Sport

8 Sepatu Ikonik Bintang Piala Dunia. Ada Adidas, Nike, Puma, dan Lotto

Louise Dewangga

Posted on November 19th 2022

Gelaran Piala Dunia selalu mengundang daya tarik tersendiri. Mulai dari penampilan para pemain yang memukau, drama yang tersaji di atas lapangan, hingga kontroversi yang ada. Ketiganya adalah sebuah bumbu wajib yang selalu tersaji di lapangan sepak bola.

Masih teringat jelas gol tangan Tuhan mega bintang Diego Maradona ketika berhadapan dengan Inggris pada Piala Dunia 1986. Siapa sangka, gol tersebut justru membawa langkah Argentina menjuarai Piala Dunia edisi 1986.

Ghana yang secara mengejutkan pada Piala Dunia edisi 2010 harus terhenti karena handball Luis Suarez dikotak penalti disahkan oleh wasit yang memimpin. Padahal selangkah lagi aa Ghana menuju semifinal bakal terwujud.

Masuk sebagai pemain cadangan, siapa yang menyangka Mario Gotze adalah jawaban dari buntunya permainan Jerman pada final Piala Dunia edisi 2014. Masuk ke lapangan pada menit 88, Mario Gotze berhasil merubah keadaan ketika pertandingan memasuki babak kedua perpanjangan waktu. Gol ini sekaligus memecahkan mitos wakil Eropa yang tidak bisa menjuarai Piala Dunia di benua Latin.

Begitu juga yang dikenakan para pemain, sepatu. Beberapa merek ternama bahkan merilis khusus edisi untuk Piala Dunia. Seperti Puma edisi Piala Dunia 2010 dengan perpaduan warna biru pada sepatu kaki kiri dan pink pada sepatu kaki kanan. Berikut adalah beberapa sepatu yang ikonik yang pernah hadir di Piala Dunia.

1. Pelé: 1974 Puma King

Pele adalah salah satu pemain Ajaib yang dimiliki Negeri Samba, Brasil. Talenta yang dimiliki memang bukan main, Piala Dunia edisi 1970 adalah panggung bagi dirinya. Berhasil menahbiskan diri menjadi pemain terbaikdengan torehan empat gol adalah sebuah pencapaian luar biasa. Sensasinya pun juga mengangkat sepatu yang ia kenakan, ‘Puma King Pele’.

Pada satu momen, Pele meminta wasit untuk menghentikan permainan karena dirinya hendak mengikat sepatunya, seketika sorotan kamera langsung mengarah ke Pele. Apa yang disorot itu yang terpancar pada tayangan televisi rumah-rumah yang sedang menyaksikan langsung. Seketika sepatu yang Pele kenakan jadi bahan perbincangan masyarakat luas.

2. Garry Lineker: Adidas Stratos 2000

Garry Lineker salah satu penyerang ulung yang dimiliki timnas tiga singa (Inggris). Enam golnya pada Piala Dunia edisi 1986 mengukuhkannya sebagai pemain Inggris yang berhasil mengoleksi gol terbanyak pada turnamen tahun itu. Tidak salah jika Ratu Elizabeth memberikan gelar kebangsawanan kepada dirinya.

Dirinya juga menjadi pemegang rekor Inggris untuk urusan gol di Piala Dunia dengan torehan 10 gol. Cerita manis yang diukir dalam edisi 1986 adalah ketika dirinya mengenakan Adidas Stratos 2000s. Melalui sepatu itu gol-gol ciamik dirinya ciptakan.

3. Davor Suker: Lotto Stadio Classic

Dalam setiap ajang bergengsi antarnegara, nama Kroasia selalu yang dinanti dalam urusan desain jersei mereka. Pasalnya dengan motif kotak seperti papan catur dengan warna merah dan putih selalu diingat hampir oleh semua orang.

Davor Suker adalah salah satu nama penyerang mematikan yang pernah dimiliki oleh Vatreni  (julukan timnas Kroasia). Pada Piala Dunia 1998 bukan hanya jersei yang ia kenakan menjadi jersei paling ikonik, tapi juga merek sepatu yang ia kenakan berbeda jauh dari pemain lain, Lotto Stadio Classic.

Penyerang ulung ini berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dalam edisi 1998 dengan koleksi enam gol. Prestasinya sekaligus mematahkan prediksi yang menjagokan bintang brasil, Ronaldo dan bomber timnas Argentina, Gabriel Batistuta dalam urusan pencetak gol terbanyak saat itu.

4. Zinedine Zidane: Adidas Predator

Ya, Zizou (julukan Zinedine Zidane) salah satu maestro lapangan hijau asal Perancis. Melalui kakinya beragam umpan indah dirinya ciptakan, Gerakan dan gol yang tak kalah menakjubkan juga lahir darinya. Masih ingat dikepala bagaimana drama Piala Dunia 2006 antara Zizou dengan bek Italia, Materazzi.

Pada edisi 2006 Zizou mengenakan Adidas Predator favoritnya, dengan aksen emas yang ikonik.

Zizou sendiri juga menjadi bagian ketika Prancis menjadi jawara Piala Dunia untuk pertama kalinya pada edisi 1998. Bersama Desailly, Zizou membawa pulang Piala Dunia pertama Prancis di kandang sendiri. Dari situ mengapa Adidas mengubah sepenuhnya emas predatornya.

5. Ronaldo: Mercurial Vapor

Siapa yang tak kenal penyerang buas satu ini, Ronaldo Nazario. Mengenakan sepatu Mercurial Vapor milik Nike dia begitu mematikan bagi barisan pertahanan tim lawan. Pada Piala Dunia edisi 2002 sampai-sampai Ronaldo mendapat julukan “El Phenomenom”.

Dalam partai final melawan Jerman dengan penjaga gawang gaek Oliver Khan. Ronaldo berhasil memaksa Oliver Khan memungut bola dari gawangnya sendiri sebanyak dua kali! Sepenuhnya Ronaldo menebus kekalahan terakhir Brasil pada edisi empat tahun sebelumnya.

6. Xabi Alonso: Adidas AdiPURE

Andres Iniesta mungkin menjadi bahan perbincangan ketika dirinya berhasil membawa Spanyol menjadi kampiun Piala Dunia edisi 2010. Tapi sepasang sepatu adidas adiPURE menjadi sepatu yang paling umum di final Piala Dunia 2010.

Drama dan momen final yang terkenang juga membersamai sepatu tersebut. Seperti, dari sepatu ini nigel de Jong hampir mematahkan tulang rusuk penggawa Spanyol, Xabi Alonso. Keduanya sama-sama mengenakan sepatu adidas adiPURE.

7. Mario Gotze: Nike Magista Obra

Nama Mario Gotze mungkin menjadi nama yang paling dibenci bagi fans Argentina, golnya membuat Argentina harus rela Piala Dunia 2014 jatuh ke tangan Jerman. Golnya pada babak perpanjangan waktu menahbiskan Jerman menjadi juara dunia untuk keempat kalinya dengan mengenakan sepasang sepatu Nike Magista Obra.

8. Kylian Mbappe: Mercurial Superfly 360

Kylian Mbappe begitu sensasional pada Piala Dunia 2018. Dirinya menahbiskan menjadi pencetak gol pada final piala dunia ketika umurnya masih belasan tahun. Dengan mengenakan Mercurial Superfly 360, Mbappe sukses mengobrak-abrik jantung pertahanan lawan.

Dengan kecepatannya yang begitu memukau, Mbappe akan mencoba untuk sekali lagi melakukannya beberapa hari kedepan dalam gelaran Piala Dunia 2022 dengan sepasang Mercurial khasnya sendiri.(*)

Artikel Terkait
Sport
Kroasia vs Brasil: Kutukan Tim Samba Belum Berakhir di Qatar

Sport
Catatkan Sejarah, Cristiano Ronaldo Cetak Gol di 5 Piala Dunia yang Berbeda

Sport
10 Jersei Timnas Piala Dunia yang Wajib Dikoleksi, Korea Colorfull Banget