Lifestyle

Feynman Technique, Teknik Belajar biar Bisa Paham Materi dengan Simpel

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 13th 2022

Ada banyak banget teknik belajar yang bisa kita coba, mulai dari teknik yang erat dengan pengaturan waktu belajar sampai sistem pencatatan yang efektif. Nah, buat kalian yang sudah eneg dengan cara belajar baca catatan sampai pusing, Feynman Technique bisa jadi alternatif cara belajar.

Sesuai dengan namanya, Feynman Technique terinspirasi dari ahli fisika yang pernah memenangkan Nobel bernama Richard Feynman. Kontribusinya dalam dunia fisika adalah formulasi integral dan yang terkenal banget darinya adalah diagram Feynman. Meski sangat ahli di bidang Fisika, ia mampu menjelaskan temuannya dalam bahasa yang sangat mudah dipahami orang awam.

Nah, Feynman Technique adalah teknik belajar yang mendorong kita mengolah dan memahami informasi agar bisa dipahami bahkan oleh anak berusia 12 tahun. Jadi kita harus mempelajari materinya dan membahasakannya agar dapat dipahami oleh anak 12 tahun. Ada empat langkah buat menerapkan teknik ini.

Pilih konsep yang akan dipelajari

Pilih dulu topik yang mau dipelajari. Kalau lagi mau belajar buat ujian, pilih dulu salah satu subtopik. Tulis semua informasi yang ingin kamu ingat di selembar kertas. Bisa pakai pulpen warna-warni kalau dirasa membantu saat membaca tulisan.

Jelaskan ke anak usia 12 tahun

Setelah selesai menuliskan informasi, ambil waktu buat seakan-akan kamu lagi presentasi ke anak umur 12 tahun. Gak perlu ada anaknya, tapi dibayangkan aja. Presentasinya boleh sambil melihat kertas informasi, tapi hilangkan kalimat-kalimat yang dirasa rumit. Saat presentasi pasti ada momen saat kita merasa macet menjelaskan sesuatu karena terlalu rumit, tandai bagian tersebut.

Baca juga: Cara Super Simpel Biar Lebih Produktif agar Tugas Selesai Lebih Cepat!

Evaluasi informasi yang macet

Poin yang tadi dirasa masih kurang oke penjelasannya, lengkapi dengan informasi lain. Rangkai lagi kalimatnya sampai dirasa penjelasannya sudah lebih baik.

Cek presentasi ke orang lain

Kalau memungkinkan, kamu bisa coba membawakan penjelasan yang sudah kamu rangkai ke orang lain. Ini agar kamu bisa dapat gambaran apakah orang lain paham dengan apa yang kamu jelaskan atau ada poin-poin yang bisa lebih disederhanakan.

Feynman Technique dapat kamu selipkan di sesi belajarmu. Jadi kalau kamu masih nyaman dengan metode mencatat, kamu bisa tetap melakukannya, tapi sediakan waktu buat mempraktikkan teknik ini. Selamat mencoba! (*)

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips untuk Lebih Fokus dan Gak Gampang Terdistraksi Selama Pandemi

Lifestyle
Cara Super Simpel Biar Lebih Produktif agar Tugas Selesai Lebih Cepat!

Lifestyle
Cramming, Belajar Sistem Kebut Semalam yang Menggoda tapi Gak Efektif