Lifestyle

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Manajemen Diri biar Hidup Lebih Teratur

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 20th 2022

Lagi merasa hidup lagi falling apart alias kacau luluh lantak berantakan? Well, kamu gak sendirian. Ada banyak banget faktor yang menyebabkan hidup terasa susah di-handle, salah satunya adalah kemampuan manajemen diri. Nah, simak tips berikut buat meningkatkan kemampuan self-management, seperti yang dilansir Psychology Today.

Mulai rapi-rapi

Percaya atau enggak, kamar atau tempat kerja yang sudah seperti kapal pecah akan memengaruhi kondisi mental kita. Bayangkan kalau perlu cari pensil, tapi pusing duluan karena di meja kita terlalu banyak barang. Akhirnya kita stres dan kesal dengan diri sendiri. Makanya penting banget buat rutin merapikan tempat kita beraktivitas.

Motivasi diri

Ada kalanya kita jadi gak bertenaga buat melakukan sesuatu. Di sini kemampuan motivasi diri jadi penting banget. Kalau kamu sulit memulai sesuatu, coba ingat-ingat perasaan apa yang bakal kita rasakan kalau kita mampu menyelesaikan hal tersebut. Tawarkan juga pada diri sendiri reward simpel, entah itu makan donat atau bisa menyaksikan serial yang kamu ingin tonton.

Baca juga: 5 Tips Menghargai Emosi Tanpa Merasa Kewalahan, Biar Hidup Makin Tenang

Atur waktu

Jelas ini penting banget biar kita tetap waras. Kamu bisa pakai buku agenda atau catat di aplikasi seperti Google Calendar agar kamu tahu apa yang harus dilakukan dari waktu ke waktu. Ini juga mencegah kamu mengambil tanggung jawab yang bertabrakan dengan agenda yang sudah dijadwalkan.

Ambil waktu me time

Terkesan sepele, tapi me time penting banget buat menjaga kewarasan. Tubuh kita gak mampu terus dipaksa bekerja, makanya perlu rehat. Kamu bisa rehat dengan kegiatan yang kamu sukai atau sekadar menyempatkan rehat di tengah-tengah agenda. Misalnya pesan makanan favorit pas harus rapat, menonton film pas lagi di perjalanan ke sekolah, dan banyak lagi. Jadwalkan juga me time yang benar-benar steril dari kesibukan ya~

Baca juga: 5 Cara Mengekspresikan Emosi saat Bingung dengan Perasaan Sendiri

Membicarakan soal emosi

Memang segala sesuatu dengan emosi itu tricky, tapi hal paling dasar yang bisa kita lakukan adalah menyadari dan membicarakan emosi yang sedang kita rasakan. Ini akan membantu kita merasakan emosi dengan sehat karena kita tidak menekan emosi tersebut, tapi menghargainya. Pas kamu lagi merasakan emosi negatif, kamu bisa kenali emosi tersebut, lalu bicarakan ke orang yang kamu percaya untuk membantumu menghadapinya.

Nah, itu dia lima hal yang bisa meningkatkan manajemen diri biar hidup lebih teratur. Semangat, kita semua~

 

Gambar: storyset/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
4 Ciri Kamu Punya Sisi Inner Gaslighter, Jadi Ragu dan Meremehkan Diri Sendiri

Lifestyle
5 Tips Menghargai Emosi Tanpa Merasa Kewalahan, Biar Hidup Makin Tenang

Lifestyle
Self-Gaslighting, Dampak Gaslighting yang Pengaruhi Pandangan tentang Diri