Tech

Mastodon, Media Sosial Alternatif Twitter Alami Kenaikan Pengguna Drastis

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 20th 2022

Di tengah gonjang-ganjing RIP Twitter, ada media sosial yang lagi kebanjiran pengguna nih. Yup, apalagi kalau bukan Mastodon. Media sosial satu ini mengalami lonjakan pengguna drastis sejak Elon Musik menjadi CEO Twitter. Wah, apakah Mastodon benar-benar akan menggantikan Twitter?

Mastodon merupakan media sosial gratis yang memang fungsinya mirip banget seperti Twitter. Di platform ciptaan Eugen Rochko itu kita bisa mengunggah konten berupa toots (kalau di Twitter, namanya twit), mengikuti akun dan organisasi, menambahkan toots ke favorit (like), dan boost (retweet).

Namun, bedanya dengan Twitter, platform ini punya beberapa bagian untuk mengunggah toots yang jadi satu dalam Fediverse. Di dalamnya ada jaringan lain yaitu PeerTube untuk video, Funkwhale buat Music, PixelFed buat foto, dan NextCloud untuk file.

Baca juga: Doja Cat Berulah di Twitter, Minta Tolong Elon Musk buat Ubah Nama Akunnya

Menurut data yang diolah oleh peneliti bernama Esteban Moro, Mastodon mengalami lonjakan penambahan pengguna paling tinggi pada Jumat, 18 November lalu. Sejumlah 180 ribu pengguna memasuki dunia Mastodon. Hal tersebut sangat bertepatan dengan viralnya tagar #RIPTwitter di dunia maya. Saat itu beredar pesan bahwa Elon Musk meminta para karyawan yang tidak ingin bekerja untuk konsep barunya yaitu Twitter 2.0 untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

(Gambar: Mastodon Esteban Moro)

Dari grafik yang diunggah Moro, setiap ada update terbaru soal Elon dan Twitter, ada lonjakan pengguna baru di Mastodon. Saat artikel ini ditulis, Mastodon memiliki total 7,252,099 akun. Sejumlah 590,954 di antaranya baru dibuat dalam minggu ini. Sebuah bot terus rutin melaporkan pertumbuhan pengguna Mastodon di platform tersebut. Nah, kamu tertarik buat coba Mastodon atau tetap setia dengan Twitter nih?

(Gambar: Mastodon Users)

Artikel Terkait
Tech
Elon Musk Aktifkan Lagi Akun Twitter Donald Trump Berdasarkan Hasil Voting Twit

Tech
Bikin Polling di Twitter, Elon Musk Bakal Mundur?

Tech
Elon Musk Bakal Kenakan Biaya untuk Pemerintah dan Perusahaan yang Pakai Twitter