Piala Dunia 2010 silam, Puma merilis sepatu yang sangat diingat dengan selang-seling warna biru dan merah muda.

Jersei-jersei negara kontestan juga tidak luput dari sorotan. Seperti Denmark yang akan mengenakan jersei serba hitam seperti yang mereka gaungkan sebelum Piala Dunia. Tidak selesai sampai situ, beberapa jersei negara kontestan kali ini bisa jadi bakal diburu ketika 5-10 tahun mendatang. Mengingat para pemainnya yang ikonik akan melakoni Piala Dunia terakhir atau hanya karena sekedar apik dan memiliki nilai jual tinggi untuk dikoleksi.

Terlepas dari itu semua jersey-jersei para kontestan di Piala Dunia tentunya memiliki sejarah dan cerita menarik pada setiap aksennya. Mari kita mulai inilah 10 jersei Tim Kontestan Piala Dunia yang wajib ada di gantungan lemari.

1. Belgia Away (Adidas)

Negara Belgia pada satu decade kebelakang selalu menjadi bahan perbincangan publik baik dalam hajatan Piala Dunia maupun Euro. Pasalnya skuad mereka bisa dibilang begitu merata, tak salah beberapa orang melabelinya dengan generasi emas. Kali ini jersei away mereka layak untuk mendapat sorotan. Dengan warna dominan putih bersih, jersei tandang Belgia seolah ingin menyebarkan cinta yang tertanam di jersei tandang mereka. Jersei tandang ini juga menjadi jersei pertama dalam sejarah Piala Dunia yang dibuat dalam kemitraan dengan sebuah festival musik, Tomorrowland. Dengan aksen yang terinspirasi dari kembang api Tomorrowland, makna dari jersei mewakili nilai-nilai keragaman, kesetaraan, dan inklusivitas yang diperjuangkan oleh federasi dan festival.

2. Brasil Away (Nike)

Berbicara mengenai Brasil tentu yang ada pada bayangan kita adalah permainan indah dan dinamis sesuai dengan gaya “Ginga” sepak bola Brasil. Kesempatan kali ini jersei tandang mereka seolah ingin mengenalkan “Ginga” yang didapat. Dengan warna dasar biru lalu dengan cetakan jaguar hijau, mereka ingin seolah menunjukkan keindahan alam Brasil dan kekuatan buas Neymar dan koleganya.

3. Kroasia Away (Nike)

Kroasia adalah salah satu negara yang diberkati dengan desain jersei mereka yang begitu unik memakai modal papan catur. Pada edisi Piala Dunia 2022 Nike justru melakukan inovasi dalam jersei tandang Kroasia. Apa yang dilakukan Nike benar-benar keren.

4. Denmark (Hummel)

Sepak bola memang tidak lepas dari intrik dan pesan maksud yang selalu ada pada setiap tim. Sama halnya dengan Piala Dunia yang sudah melampaui statusnya sebagai acara olahraga semata dan menjadi wadah bagi banyak kalangan untuk menyuarakan perjuangan social yang terkait dengan olahraga.

Hummel dengan Denmark patut untuk mendapat porsi lebih dengan desain serba merah, hitam,putih. Pernyataan Hummel sendiri juga begitu mendalam ketika jersei Denmark dirilis. “Kami tidak ingin terlihat selama turnamen yang telah menelan biaya ribuan orang. Kami mendukung tim nasional Denmark sepenuhnya, tetapi itu tidak sama dengan mendukung Qatar sebagai tuan rumah.” Kritik ini jelas tertuju langsung kepada FIFA dan PSSI-nya Qatar karena kondisi tenaga kerja saat stadion sedang dibangun. Secara estetika, jersei Denmark memang sederhana.

5. Inggris Away (Nike)

Inggris adalah salah satu negara yang memiliki jersei apik tiap tahunnya. Pada Piala Dunia kali ini jersei tandang tim tiga singa seolah menandakan perpaduan antara yang lama dan yang baru. Terinspirasi dari energi skuad muda yang ada di tim tiga singa, jersei ini sekilas mengingatkan pada edisi Piala Dunia 1998 yang ketika itu dipakai oleh David Beckham, Alan Shearer, dan Paul Scholes.

6. Prancis  Away (Nike)

Yap, Prancis. Negara yang identik dengan fashion sayang untuk tidak dimasukkan kedalam salah satu list jersei yang layak untuk dikoleksi. Prestasi mereka dalam dunia sepak bola juga bukan sembarangan. Jersei tandang mereka musim ini begitu menarik perhatian. Sekilas mungkin hanya berwarna putih polos saja. Namun, jika dilihat dari dekat, pola Toile de Jouy tradisional mulai muncul dimana pemandangan dari revolusi Prancis dan landmark nasional seperti Arc de Triomphe juga ada.

7. Jepang  Home (Adidas)

Jepang menjadi salah satu bahan perbincangan pada dunia perkainan jersei negara-negara kontestan Piala Dunia kali ini. Setelah pada olimpiade 2020 kemarin mereka mencoba mempersembahkan jersei yang begitu apik. Pada Piala Dunia kali ini jersei mereka juga patut untuk berada dilist. Bersama dengan Adidas, mereka seolah mengirim sebuah makna dari motif jersei yang terpajang. Terinspirasi dari seni melipat kertas origami dan juga termasuk dalam rangkaian upacara penutupan Piala Dunia 2002 terpampang begitu apik di jersei kandang mereka musim ini.

8. Meksiko Away (Adidas)

Meksiko dengan adidas selalu memberikan pesona yang tidak ada tandingannya. Pada edisi Piala Dunia kali ini, jersei away Meksiko seolah menegaskan ingin menunjukkan warisan dari budaya Aztec yang membanggakan. Jersei yang terinspirasi dari seni Mixtec dan dewa Aztec, serta tubuh ular yang terpampang mencolok di bagian tengah membuat jersei ini sayang jika tidak menghiasi lemari kalian.

9. Portugal Home (Nike)

Jersei Portugal masuk kedalam list karena tampilan mereka pada gelaran Piala Dunia kali ini begitu “nyeleneh”. Dengan desain merah-hijau diagonal menjadi sebuah keberanian dari Nike untuk mengeluarkan terobosan baru dan keluar dari zona nyaman merekka. Perubahan seringkali merupakan hal yang baik, apa yang dilakukan Nike pada jersei Portugal adalah salah satu contoh hal baik dari perubahan.

10. Korea Selatan Away (Nike)

Nama Korea Selatan seolah masuk dalam salah satu list jersei yang patut dikoleksi dalam gelaran Piala Dunia kali ini. Jersei tandang mereka dengan motif garis-garis yang multi warna mengingatkan pada seni abstrak dan kembang api. Colorfull bangt.

Tidak selesai sampai situ saja. Ternyata jersei tandang Korea Selatan memiliki makna yang lebih dalam. Garis-garis biru dan merah adalah sebuah representasi memberi hormat kepada Taeguk, simbol di tengah bendera Korea yang melambangkan keseimbangan antara bumi (merah) dan sungai (biru).(*)

Foto: Hypebeast

Artikel Terkait
Sport
Kejutan di Piala Dunia 2022 itu Bernama Maroko

Sport
Memaknai Lagu Dreamers Jungkook ala Penggawa Timnas Korsel

Sport
Tuah Kroasia Dalam Urusan Adu Penalti