Lifestyle

3 Langkah Jadikan Libur Natal Nikmat dan Bisa Recharging Diri Kita

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 20th 2022

Sudah menjelang akhir tahun nih, artinya liburan bakal segera datang. Buat kalian yang masih diserbu ujian akhir atau tugas, sabar, sebentar lagi bakal ada waktu buat recharge diri. Nah, simak beberapa tips berikut biar liburan kalian bisa dinikmati maksimal, seperti yang dilansir Psychology Today.

Hindari impulsive buying

Di momen Natal atau liburan akhir tahun, dorongan buat hedon sangat kuat. Namun, justru belanja impulsif ini bisa membawa penyesalan dan mengganggu momen liburanmu. Jadi tiap mau membeli sesuatu, biasakan untuk berada di keadaan yang mindful alias benar-benar sadar akan tindakan yang diambil. Coba tarik nafas sebelum bawa barang ke kasir atau klik checkout, pikirkan apakah yang kita beli benar-benar bermanfaat atau sekadar dorongan spontan.

Ada yang lebih penting dari hadiah

Kalau kamu merayakan Natal, kemungkinan besar bakal ada sesi tukar kado entah dengan keluarga atau teman. Momen jadi secret santa ini memang seru banget. Namun, perlu diingat agar kita tidak terlalu tertekan memberikan sesuatu yang di luar kemampuan kita ya. Ingat bahwa hal terpenting dari liburan adalah interaksi kita dengan orang lain dan bagaimana kita memaknai kebersamaan. Percaya deh, kehadiran kalian akan lebih bermakna daripada hadiah yang kalian bawa.

Baca juga: Hustle Culture Itu Gak Keren, Malah Bikin Produktivitas Turun dan Burnout

Bakti sosial

Kalau kamu merasakan tekanan berlebihan buat memberi orang-orang terdekat hadiah, coba deh alihkan dorongan tersebut buat berbagi ke komunitas yang memang membutuhkan. Kamu bisa coba daftar volunteer atau mengirimkan sumbangan ke panti asuhan atau panti jompo. Memberikan sesuatu ke sosok yang tidak diwajibkan membalas akan terasa lebih memuaskan untuk diri.

Nah, itu dia beberapa tips biar liburan bisa lebih dinikmati. Jangan lupa istirahat ya, jangan produktif melulu~

 

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Mencegah Stres Masa Liburan: Kamu Layak Berbahagia

Lifestyle
Merasa Gak Bahagia saat Liburan? Ini Cara Hadapi Holiday Blues

Lifestyle
5 Tips Menikmati Liburan Meski Ada Anggota Keluarga yang Toxic