Lifestyle

3 Tips Simpel Sukses LDR, Harus Kerja Sama Dua Pihak

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 6th 2022

Hubungan romantis secara jarak jauh banyak dijalani couple masa kini. Memang bukan bentuk hubungan yang ideal, tapi karena keadaan, mau gimana lagi ya kan. Nah, buat kalian yang menjalani long distance relationship (LDR), simak tiga tips berikut ini biar makin strong, seperti yang dilansir Psychology Today.

Komunikasi real-time

Komunikasi sering disebut jadi kunci hubungan dan memang benar. Untuk pasangan LDR, komunikasi benar-benar jadi hal yang krusial dalam hubungan. Nah, komunikasi buat LDR perlu effort lebih. Selain nge-chat rutin, jadwalkan juga komunikasi langsung misalnya setiap weekend perlu video call, main game bareng di Zoom, dan banyak lagi cara lainnya.

Komunikasi secara langsung memperbesar peluang tiap orang mengekspresikan emosi yang terpendam, yang mungkin gak bisa diekspresikan melalui chat.

Self-care!

Mungkin terkesan gak nyambung, tapi sebenarnya self-care juga jadi kunci penting dalam menjalani LDR. Begini, kalau hubungan pada umumnya, pasangan masih bisa ada di sisi kita secara fisik, jadi masih berpeluang membantu kita mengurus beberapa hal. Kalau pasangan LDR, tentu gak bisa hadir dekat, jadi diri sendiri benar-benar jadi sosok yang harus diandalkan.

Selain itu, LDR perlu effort lebih, jadi kalau diri sendiri gak lagi dalam kondisi sehat mental, semuanya bisa jadi chaos.

Bentuk dari self-care banyak banget mulai dari melakukan hobi, jalan-jalan ke taman, ke kafe buat ngopi cantik, meditasi, dan banyak lagi. Jadwalkan self-care ini agar rutin dilakukan, bukan hanya saat level kejenuhan sudah terlalu tinggi.

Baca juga: Obimy, Aplikasi Interaksi Fisik Jarak Jauh buat Kalian yang LDR

Bentuk tujuan hubungan

Tips ini mungkin agak berat, tapi penting banget agar hubungan berjalan dengan sehat. Dalam hubungan, pastikan dulu ada tujuan yang jelas. Menjalani LDR akan terasa lebih ringan kalau kedua pihak tahu hubungan mereka akan dibawa ke mana. Ada tujuan di masa depan yang jelas, jadi LDR dipandang hanya sebagai proses untuk mencapai tujuan utama.

Nah, kalau gak ada tujuan jelas, tentu LDR akan terasa berat karena tidak ada tujuan besar yang dikejar. Buat apa susah-susah menjalani LDR kalau ke depannya gak jelas mau ke mana? Kalau hubunganmu belum punya gambaran tujuan yang jelas, bisa didiskusikan dulu nih.

Itu dia tiga tips buat menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Yang jelas setiap tips harus diperjuangkan dua pihak, bukan salah satu aja ya. Semangat buat kalian pejuang LDR~

 

Gambar: Storyset/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Sifat Seseorang yang Patut Dihindari saat Nge-Date, Pertanda Red Flags

Lifestyle
5 Ciri Kalau Hubunganmu Sudah Masuk Couple Goals dan Patut Dipertahankan

Lifestyle
5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Merusak Hubungan dan Perlu Segera Diubah