Current Issues

Kenalan dengan Inavac, Vaksin Covid-19 Buatan Anak Bangsa yang Siap Beredar

Dwiwa

Posted on November 7th 2022

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah memberikan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Inavac pada awal November lalu. Vaksin yang sebelumnya dikenal dengan nama vaksin Merah Putih ini proses riset, pengembangan, dan produksinya dilakukan di dalam negeri.

Inavac merupakan vaksin Covid-19 yang dikembangkan peneliti Universitas Airlangga dan diproduksi serta didaftarkan oleh PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia (PT Biotis). Vaksin ini menggunakan platform inactivated virus. Kepala BPOM Penny K. Lukito menjelaskan jika pembuatan Inavac menggunakan seed vaksin dari hasil isolasi virus SARS-CoV-2 pasien Covid-19 di Surabaya. Jadi bisa dibilang, vaksin ini sepenuhnya adalah karya anak bangsa.

Dilansir Antara, vaksin Inavac akan digunakan sebagai vaksin primer yang diberikan dalam dua dosis suntikan (5 mcg/0,5 mL per dosis. Interval pemberian dosisnya adalah 28 hari. Pemberian vaksin 5 mcg mengacu pada aspek keamanan yang dapat ditoleransi dengan baik.

Sama seperti vaksin lainnya, Inavac juga bisa menimbulkan efek samping ketika digunakan. Beberapa efek samping yang mungkin dirasakan seperti nyeri lokal, demam, nyeri otot, sakit kepala, serta batuk.

Berdasalkan hasil uji klinis, vaksin Inavac dapat meningkatkan repons imun humoral dengan nilai Geometric Mean Fold Ratio (GMFR) sebesar 3,65 (studi klinik fase 1); 1,18 (studi klinik fase II); dan 1,2 (studi klinik fase III) pada 28 hari setelah injeksi dosis kedua.

Respon imun seluler juga mengalami peningkatan dengan nilai GMFR sebesar 8,7 (studi klinik fase I); 1,2 (studi klinik fase II); dan 1,8 (studi klinik fase III) pada 28 hari setelah injeksi dosis kedua.

Untuk penggunaannnya, vaksin Inavac akan dipakai sebagai imunisasi aktif untuk pencegahan Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Vaksin ini akan diberikan pada individu yang berusia 18 tahun ke atas. (*)

 

Ilustrasi: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Hore, Vaksin Covid-19 Akhirnya Gratis untuk Masyarakat Indonesia

Current Issues
Varian Delta Masih Menyebar, Amankah Orang yang Sudah Divaksin Bepergian?

Current Issues
Berapa Lama Gejala Omicron Akan Berlangsung, Ini Kata Dokter...