Lifestyle

UNIQLO Punya Sejarah Nama yang Unik, Ternyata Berawal dari Typo

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 16th 2022

UNIQLO jadi brand pakaian yang sudah mendunia. Brand asal Jepang ini terkenal dengan kualitas produknya yang terjamin dan sering kolaborasi dengan kartun atau figur publik ternama. Nah, ternyata brand ini punya kisah unik saat pemilihan nama mereka lho!

UNIQLO berawal dari sebuah perusahaan bernama Ogori Shōji yang ditemukan pada 1949. Mereka berjalan sebagai toko pakaian pria. Baru pada 1984 sebuah toko pakaian unisex dibuka di Hiroshima. Nah, toko baju yang baru ini diberi nama Unique Clothing Warehouse.

(Gambar: Fast Retailing)

Pada 1988, Unique Clothing Warehouse mau didaftarkan namanya agar merek tersebut bisa terdaftar secara resmi. Biar mudah, nama brand itu disingkat jadi Uni-Clo. Entah karyawan pendaftarannya lagi kurang fokus atau bagaimana, nama brand tersebut jadi typo. Seharusnya Uni-Clo, jadi Uni-Qlo. Huruf C berubah jadi Q. Nah, kesalahan tersebut tidak bisa diubah.

Akhirnya CEO dari perusahaan tersebut yaitu Tadashi Yanai mengubah semua nama toko di Jepang menjadi UNIQLO. Pada 1991, perusahaan yang menaungi brand ini yaitu Ogori Shōji ikut berubah nama pada menjadi Fast Retailing. Jadilah UNIQLO sebuah brand pakaian yang kini sudah mendunia.

Akun TikTok Uniqlo USA (@uniqlousa) sempat menceritakan kisah nama yang typo ini dan jadi viral di tengah warganet. Beberapa beranggapan bahwa UNIQLO terdengar lebih catchy daripada Uni-Clo, jadi kesalahan penulisan tersebut sebenarnya menguntungkan.

Baca juga: Doraemon Berubah Hijau Karena Jadi Duta Proyek Ramah Lingkungan UNIQLO

Di luar itu, belakangan UNIQLO gencar melakukan gerakan peduli lingkungan. Pada 2020 lalu, brand ini merilis gerakan bernama RE.UNIQLO yaitu proses mengubah baju bekas jadi bahan bakar. Jadi kalau kalian melihat kotak pengumpulan baju bekas di toko UNQLO, jangan heran ya. Nah, mari kita nantikan update-update lain dari UNIQLO. (*)

 

 

Artikel Terkait
Lifestyle
Uniqlo Rilis T-Shirt Versi Billie Eilish Karya Seniman Takashi Murakami!

Lifestyle
5 Akun TikTok Pemengaruh Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Follow!

Lifestyle
UNIQLO Rayakan Ulang Tahun Ke-50 Doraemon Dengan T-Shirt Terbaru!