Interest

Bukan Jaksel, Ternyata Bekasi Punya Internet Tercepat di Indonesia

Dwiwa

Posted on October 22nd 2022

Kemajuan teknologi telah membuat internet memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Mulai dari untuk berkomunikasi, keperluan pekerjaan, hingga transaksi pembayaran.

Kota besar pun sering menjadi wilayah yang dianggap memiliki jaringan internet yang paling baik dan juga cepat. Bahkan mungkin banyak yang berpikir Jakarta menjadi daerah di Indonesia yang memiliki koneksi internet paling tinggi.

Tapi rupanya nih, menurut laporan Ookla bertajuk Speedtest Global Index untuk edisi September, Bekasi masuk ke dalam jajaran kota dengan layanan internet tercepat di dunia bersama dengan Jakarta Selatan (Jaksel). Jika dibandingkan, posisi Bekasi sedikit lebih unggul dibanding dengan Jakarta Selatan.

Dilansir dari laman speedtest.net, Bekasi ada di urutan ke-134 dari 170 kota yang ada di seluruh dunia dengan kecepatan unduhan (donwload) rata-rata untuk internet di perangkat ponsel (mobile) ada di angka 16,47 Mbps dan unggahan (upload) ada di angka 11,64 Mbps.

Kemudian Jaksel yang memiliki kecepatan sedikit lebih lambat ada di posisi 136. Di wilayah ini, kecepatan unduhan mencapai 16,14 Mbps. Sedangkan untuk kecepatan upload  mencapai 10,90 Mbps.

Untuk internet fixed broadband, Bekasi menempati posisi 136 dari 193 kota dengan kecepatan download mencapai 27,04 Mbps. Sedangkan Jaksel, ada di urutan 137 dengan kecepatan download 27 Mbps.

Sementara itu, jika dilihat secara negara, posisi kecepatan Internet di perangkat mobile juga masih belum begitu kencang. Dari 139 negara, Indonesia berada di urutan ke-110. Kecepatan download berada di kisaran 16,65 Mbps dan upload 10,62 Mbps.

Kemudian untuk fixed broadband, Indonesia ada di posisi 121 dari 181 negara. Kecepatan download ada di kisaran 22,36 Mbps dan upload di kecepatan 10,65 Mbps.

Dalam situsnya, dijelaskan jika daftar ini mencakup dua kota besar di masing-masing negara. Selain itu, kota tersebut juga harus memiliki lebih dari 500.000 penduduk dan sampel yang cukup untuk dimasukkan dalam daftar. Pemeringkatan didasarkan pada kecepatan unduh (download) rata-rata masing-masing kota berdasarkan data Speedtest bulan sebelumnya.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Jaringan 4G WiFi vs Internet Data Seluler, Mana yang Lebih Kencang di Indonesia?

Tech
Penasaran Seberapa Cepat Internet di Rumah? Coba Gunakan Tes Kecepatan Ini

Interest
Dear Gen Z, Pendapatanmu Bakal Kalahkan Milenial 10 Tahun Lagi Nih...