Lifestyle

5 Makanan Sehat Yang Kurang Bagus Jika Dikonsumsi Berlebihan

Marvin Ciputra

Posted on November 20th 2022

Namanya saja makanan sehat. Berarti, makanan tersebut apabila kita konsumsi bagus untuk kesehatan tubuh kita. Ternyata tidak selalu begitu. Kenyataannya, terdapat beberapa makanan sehat yang justru malah berdampak tidak baik bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan.

Lalu apa saja makanan-makanan sehat masuk dalam golongan tersebut? Nih, langsung saja kamu simak pembahasannya seperti yang terlansir dari CuriousMob.

1. Wortel

Wortel kaya akan kandungan beta-carotene yang menyehatkan mata. Zat tersebut diubah secara otomatis oleh tubuh kita menjadi Vitamin A.

Nah jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan carotenemia.

Apa itu Carotenemia? Carotenemia adalah penyakit yang muncul akibat kelebihan beta-carotene di dalam tubuh. Nah apabila kita sudah terkena penyakit ini, maka seluruh kulit kita akan terlihat menguning (ya seperti The Simpsons gitu deh).

Namun kabar baiknya, penyakit ini gak akan memberikan efek samping berbahaya apapun. Tapi ya tetap saja kalau sampai jadi kuning, kita bakalan jadi gak pede bukan?

 

2. Air Putih

Kira dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Tapi INGAT!  Kalau sudah 8 gelas, janganlah kita tambah-tambah lagi menjadi 9, 10, atau bahkan 11.

Mengapa demikian? Karena terlalu banyak mengkonsumsi air putih akan mengurangi atau bahkan mematikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Dan seperti kita tahu, elektrolit adalah zat yang berguna bagi tubuh kita.

Dampak negatif minum air putih secara berlebihan adalah seluruh kandungan air yang kita minum akan bertumpuk di dalam otak. Dan apabila otak menampung banyak airnya, hal ini akan membuat otak kita menjadi membengkak (brain swelling).

 

3. Alpukat

Selain kaya serart dan vitamin, buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal. Kandungan tersebut akan mengurangi kolesterol LDL atau yang biasa kita kenal dengan istilah kolesterol jahat.

Faktanya, lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki oleh alpukat memiliki kandungan 240 kalori. Ini merupakan 10-20% dari jumlah ideal kalori yang seharusnya kita konsumsi. Alhasil, apabila kita terlalu berlebihan makan alpukatnya, hal ini akan berpengaruh gak baik terhadap arteri kita.

Arteri adalah salah satu jenis pembuluh darah yang tugasnya membawa darah dari jantung. Yang kemudian menyebarkan darah beroksigennya tersebut ke beberapa bagian tubuh kita.

4. Rumput Laut

Rumput laut dikenal bisa bisa mengurangi berat badan kita karena mengandung serat tinggi. Namun rumput laut juga memiliki kadar iodin yang sangat tinggi di dalamnya. Apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi iodin, yang ada justru malah kian menggemukkan bobot tubuh. Bahkan lebih ngerinya, kandungan iodin yang berlebih juga bisa memberikan masalah kesehatan terhadap tiroid kita.

5. Teh Kombucha

Teh Kombucha bisa dikatakan adalah salah satu minuman yang sedang hit di kalangan milenial saat ini. Tidak hanya karena rasanya yang enak, namun juga karena kandungannya yang bisa memberikan efek kesehatan yang sangat oke bagi tubuh kita.

Seperti yang dlansir HelloSehat, teh kombucha berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan resiko penyakit arterosklerosis, dan juga mengeluarkan seluruh racun yang terdapat di dalam tubuh kita.

Efek-efek kesehatannya ini berasal dari kandungan teh-nya yang mengandung asam asetat, folat, asam amino esensial, Vitamin B, dan juga Vitamin C. Akan tetapi terlepas seluruh kandungan dan juga efek menyehatkan tersebut, Kombucha juga mengandung FODMAP (fermentable oligosaccharides, disaccharides, monosaccharides and polyols) yang berasal dari proses fermentasi. 

Nah FODMAP yang berada di dalam kombucha bisa memberikan masalah terhadap gas dan juga seluruh sistem pencernaan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. (*)

 

Gambar: Berbagai sumber

Artikel Terkait
Lifestyle
Ingin Mulai Hidup Sehat? Ini Lima Cara Terbaik Memasak Makanan

Lifestyle
Ini Makanan yang Menurunkan Kesehatan Mentalmu, Bikin Cemas dan Depresi

Lifestyle
10 Tips Praktis Mengatur Makanan Agar Lebih Sehat dan Berenergi di Tahun Baru!