Lifestyle

Aman Gak Ya Untuk Kumpul-Kumpul di Musim Liburan Natal 2022?

Marvin Ciputra

Posted on November 20th 2022

Tak terasa sekitar 2 minggu lagi, kita akan menyambut awal bulan Desember 2022. Yang mana, hal ini juga menandakan kalau kita akan menyambut musim liburan Natal dan Tahun Baru.

Nah berdasarkan pernyataan tersebut, maka sudah pasti banyak dari kita yang sudah membuat rencana ini dan itunya. Dan rencana-rencananya ini, sudah pasti melibatkan sesi kumpul-kumpul asyik baik dengan teman, keluarga kandung, keluarga pacar, atau bahkan office party bersama kolega kerja.

Dan wajar banget apabila program rencananya ini melibatkan sesi kumpul-kumpul tersebut. Karena logikanya, siapa sih yang ingin menghabiskan musim liburan akhir tahunnya seorang diri?

Apakah Sudah Aman Untuk Kumpul-Kumpul Lagi?

Namun terlepas keinginan kita untuk kumpul-kumpul asyik lagi tersebut, pada saat yang sama muncul pertanyaan lain yang tidak kalah pentingnya di benak kita. “Apakah memang sudah aman untuk kumpul-kumpul lagi di musim liburan tahun 2022 ini?”

Wajar banget jika pertanyaan tersebut langsung terngiang di benak kita. Pasalnya seperti yang kita ketahui, virus Covid-19 masih terus merajalela dengan strain-strain barunya.

Akan tetapi, pada saat yang sama kalau kita perhatikan juga, orang banyak pada tahun 2022 ini sudah tidak gentar alias cuek dengan virus ini. Hal ini terbukti dengan sudah jauh lebih banyaknya aktivitas non-individual yang kita lihat pada tahun ini.

Namun terlepas fakta tersebut, kitapun juga kembali ke rasa penasaran yang sama. Yaitu, apakah memang aman untuk kongkow-kongkow asyik lagi di tahun 2022 ini?

Aman Tapi Tetap Waspada

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kita harus mengacu pada jawaban para ahli di bidangnya. Dan seperti yang terlansir dari Yahoo!Life, sebagian besar ahli mengatakan bahwa kita bisa dibilang sudah boleh banget untuk kumpul-kumpul lagi di musim liburan akhir tahun ini.

Walau demikian, mereka semua juga tetap mengingatkan untuk selalu waspada dengan potensi tertular Covid-19 baik untuk pertama kalinya atau mungkin untuk kesekian kalinya.

Dr. William Schaffner yang merupakan spesialis penyakit menular dan juga Profesor di Vanderbilt University School of Medicine, adalah salah satu yang memberikan peringatan tersebut.

Menurutnya, bersiap-siaplah untuk kembali menyaksikan kenaikan jumlah kasus Covid-19 di musim dingin tahun ini. Hal ini karena dalam aktivitas apapun yang sifatnya melibatkan kerumunan, sudah pasti bakalan ada resiko untuk tertular penyakitnya.

Pastikan Sudah Update Vaksinnya

Di lain pihak, Profesor dan kepala spesialis penyakit menular di salah satu Universitas yang berlokasi di Buffalo, New York, A.S, Dr. Thomas Russo mengatakan bahwa ada baiknya kita mengambil langkah-langkah pencegahan sebelum melakukan aktivitas kumpul-kumpulnya.

Nah langkah pencegahan pertamanya adalah dengan memasyikan kalau kita sudah divaksin. Dan, pastikan banget kalau vaksinnya adalah yang jenis atau booster terbaru.

Menurut Russo, terlepas vaksin tidak 100 persen menjamin bebas dari penularan Covid-19, namun setidaknya dengan kita divaksin apalagi menggunakan jenis vaksi terbaru, resiko kita untuk bisa tertular jauh lebih minim.

Langkah pencegahan selanjutnya menurut Russo adalah menggunakan masker jika kita berpergian (baca: pulang kampung) dengan menggunakan transportasi umum seperti: Bus, kereta, atau pesawat terbang.

Dan langkah terakhir yang Russo sarankan adalah dengan melakukan rapid test. Terlebih jika ketika kumpul nanti, terdapat salah satau atau beberapa kolega atau keluarga yang memang gampang ketularan atau sangat lemah imunitasnya.

Bijak-Bijak Mengambil Keputusan

Pada akhirnya yang bisa kita simpulkan disini adalah berbijak-bijak sajalah dalam mengambil keputusan. Pokoknya pastiin keputusan yang kita ambil tidak membuat kita celaka nantinya.

Apabila dirasa beresiko banget terhadap kesehatan kita, maka mau tidak mau kita harus rela berkorban untuk lagi-lagi tidak menghabiskan liburan akhir tahun dengan keluarga atau sahabat.

Namun apabila kita merasa semuanya aman, ya silahkan bersenang-senang di musim liburan tahun ini oke? (*)

Gambar: ADDitude

Artikel Terkait
Lifestyle
Tips Enyahkan Kekhawatiran Dalam Waktu 5 Menit!

Lifestyle
Uang Bisa Jadi Sumber Kuman Loh, Ini Caranya Biar Kita Terlindungi

Lifestyle
Keseringan Baca Berita Buruk Bikin Cemas? Begini Cara Mengatasinya