Entertainment

Studi: Ternyata Fans Sudah Lelah dengan Film dan Seri MCU

Marvin Ciputra

Posted on November 19th 2022

Semenjak melakukan debutnya melalui perilisan film Iron Man pada tahun 2008 silam, Marvel Cinematic Universe (MCU), lantas menjadi rana sinematik superhero yang sangat sukses.

Saking suksesnya, MCU sampai diformat dalam bentuk fase. Dan ketika tulisan ini dibuat, fase MCU sudah mencapai fase ke-4. Bahkan keseluruhan fase keempatnya ini baru saja usai melalui perilisan film Black Panther: Wakanda Forever (2022) yang dirilis pada tanggal 9 November, 2022 lalu.

Dengan pernyataan tersebut, maka ketika film Ant-Man and the Wasp: Quantumania dirilis pada tanggal 17 Februari, 2023 mendatang, kitapun resmi memasuki fase ke-5 MCU.

Menariknya, ketika perilisan film perdana fase 5 belum berjalan, fans MCU ternyata sudah merasa lelah. Atau yang dalam bahasa kerennya, Marvel Fatigue. Dan bukti dari pernyataan ini adalah berdasarkan dari studi yang dilakukan oleh Fandom baru-baru ini.

Jadi, berdasarkan studi tersebut, terungkap kalau lebih dari sepertiga fans MCU sudah merasa lelah atau bosan dengan banyak dan konstannya rilisan-rilisan MCU pada 2022 ini. Tentunya pertanyaan tersebut mengacu pada rilisan teatrikal maupun rilisan streaming di Disney Plus.

Studinya juga membandingkan dengan rasa kelelahan yang serupa terhadap fans DC. Tentunya untuk yang satu ini, studinya mempelajari rasa lelah fans DC dengan rilisan-rilisan DC Universe.

Dan dari studi itu terungkap bahwa total persentase fans DC yang merasa lelah dengan “bombardir” konten DC-nya ada sebanyak 20 persen. Sedangkan total persentase fans Marvel yang sudah lelah dengan seluruh konten MCU ada sebesar 36 persen.

Hasil studi ini didapatkan lewat survei pada 5.000 orang. Terdiri dari gamer dan fans hiburan secara general. Mereka memiliki rentang usia antara 13 hingga 54 tahun.

Selain itu, seluruh hasil studi tersebut juga berasal dari hasil riset masing-masing platform hiburan fans. Di mana jika ditotal lagi mencapai lebih dari 300 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Mengapa Fans Sudah Lelah?

Melihat hasil studi itu mungkin kalian penasaran, mengapa fans MCU sudah merasa lelah?

Alasan pertama telah disebutkan di paragraf sebelumnya yaitu, terlalu banyak dan konstannya rilisan film serta seri MCU pada 2022 ini. Dan memang pernyataan ini benarlah adanya.

Bayangkan saja. Di fase ke-4 yang baru kita lewati, terdapat 7 rilisan film bioskop, 8 rilisan seri Disney Plus, dan 2 rilisan TV spesial. Kalau dijumlah dan pukul rata semuanya, maka ada 17 konten yang kita saksikan di fase ke-4 MCU ini.

Bandingkan dengan fase ke-3 MCU yang kala itu hanya menampilkan 11 rilisan teatrikal. Tanpa adanya rilisan seri Disney Plus manapun. Logikanya, dengan jumlah sebanyak itu saja, banyak fans yang sudah merasa bosan. Apalagi jika jumlahnya sampai 17 dan konstan seperti tahun ini.

Kualitas Fase 4 Yang Mengecewakan

Alasan selanjutnya mengapa banyak fans MCU yang sudah lelah dengan seluruh kontennya ternyata karena penurunan kualitas di fase 4.

Oke, memang sekilas pernyataan ini bersifat subyektif. Tapi kenyataannya kalau kita lihat dan nilai seluruh konten fase 4, lebih banyak film dan serinya yang kualitasnya biasa-biasa saja atau bahkan mengecewakan.

Pandangan ini bahkan dikatakan langsung juga oleh Presiden Marvel Studios, Kevin Feige menjelang akhir Juli 2022 lalu. Ia bahkan mengatakan kalau MCU fase 4 adalah fase yang berantakan.

Dengan kedua alasan ini, maka tidaklah mengherankan jika banyak fans MCU yang kini sudah merasa lelah dengan seluruh konten film dan serinya sejauh ini. Nah kalau kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu juga merasakan hal yang serupa? (*)

Gambar: GameRant

Artikel Terkait
Entertainment
Tom Hiddleston Dikabarkan Muncul di ‘Doctor Strange 2’ Sebagai Loki

Interest
Kostum Black Widow kok Putih? Ini yang Harus Kalian Tahu

Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?