Lifestyle

5 Dampak Negatif dari Kebiasaan Tidur Berlebihan

Marvin Ciputra

Posted on November 20th 2022

“Jangan tidur terus woy! Malah gak bagus untuk kesehatan.”

Ya, mungkin seruan inilah yang sering kita dengar baik dari teman atau orang tua kita. Dan sayangnya, kita masih sering mengacuhkannya.

Keacuhan tersebut tentunya seringkali diakibatkan ketidaktahuan. Atau malah karena kita sok tahu menganggap kalau banyak atau sering itu tidur itu sangat baik untuk kesehatan.

Tapi faktanya seruan teman atau orang tua tersebut bukanlah sekedar amarah kosong. Atau teriakan motivasi agar kita tidak bermalasan-malasan saja. Seperti yang terlansir dari CuriousMob, faktanya tidur berlebihan memang tidak baik.

Bahkan lebih jauhnya, kebiasaan ini bisa memberikan dampak yang sangat negatif terutama pada kesehatan fisik kita. Lalu, apa saja dampak negatif dari kebiasaan tidur berlebihan ini? Yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Selain kerap memiliki mindset sangat baik untuk kesehatan tubuh, faktanya banyak juga dari kita yang masih menganggap kalau banyak tidur, akan membuat kita jauh lebih berenergi ketika bangun. Namun sayangnya pola pikir ini justru keliru banget.

Malahan yang ada kita akan terus merasa lelah bahkan, merasa malas untuk melakukan apa-apa. Juga selain itu, pikiran kita malah menjadi “berkabut” yang akhirnya, membuat kita kesulitan untuk berkonsentrasi. Oleh karenannya tidurlah di standar kesehatan waktu tidur yang sudah dianjurkan sejak dulu: 7-9 jam.

2. Menjadi Suka Pusing

Masih banyak dari kita yang mengira kalau rasa pusing kepala yang sedang dialami, akibat kurang tidur. Pernyataan tersebut memang gak salah sama sekali. Tapi yang perlu ditambahkan disini, faktanya terlalu banyak tidur juga bisa memberikan masalah yang serupa.

Hal ini dikarenakan jaringan transmiter saraf yang tidak bekerja dengan baik. Rasa sakit kepala ini akan kian terasa hebat jika kita termasuk yang suka mendengkur alias ngorok ketika tidur. Karena berdasarkan penelitian, 60% orang yang memiliki kebiasan mendengkur ketika tidur, akan merasa pusing setelah bangun dari tidurnya.

3. Memperparah Kondisi Kronis Tubuh

Apakah kamu memiliki penyaki kronis pada bagian tubuh tertentu seperti katakanlah, punggung? Nah apabila demikian, maka hindari aktivitas tidur berlebihan ini. Karena berdasarkan penelitian, justru apabila kita tidur berlebihan, maka hal ini akan memperparah penyakit kronis tubuh yang kita miliki tersebut. Nah saran ini juga berlaku bagi kita yang memiliki kecendrungan depresi kronis.

4. Memperburuk Mood

Tidur berlebihan faktanya juga bisa membuat mood kita menjadi gak enak atau bahkan, buruk banget. Mood buruk ini tentunya berasal dari rasa lelah yang amat sangat akibat tidur kita yang berlebihan.

Nah apabila hal ini terjadi, maka kitapun ketika bangun akan lebih gampangan untuk sedih, kecewa, atau bahkan marah-marah. Dan apabila ini terjadi, maka tentunya hal ini akan merugikan baik yang di sekitar kita maupun tentunya kita sendiri.

5. Gampang Lupa

Apabila mungkin kamu saat ini sudah sering “pikun,” kemungkinan besar hal ini diakibatkan waktu tidur yang berlebihan. Loh mengapa bisa demikian?

Tidur dalam waktu berlebih, faktanya bisa membuat kita susah untuk mengingat hal-hal yang harus kita ingat bahkan, hal-hal sekecil apapun itu. Lalu lama-kelamaan kita juga bakalan susah banget untuk fokus//konsentrasi. Disampimg itu juga, tidur berlebih bisa memperlambat metabolisme tubuh dan juga, membuat kita mudah naik berat badannya. Wah mengerikan juga ya guys dampak dari kebiasaan tidur berlebihan ini! (*)

Gambar: Prevention.com

Artikel Terkait
Lifestyle
6 Penyebab Tubuh Selalu Terasa Capek Meski Nggak Banyak Aktivitas

Lifestyle
Tahu Nggak Sih, Ternyata Gelap Itu Baik untuk Tubuh Loh

Lifestyle
Biar Makin Lelap, Ini 6 Tips Tingkatkan Kualitas Tidurmu