Lifestyle

Berulang Kali Terjebak di Toxic Relationship? Ternyata ini Tiga Penyebabnya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 30th 2022

Pernah gak sih kalian menyadari bahwa kalian masuk ke hubungan yang toxic bukan hanya sekali, tapi berkali-kali. Hubungan yang awalnya dikira aman, ternyata punya pola yang sama dan akhirnya kembali bikin kita terluka. Nah, ada beberapa penyebab kita selalu terjebak di hubungan yang gak sehat, seperti yang dilansir Psychology Today.

Selalu punya perasaan ingin mengubah orang lain

Ada kalanya kita bertemu seseorang yang tertutup, lalu perlahan terbuka dengan kita, dan kita mengetahui segala struggle yang mereka alami. Dari sana muncul perasaan untuk membantu dan mengubah orang tersebut jadi lebih baik. Akhirnya kita percaya bahwa dengan mencintai mereka, kita bisa “menyembuhkan” mereka. Niat ini memang baik, tapi terkadang gak berjalan mulus.

Ada pola yang terasa familier

Secara tidak sadar, lingkungan tempat kita bertumbuh memengaruhi cara kita membangun relasi dengan orang lain. Kalau kita tumbuh di keluarga yang secara emosi kurang stabil, diri kita di masa kecil merasa bahwa segala emosi keluarga adalah tanggung jawab diri sendiri. Jadi kalau mau keluarga kondisinya baik, kita harus ada effort lebih.

Ini menjadikan kita secara gak sadar melakukan effort berlebihan untuk mempertahankan seseorang bahkan berulang kali minta maaf atas hal yang bukan salah kita. Akhirnya kita berpikir bahwa segala hal yang dilakukan pasangan, bahkan termasuk yang buruk, penyebabnya adalah kita.

Baca juga: 6 Ciri-Ciri Hubungan yang Mengarah ke Toxic Relationship, Cek Tandanya

Trauma bond

Bonding biasanya terbentuk karena intensitas interaksi, tapi ada juga yang disebut trauma bond. Bonding jenis ini adalah kedekatan yang terbentuk karena memiliki trauma yang sama dengan pasangan. Jadi karena merasa punya rasa sakit yang sama, kita langsung merasa cocok dan mampu dipahami juga dicintai oleh pasangan.

Tiga penyebab di atas mendorong kita terus terjebak di toxic relationship. Ingat, perlakuan buruk dari orang lain nggak selalu karena perlakuan yang kita lakukan. Kita hanya perlu aware dengan diri sendiri agar paham dengan karakteristik diri agar bisa menjalani hubungan yang sehat. (*)

 

Gambar: storysetFreepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tanda Hubungan yang Merenggang dan Gak Sehat, Perlu Evaluasi

Lifestyle
5 Sifat Seseorang yang Patut Dihindari saat Nge-Date, Pertanda Red Flags

Lifestyle
5 Ciri Insecure dalam Hubungan Romantis, Cek Tanda-Tandanya pada Kalian